Home » ARTIKEL » VIII.8 MEMANFAATKAN BUKU CEK DAN GIRO BILYET

VIII.8 MEMANFAATKAN BUKU CEK DAN GIRO BILYET

Home > Membuka Toko > Bab 8 > Memanfaatkan Buku Cek dan Giro Bilyet

 

CONTOHCEK

Memanfaatkan giro bilyet sebagai alat pembayaran merupakan cara untuk mengantisipasi apabila Anda sewaktu-waktu membutuhkan untuk membayar kolektor atau salesman seandainya tidak memiliki uang tunai Girobilyet atau cek bisa menggantikan uang tunai bila Anda tidak siap. Ada pula sejumlah toko yang menjadi customer saya menggunakan girobilyet atau cek sebagai alat pembayaran untuk tagihan yang jumlahnya besar. Membayar dengan girobilyet atau cek bisa mungkin karena uang tunai yang didapat oleh toko juga berfluktuasi, hari ini mendapat uang banyak, besok belum tentu mendapat uang yang sama. Aliran dana keluar juga bisa diatur dengan menggunakan giro bilyet maupun cek. Akan tetapi, memakai alat pembayaran dengan giro bilyet atau cekharus betul-betul memiliki dana yang cukup. Jika tidak cukup, girobilyet atau cekakan menjadi cekatau girobilyet kosong. Akibatnya adalah

pertama, Anda sebagai pemegang rekening giro akan dikenai denda oleh bank yang cukup lumayan untuk ukuran pedagang, dan jika dana seringkali tidak cukup tapi memaksa dengan membuka giro bilyet, maka pihak bank akan mencoret nama Anda sebagai pemegang rekening.

Kedua, bagi toko-toko yang pemiliknya selalu memberikan girokosong akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi perusahaan mengenai bonafiditas tokotersebut. Perusahaan akan berhati-hati terhadap toko-toko yang sering membayar dengan giro kosong. Perusahaan juga tidak akan mengirim barang ke toko Anda jika sering membuka girobilyet kosong. Namun, sekarang mengapa Anda harus memakai girobilyetjika biayanya mahal?

Sudah saya uraiakan juga bahwa biaya giro bilyet dan cek memang mahal. Tapi masalah ini bisa diseimbangkan. Selama ini yang saya ketahui bahwa perusahaan akan menanggung biaya materai tiap lembar giro bilyet. Walau ada beberapa perusahaan tidak mau mengganti biaya materai tersebut, pemilik toko sebaiknya tetap menggunakan girobilyet dan cek itu sebagai alat pembayaran untuk keperluan setiap waktu, terutama dalam keadaan terdesak. Giro bilyet akan menjadi senjata bagi pemilik toko, terutama untuk mengatur cash out flow.

724
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment