Home » BAB VIII BELAJAR DARI SUKSES ETNIS TIONGHOA (ll) » VIII.2 MENYIMPAN ARSIF TAGIHAN

VIII.2 MENYIMPAN ARSIF TAGIHAN

Home > Membuka Toko > Bab 8 > Menyimpan Arsip Tagihan

 

billing tagihan kartu kredit

Menyimpan arsip tagihan yang berasal dari pemasok sangat penting. Arsip tersebut bisa pula dipakai untuk mengukur kemajuan toko Anda dalam sebulan atau setahun. Dari arsip tagihan itu bisa Anda ketahui berapa banyak barang yang telah Anda beli dari pemasok atau toko agen langganan Anda. Seorang customer saya seperti Pak Acong, selalu menyimpan arsip tagihan itu ke dalam map, atau tempat yang aman. Menurutnya arsip-arsip itu dapat digunakan untuk mengetahui sejauh mana toko mengalami suatu kemajuan karena dari arsip tagihan itu akan diketahui berapa besar omzet penjualan produk dalam sebulan maupun dalam setahun. Melalui arsip-arsip itu pula dapat diketahui berapa besar laba yang akan diperolehnya dalam hitungan bulan tahun. Bila dalam satu bulan Anda membeli dari perusahaan sejumlah barang dengan nilai 10 juta maka jika Anda mengambil keuntungan sebesar 10 persen maka laba toko Anda adalah sebesar 1 juta.

Manfaat lain menyimpan arsip tagihan adalah untuk mengurangi risiko kesalahan yang terjadi pada saat pembayaran. salesman juga tidak bisa datang pada jam tertentu bila hendak menagih. Pada saat pemilik toko sedang ramai pembeli, tentunya dia tidak dapat berkonsentrasi penuh pada persoalan pembayaran. Untuk menghindari risiko kesalahan dalam membayar tagihan itu, Anda dapat melakukan cek ulang terhadap nominal tagihan Anda, lebih-lebih pada tagihan yang ditulis tangan. Dalam perjalanan karier saya selama menjadi pemasar banyak sekali pen toko yang lalai untuk memeriksa ulang nila uang di faktur tagihan, terutama mengenai diskon yang diberikan dan tanggal jatuh temptagihan. Tagihan yang memiliki perincian yang harus “dipotong” dengan barang yang telah dikembalikan karena rusak, bila tidak Anda teliti ulang akan mengakibatkan kerugian pada Anda sebagai pemilik toko. Begitu pula diskon tambahan yang harus diterima. Anda harus teliti karena ada sejumlah “diskon” tambahan akan hangus bila melewati jatuh tempo dari tagihan yang telah ditentukan. Membayar tagihan sebelum jatuh tempo yang telah ditentukan oleh Perusahaan juga akan merugikan Anda sebagai pemilik toko. Uang yang mestinya digunakan untuk membeli barang lain, Anda gunakan untuk membayar tagihan yang belum jatuh tempo. Arsip-arsip yang Anda simpan itu dapat diteliti ulang dan bilaterjadi hal-hal seperti di atas Anda dapat meminta kompensasi pada perusahaan untuk mengundur pembayaran faktur tagihan atau menghitung ulang tagihan yang seharusnya dipotong karena ada return barang dan diskon yang belum diperhitungkan.

Arsip tagihan juga bisa digunakan sebagai Pedoman untuk membayar bila nota tagihan yang asli hilang. Hilangnya faktur yang asli itu bisa teriadi karena dijambret. hilang pada saat mengiriman, atau hilang karena sebab lain. Menyimpan arsip tagihan berarti Anda telah melakukan penyelamatan terhadap cash flow Anda agar tidak terjadi kebocoran. Bila Anda ceroboh dalam menyimpan arsip tersebut maka perolehan laba Anda tiap tahun akan berkurang, bisa jadi minus.

Arsip tagihan itu juga penting untuk mengingat apakah suatu tagihan telah dibayar atau belum. Jika arsip kopi Anda belum terlampiri yang “asli” berarti Anda belum membayar tagihan itu. Manusia mudah sekali lupa apalagi bila mengenai persoalan tagihan. Bila Anda lupa tentunya akan merasa kecewa ketika ternyata tagihan itu muncul dan memang belum Anda lunasi.

Suatu hari saya menagih pada seorang customer, dia sangat terkejut ketika saya menyodorkan lembar tagihan itu. Menurut pengakuannya tagihan itu telah dibayarnya lunas, padahal faktur asli masih ada pada perusahan dan sekarang saya bawa untuk menagihnya. Saya mengkonfirmasikan apakah tagihan itu telah lunas atau belum di bagian administrasi perusahaan.Ternyata-tagihan itu memang betul belum dilunasinya, tapi setelah saya beritahukan kembali pada customer saya , dia ngotot bahwa tagihan itu telah dilunasi. Setelah diusut-usutternyata customer tersebut memang belum melunasinya. Menurutnya “lupa”. Lupa sangat berbahaya bagi hubungan antara pemasok dan pemilik toko yang akan menimbulkan perpecahan. Oleh sebab itu. gunakanlah arsip sebagai pedoman untuk membayar tagihan dan memudahkan pekerjaan Anda.

528
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment