Home » ARTIKEL » VIII.7 MEMBINA HUBUNGAN DENGAN PERUSAHAAN

VIII.7 MEMBINA HUBUNGAN DENGAN PERUSAHAAN

Home > Membuka Toko > Bab 8 > Membina Hubungan Dengan Perusahaan

 

is

Karena usaha Anda melibatkan para Pemasok atau supplier, maka membina hubungan dengan perusahaan sangat diperlukan. Untuk membina hubungan dengan Perusahaan tersebut, Anda bisa berhubungan langsung dengan wakil-wakil perusahaan seperti salesman atau kolektor. Mereka akan selalu datang dan akan memberikan berbagai informasi penting yang Anda butuhkan mengena harga barang produk baru, program-program yang diadakan oleh perusahaan, dan lain-lain yang berhubungan dengan usaha Anda. Menjalin hubungan dengan perusahaan bermanfaat, seperti :

  1. Pemilik toko dapat melakukan negosiasi mengenai lamanya pembayaran.
  2. Pemilik toko dapat merundingkan masalah pengembalian barang-barang yang rusak seperti kemasan berubah warna. kemasan robek, atau produk telah lewat masa kedaluwarsanya.
  3. Pemilik toko akan mendapat harga ekstra jika barang-barang dari perusahaan mengalami kenaikan.
  4. Pemilik tokoakan mengikuti program-program yang diadakan oleh perusahaan.
  5. Pemilik toko akan meperoleh kemudahan pada saat memesan barang lewat telepon.

Jangka waktu kredit terkadang dapat dibicarakan lagi dengan salesman. Pak Acong selalu menanyakan masalah ini sebelum memesan suatu barang. Dengan mengetahui jangka waktu kredit, Anda dapat estimasi berapa banyak barang yang bisa dibeli. Mengetahui jangka waktu pembayaran sangat Penting untuk mengatur perkiraan stok yang bakaldisediakan. Barang yangkurang laku dan mempunyai jangka waktu pembayaran yang cepat dapat membuat uang kita berhenti berputar Barang yang Anda beli masih ada. ternyata harus melunasi hutang. Jadi, perkiraan untuk membeli barang dengan memperhatikan time of payment adalah cara itu untuk mengurangi risiko uang berhenti.

Tidak jarang salesman akan memperpanjang waktu pembayaran beberapa hari atau seminggu kemudian. Ada juga perusahaan-Perusahaan yang sangat disiplin mengenai jangka waktu pembayaran ini. Misalnya. Perusahaan rokok Gudang Garam, rokok Sampoerna, atau produk-produk dari perusahaan lain yang sehari-harinya cepat sekali laku. Wajar sekali jika perusahaan yang produknya sangat laku meminta pembayaran sangat singkat. Sebaliknya, jika produk dari perusahaan tidak cepat laku tetapi meminta Pembayaran singkat, pemilik toko akan segera meninggalkan produk seperti itu dan menggantinya dengan produk komplementer yang sama-sama laku tetapi tidak dengan pembayaran secara singkat. Pembayaran singkat untuk barang yang tidak laku, tidak diminati oleh pemilik toko. Untuk itu, berundinglah dengan salesman agar mendapatkan fasilitas yang Anda inginkan.

Masalah pengembalian barang rusak terkadang membuat pemilik toko rugi jika perusahaan tidak memberikan fasilitas dengan cara menukar barang-barang itu. Risiko kerugian karena barang rusak nilainya bisa besar sekali jika Anda kumpulkan. Ada juga beberapa perusahaan yang bersikeras tidak akan menukar barang-barangnya yang rusak. Sebaiknya Anda tidak membeli dalam jumlah banyak barang-barang yang berasal dari perusahaan seperti ini. Oleh sebab itu, diperlukan hubungan yang erat antara pemilik toko dan wakil-wakil perusahaan seperti salesman, agar barang-barang Anda selalu baru.

Seorang customer saya selama ini tak pernah sekalipun mau berhubungan dengan salesman, suatu ketika memiliki barang rusak yang cukup banyak. Secara logika di mana Anda membeli kesanalah Anda menukarnya. Akan tetapi, pada saat customer saya tersebut akan mengembalikan barangnya ke tempat asal, ternyata toko yang pernah memasoknya bangkrut Salesman mau sajamenukarbarangbarangitu, tapi setelah dicek didaftar customer, ternyata selama ini pemilik toko tak pernah membeli keperusahaan secara langsung Tentu saja perusahaan tidak mau menukar barang rusakitu.

Umumnya bila membeli dalam jumlah sedikit dari perusahaan harganya pasti mahal. Pak Acong menyiasati keadaan ini dengan cara membeli sebagian kebutuhan barangnya kepada perusahaan dan sebagian lagi membelinya dari agen yang menjual murah. Dengan demikian, dia akan memiliki hubungan dengan dua pemasok. perusahaan dan toko agen. Pertimbangan ini dihubungkan dengan bila sewaktu-waktu terdapat barang naik, Pak Acong bisa langsung memperoleh ekstra harga lama. Sedangkan untuk mendapatkan harga ekstra dari toko agen masih diragukan karena toko agen sendiri juga memperoleh barang dari pemasok. Kalaupun memberikan harga ekstra, agen pun akan memberinya terbatas. Berhubungan dengan perusahaan besar sekali manfaatnya jika suatu saat barang yang dibeli itu naik. Pemilik toko akan diuntungkan pula andai kata perusahaan mengadakan program. Yaitu, program pajangan, menukar bungkus bekas produk yang telah dipakai dengan piring atau gelas, program blackbonus, atau program-program yang lain. Keuntungan berhubungan dengan perusahaan akan berdampak positif untuk jangka panjang. Toko Anda akan terdaftar dalam customer list perusahaan dan salesman akan selalu mengunjungi toko Anda walaupun dia telah dipindah tempat. Selain itu, perusahaan akan memberikan imbalan yang lumayan setiap program-program yang diadakan.

Hubungan yang baik antara pemilik toko dan perusahaan dapat juga membantu kelancaran permintaan barang di kala tak terencanakan, tanpa menunggu kedatangan salesman. Ada beberapa perusahaan yang tidak mau mengirimkan barang-barangnya sebelum salesman-nya datang ke toko yang telah memesan barang. Bila antara salesman dan pemilik toko sudah saling mengetahui, permintaan barang melalui telepon akan segera dilayani. Dengan demikian, Anda sebagai pemilik toko tidak akan kehilangan peluang karena stok di toko Anda selalu melimpah.

601
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment