Home » ARTIKEL » VIII.4 MENYIMPAN DAFTAR HARGA

VIII.4 MENYIMPAN DAFTAR HARGA

Home > Membuka Toko > Bab 8 > Menyimpan Daftar Harga

 

daftarharga

Daftar harga yang didapat dari perusahaan harus disimpan dengan baik. Jika tak memperoleh daftar harga yang tercetak, Anda perlu mencatatnya dibuku yang spesial untuk mencatat daftar harga. Daftar harga harus disusun sesuai abjad, bisa menggunakan nama perusahaan atau nama barang yang diproduksi oleh perusahaan. Semua ini bertujuan agar Anda tidak melakukan kesalahan dalam pemberian harga mengingat barang yang Anda jual di toko banyak sekali ragamnya. Terkadang ada konsumen Anda yang cerewet dan sukamenawar. Untuk mengantisipasinya Anda harus hafal betul dengan harga beli suatu barang. Tapi tidak mungkin Anda menghafal barang yang begitu banyak kalau tidak dengan cara melihat kembali daftar harga yang Anda punyai. Kecuali dengan harga barang-barang yang cepat laku dan Anda sendirilah yang melakukan pembelian. Tetapi menjadi lain masalahnya jika yang sedang menunggu toko bukan Anda, tentunya daftar harga sangat diperlukan untuk melihat ulang barangyang tidak memiliki label harga. Daftar harga dapat membantu untuk mengurangi kerugian pada pemilik toko agar tidak menjual barang di bawah harga beli. Atau menjual barang di atas harga tertinggi yang telah ditentukan oleh perusahaan. Jika Anda tidak ingin toko Anda memiliki image menjual dengan “mahal”, sebaiknya Anda memiliki daftar harga untuk mengantisipasi agar tidak menjual melebihi harga jual tertinggi.

Memiliki daftar harga bermanfaat pula untuk membandingkan harga beli yang akan Anda dapat jika Anda ingin membeli barang dalam jumlah banyak. Kalau pemilik toko memiliki daftar harga maka tidak akan mengalami kerugian jika hendak membeli suatu barang yang telah ditawannya. Atau kadangkala Anda terpaksa harus melepas suatu barang yang ditawar oleh konsumen. Jikatidak memiliki pedoman melalui daftar harga tentu saja Anda tidak akan berani melepaskan barang yang ditawar oleh konsumen itu. Sebaiknya, bila Anda memiliki daftar harga sebagai pedomannya, Anda akan berani melepaskannya. Adapula customer saya yang menyiasati dengan cara memberi kode harga beli pada barang-barang yang dijualnya di samping menyimpan daftar harga aslinya. Memberikan kode pada barang akan memiliki manfaat jika barang yang Anda jual ditawar oleh konsen Tapi untuk jenis barang tertentu saja diberi kode, terutama barang-barang yang cenderung ditawar oleh konsumen.

kelemahan memberi sandi pada barang yang dijual adalah jika barang yang dijual itu habis dan pemilik toko tidak lagi dapa mengenali berapa harga yang didapat dari perusahaan-Tap jika mempunyai daftar harga. barang yang telah habis tersebut dapat diketahui harganya.

675
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment