Home » ARTIKEL » VIII.3 MENYIMPAN ALAMAT DAN NOMOR TELEPON PERUSAHAAN

VIII.3 MENYIMPAN ALAMAT DAN NOMOR TELEPON PERUSAHAAN

Home > Membuka Toko > Bab 8 > Menyimpan Alamat Dan Nomor Telepon Perusahaan

 

 

DATABASEPERUSAHAAN

Menyimpan alamat dan nomor telepon perusahaan sangat penting bila Anda ingin mengelola toko Anda dengan berhasil. Menyimpan alamat dan nomor telepon ini memiliki tujuan jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan sejumlah barang dapat langsung menghubungi perusahaan yang memasok barang-barang pada toko, tanра harus menungggu kedatangan seorang salesman yang berkunjung dengan jadwal tertentu. Selain itu, juga akan bermanfaat untuk mendapatkan informasi mengenai harga barang, stok barang perusahaan, dan rencana pengiriman yang akan dilaksanakan oleh perusahaan. Alamat dan nomor telepon perusahaan dapat memudahkan pemilik toko untuk menghubungi perusahaan terutama yang berkaitan dengan :

  1. Klaim masalah pesanan dan pengiriman barang yang tak komplet atau keliru

  2. Salesman yang datang tidak tepat waktu.

  3. Mendapatkan barang sebelum harga naik.

Karena salah satu kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan kepada pemilik toko adalah pengiriman, di mana perusahaan akan mengirim sejumlah barang yang dipesan melalui divisi delivery yang dilakukan oleh sopir dan kenek, pemilik toko akan memiliki urusan jika barang yang diterima tidak sesuai dengan faktur pengiriman. Memiliki alamat dan nomor telepon perusahaan dengan jelas akan memudahkan pemilik toko segera menghubungi perusahaan tanpa harus menunggu berminggu-minggu atau berbulan-bulan sampai salesman datang mengunjungi toko lagi. Keterlambatan melaporkan barang yang tidak sesuai faktur yang telah ditandatangani akan menjadi tanggung jawab pemilik toko. Risiko yang harus dipikul oleh Anda adalah kerugian. Bila Anda memiliki alamat dan nomor telepon itu, Anda dapat langsung complain untuk menyelesaikan ketidakcocokan tersebut. Biasanya karyawah Perusahaan akan mencatat dan segera menyelesaikan.

Selama saya bekerja, banyak sekali masalah-masalah yang berkaitan dengan Pengiriman, seperti ketidakcocokan barang dengan faktur barang tidak lengkap, barang sak terselippada pengiriman itu, uang yang dema oleh si pengirim tidak sesuai dia nilai yang ada di faktur, dan banyak lagi masalah di seputar pengiriman. Semua masalah itu akan segera diselesaikan oleh Perusahaan jika pemilik toko segera melaporkannya. Jika pemilik toko terlambat melaporian adanya masalah pengiriman, maka pihak perusahaan akan mengalami kesulitan untuk segera menyelesaikan walau dapat terselesaikan akan membutuhkan waktu lama alena data-datanya telah tertimbun. Personel bagian pengiriman akan membongkar file yang ada, menemukan, meneliti, dan ulang file pengiriman jika perusahaan tersebut sangat teratur dan rapi administrasinya, penyelesaian masalah Anda akan bisa diatasi. Tapi jika tidak, maka masalah tersebut akan berlarut-larut dan yang menjadi korban adalah Anda sebagai pemilik toko, karena menurut aturan yang berlaku bahwa faktur yang telah ditandatangani adalah sah. Perusahaan tidak akan mau tahu karena itu kelalaian Anda. Faktur yang telah ditandatangani, berarti pemilik toko telah memeriksa dan menyetujui jumlah serta kondisi barang tersebut pada saat dikirim.

Alamat perusahaan berguna pula untuk menghubungi salesman yang meng-cover area dimana toko Anda berada. Menghubungi salesman yang tidak datang pada jadwalnya, sangat perlu supaya Anda mendapat perhatian. Kedatangan salesman terkadang tidaklah pasti terutama untuk produk-produk yang kurang laku. Dan menurut pengamatan beberapa toko yang saya hubungi selama ini, salesman cenderung datang pada toko-toko yang aktif membeli produk-produknya. Memang tidak semua perusahaan memiliki salesman yang tidak aktif, tapi jika toko pasif memesan produk-produknya, salesman akan terus mencari toko-toko itu untuk menutup target bulanan. Ada juga perusahaan yang mewajibkan tiap salesman untuk mendatangi para customer yang telah terdaftar dalam customer list perusahaan. Sebagai contoh, perusahaan Coca-Cola memiliki salesman-salesman yang selalu datang ke customer-nya meskipun customer tersebut tidak melakukan pembelian terhadap produk Coca-Cola, dan supervisor perusahaan akan mengecek apakah salesman datang atau tidak di faktur-faktur yang telah “digesek”nomornya untuk masing-masing customer. Salesman mau tidak mau harus datang ke langganan untuk menggesek nomor yang telah ditempel di tiap toko.

Alamat perusahaan juga dapat membantu pemilik toko untuk menanyakan pengiriman yang terlambat. Pengiriman yang terlambat akan merugikan Anda jika barang yang Anda pesan itu merupakan barang fast moving. Salah satu penyelesaian yang paling aman adalah mengingatkan kembali kepada salesman, kapan barang tersebut akan dikirim. Alamat dan nomor telepon perusahaan akan menjadi penting bagi Anda setelah Anda mengetahui produk sejenis telah mengalami kenaikan dan Anda langsung menanyakan harga produk komplementer tersebut. Kenaikan barang sejenis akan memberi peluang Anda memesan barang kepada perusahaan untuk mengantisi pasi jika memang terjadi kenaikan. Sehingga Anda akan memperoleh keuntungan dari harga naik yang telah Anda stok.

Pak Acong selalu teliti dengan alamat dan nomor telepon perusahaan sebagai penunjan: bisnisnya. Dia akan menuliskan di buku khusus dan menyimpannya di tempat yang aman. Jika memperoleh kartu nama maka kartu nama itu pun akan disimpannya di tempat khusus supaya dapat menghubungi perusahaan-perusahaan itu dengan mudah.

408
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment