Home » BAB VIII BELAJAR DARI SUKSES ETNIS TIONGHOA (ll) » VIII.1 TIDAK LUPA DENGAN PEMBUKUAN

VIII.1 TIDAK LUPA DENGAN PEMBUKUAN

Home > Membuka Toko > Bab 8 > Tidak Lupa Dengan Pembukuan

 

PEMBUKUAN

Meskipun membuka toko tidak harus menggunakan pembukuan seperti pada perusahaan besar, tapi banyak pemilik toko melupakan hal ini. Toko dikelola dengan cara yang sederhana. Banyaknya uang masuk dan keluar iidak pernah dicatat. Saya menanyakan kepada beberapa customer, mengapa mereka tidak melakukan hal itu. Alasan yang “umum dikemukakan adalah malas. repot, dan tidak Punya waktu. Lalu, bagaimana cara mengukur kemajuan suatu toko bila tanpa melakukan suatu pembukuan?

Seorang customer saya bernama Masjone membuat pembukuan dengan cara sederhana dan menurut saya bisa dijadikan contoh bila Anda tidak mau repot serta malas membuat Pembukuan. Dia mencatat semua kegiatan “sebanya dengan cara membuat catatan “keuntungan” setiap kali membeli. yang dikumpulkan seminggu, sebulan, dan setahun. Dia menghitung selisih harga beli dengan harga jual sebagai keuntungan yang harus dikumpulkan. Sehingga dari sinilah kemudian Mas Jonet bisa mengetahui perkembangan keuntungan per tahunnya. Dari laporan itu diketahui apakah tokonya mengalami kemajuan atau tidak. Bila ternyata dalam setahun diketahui untung yang diperoleh cukup, maka Mas Jonet merencanakan suatu investasi yang nilainya tidak melebihi keuntungan dalam setahun. Misalnya. membuka wartel, membeli rumah untuk disewakan, atau membangunrumah untuk kos. Jadi, dengan menghitung laba yang diperoleh. Anda dapat mengukur kemampuan hasil usaha Anda.

Berbeda dengan yang dilakukan Pak Acong. Setiap kali ada pemasukan dan pengeluaran selalu dicatatnya hari itu juga. Misalnya, barang yang dijual hari ini jumlahnya sekian dan pengeluaran yang dilakukan seperti membayar tagihan, membayar listrik, membayar air, dan membayar telepon dicatatnya hari itu juga. Dengan mencatat aliran dana yang masuk dan keluar, Anda sebagai pemilik toko dapat mengevaluasi besarnya pemasukan yang ada dengan pengeluaran Anda. Bila terjadi _ misalmva And ba. begitu banyak tagihan, periksalah apakah barang yang ada di toko Anda nampak menumpuk atau sebaliknya. Terkadang ada yang memantau kemajuan tokonya hanya dengan memeriksa ada atau tidaknya tagihan pada perusahaan. Jika tidak ada kewajiban sama sekali dan barang yang ada di toko kelihatan menumpuk memenuhi toko Anda, bisa dipastikan toko Anda mengalami suatu peningkatan. Sebaliknya, bila Anda memiliki banyak kewajiban membayar tagihan kepada perusahaan dan ternyata di toko Anda barang dagangan tidak nampak banyak, Anda bisa mengevaluasi ulang stok Anda. Ini suatu peringatan bagi Anda, bisa jadi Anda mengalami kemunduran dalam berusaha. Karenanya, takjarangpemiliktokoyang kurang memperhatikan masalah ini, tidak lama tokonya harus ditutup karena bangkrut.

619
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment