Home » ARTIKEL » VIII.5 MEMPERHATIKAN BARANG RETUR DAN MENGARSIPKAN

VIII.5 MEMPERHATIKAN BARANG RETUR DAN MENGARSIPKAN

Home > Membuka Toko > Bab 8 > Memperhatikan Barang Retur dan Mengarsipkan

 

Retur-Pembelian-Barang

Jika Anda memiliki usaha dengan membuka toko maka pasti menghadapi risiko yang diakibatkan oleh adanya barang rusak. Barang rusak bisa terjadi karena penyimpanan barang yang kurang baik, dirusak oleh tikus, atau barang habis masa berlakunya. Barang-barang yang rusak tersebut perlu penanganan secara khusus. Jika tidak akan merugikan sekali pada Anda sebagai pemilik toko. Ada beberapa penanganan yang biasanya dilakukan, yang pernah saya lihat di gudang salah satu supermarket terbesar di Surabaya. . Barang-barang yang rusak itu dipisahkan dengan barang-barang yang masih bagus. Pemisahan ini dimaksudkan agar pada saat diambil oleh bagian pengiriman perusahaan. pemilik toko tidak perlu lagi repot mencarinya. Menyiapkan barang rusak harus selalu dilakukan oleh pemilik toko karena ada beberapa pengiriman perusahaan yang tidak mau menunggu lama. Mengapa bagian pengiriman perusahaan ada yang tidak mau menunggu lama? Alasan utama karena bagian pengiriman dibebani untuk mengirim di banyak tempat atau diberi target agar fakturfakturbisa selesai hari itu. Oleh sebab itu Anda harus memisahkan barang rusak dengan barang yang baik.

Barang yang rusak perlu dicatat jumlahnya dan diusahakan juga diketahui harganya. Mengetahui jumlah dan harga barang adalah untuk memudahkan Anda menghitung pada saat salesman atau kolektor datang menyelesaikan tagihan itu. Memiliki catatan yang akurat mengurangi risiko selisih harga yang seringkali terjadi karena pemotongan yang tidak sesuai antara perhitungan pemilik toko dengan perusahaan.

Usahakan pula mencatat barang yang dikembalikan difaktur pengiriman jika barang rusak itu tidak ditukar melainkan diretur Mencatat ini juga berguna untuk memudahkan Anda meneliti ulang barang retur itu dan kemudian menguranginya pada saat penagihan. Mencatat di faktur penagihan berfungsi pula untuk mengingatkan kembali bagian penagihan, karena jika terlupakan biasanya akan sulit untuk diselesaikan akibat prosedur perusahaan yang kadangkala agak panjang.

Perlu diingat pula bahwa divisi delivert memiliki orang yang begitu banyak, sehingga tidak memudahkan Anda untuk mengenalinya jika sering berganti-ganti. Lebih baik dan aman jika Anda catatbarang-barangkembalian Anda. Arsipkan catatan barang rusak Anda pada tempat arsip khusus barang-barang rusak. Mengarsipkan barang kembalian juga mengurangi risiko jika catatan Anda atau catatan bagian pengiriman hilang. Memang toko kebutuhan sehari-hari yang saya kunjungi karang lebih 80 persen tidak memiliki map khusus untuk menyimpan catatan mengenai barang rusak maupun faktur-faktur pembelian Sisanya kurang lebih 20 persen mengarsipkan faktur penjualan atau catatan barang rusak dengan menyimpan di map khusus atau di etalase toko dengan memberinya репјеpit. Membuat arsip berarti juga menyelamatkan cash flow Anda dari kerugian yang kadang-kadang di luar dugaan. Kerugian-kerugian akibat kelalaian Anda mengenai masalah-masalah sepele tidak akan Anda rasakan saat ini.Tapi untuk masa mendatang tiba-tiba Anda merasakan bahwa toko Anda semakin habis barang-barangnya. Telitilah dengan barang yang dikembalikan dan mulailah mengarsip

627
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment