Home » ARTIKEL » VIII.10 MENYEDIAKAN UANG TUNAI

VIII.10 MENYEDIAKAN UANG TUNAI

Home > Membuka Toko > Bab 8 > Menyediakan Uang Tunai

 

uang-receh-makin-langka

Uang tunai harus Anda sediakan di kotak uang. Besarnya bervariasi sesuai dengan kewajiban Anda membayar tagihan pada Perusahaan. Andai kata toko Anda termasuk cukup besar dan telah memiliki hubungan dengan banyak perusahaan. maka uang tunai sangat penting keberadaannya.

Sekarang ini orang jarang menyukai menyimpan uang dirumah atau ditoko dalam bentuk uang tunai. Kesadaran orang sekarang akan uang tunai semakin meningkat seiring dengan berkembangnya lembaga keuangan seperti bank. Bank menawarkan banyak kemudahan apabila nasabah menyimpan uangnya di lembaga itu. Kemudahan itu bisa dengan membuka rekening tabungan dengan syarat-syarat yang mudah, mendapat bunga. mendapat hadiah yang nilainya bisa jutaan rupiah, atau kemudahan mengambil uang tunai melalui ATM. Dibanding dengan sebelum adanya deregulasi dalam bidang Perbankan, menyimpan uang dibank kurang menarik. Dan orang lebih suka menyimpan uangnya dibawah bantal. Begitu juga dengan pemilik toko tidak pernah menyetor uangnya ke bank. Sekarang uang tunai yang dimiliki lebih baik disimpan di bank. Akan tetapi, dalam kaitannya dengan usaha membuka toko, menyimpan uang tunai seluruhnya di bank. tidak akan menguntungkan bagi Anda sebagai pemilik toko.

Memiliki uang tunai yang tersedia ditoko dapat bermanfaat: pertama, untuk menyediakan uang tunai sebagai kembalian jika dibutuhkan. Kedua, menyediakan uang tunai bagi kolektor maupun salesman yang datangnya tidak sesuai jadwal. Ketiga, uang tunai yang dimiliki dapat digunakan untuk membeli barang-barang murah yang biasanya ditawarkan oleh salesman, salesmanfreelance. atau orang lain yang menjual barang murah.

Uang tunai sangat penting untuk uang kembalian. Seorang customer saya selalu memesan, jika saya memiliki uanglogam, maka dia akan menukarnya. Uang tunai juga untuk mencegah batalnya konsumen untuk membeli sehubungan dengan tak adanya uang kembalian.Bila ini terjadi, maka peluang untuk menjual sejumlah barang kepada konsumen akan hilang. Uang tunai di sini untuk mempermudah kelancaran transaksi antara penjual dan pembeli. Uang tunai perlu juga disediakan untuk membayar tagihan-tagihan salesman atau kolektor yang datangnya tidak mengikuti jadwal. Tidak menutup kemungkinan, salesman yang memasok barang pada toko Anda itu berasal dari kota lain. Tidak tersedianya uang tunai untuk salesman yang datang dari luar kota ke toko Anda secara mendadak, bila sampai berulang kali, dapat mengurangi penilaian terhadap bonafiditas toko Anda. meskipun uang tunai itu sebenarnya ada dan masih tersimpan dibank. Menurut Pak Acong seharusnya pemilik toko tanggap atau mengerti sendiri kedatangan mereka yang tidak teratur tersebut. Keadaan itu bisa diatasi dengan cara bertanya secara langsung kepada salesman atau kolektor berapa lama lagi mereka akan datang setelah kunjungan pertamanya. Biasanya mereka akan memberi jawabannya, tapi kadang mereka tidak akan memberikan jawaban karena memang tidak memiliki jadwal secara tetap dan bekerja hanya dengan “feeling”, terutama bagi salesman-salesman yang bekerja secara free lance. Sedangkan salesman yang berasal dari suatu perusahaan akan memberikan jadwal kunjungan. Secara garis besar akan memberikan gambaran berkunjung bisa seminggu sekali, dua minggu, atau sebulan sekali. Bila kedatangan mereka berdasarkan minggu, maka hari kedatangan mereka tidak selalu tetap tiap kali berkunjung.

Memiliki uang ditoko juga bermanfaat jika suatu ketika datang seorang salesman yang menawarkan barang di bawah harga normal. Barang yang berharga murah akan cepat sekali laku. Anda harus segera membelinya, khususnya untuk produk-produk fast moving. Jika Anda memiliki uang tunai yang cukup, Anda dapat dengan segera membeli barang-barang itu. Uang tunai dapat pula digunakan untuk membeli barang dengan potongan tertentu dari salesman kanvas. Jadi, memiliki atau menyediakan uang tunai di sini mempunyai fungsi untuk mempermudah Anda mendapatkan konsumen yang membeli dengan uang besar. Uang tunai digunakan untuk membayar salesman atau kolektor yang datangnya secara mendadak, menyediakan bagi salesman yang memiliki barang murah, atau mendapatkan potongan tertentu dari seorang salesman kanvas. Walau semuanya tidak berarti Anda harus menyediakan uang tunai sebanyak mungkin untuk menyediakan keperluan seperti di atas, tetapi jika uang tunai telah melebihi untuk keperluan tersebut, Anda sebaiknya menyimpan uangitu di bank.

507
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment