Home » BELAJAR DARI SUKSES ETNIS TIONGHOA » VII.5 PEKERJA KERAS

VII.5 PEKERJA KERAS

Home > Membuka Toko > Bab 7 > Pekerja Keras

 

PEKERJA KERAS

Dalam kurun waktu yang sama dengan pekerjaan saya di suatu perusahaan, Pak Acong mengalami kemajuan yang sangat pesat secara finansial. Asetnya telah melebihi satu miliar. Kini memang tidak hanya toko yang dikelola, tapi dia juga mendirikan pabrik mi. Apa yang membuatnya mendadak kaya seperti itu. Setelah saya evalusai ternyata Pak Acong adalah seorang pekerja keras. Dalam kurun waktu sepuluh tahun dia tak pernah libur di hari Minggu maupun hari besar lainnya, kecuali tanggal merah di hari raya Idul Fitri, tokonya selalu dibuka. Jam kerjanya mulai pukul 7 pagi sampai dengan pukul 9 malam dan istirahat 2 jam mulai pukul 12 sampai pukul 2 siang. Pak Acong ternyata bekerja lebih banyak dari orang-orang yang bekerja dikantor.

Hari Minggu yang mestinya untuk beristirahat ternyata dia tak melakukannya. Dengan hanya dibantu istrinya, dia mengelola tokonya selama dua tahun, selepas itu hanya memakai dua orang pegawai. Hal-hal kecil yang menurutnya tidak perlu harus memakai tenaga orang lain, dia kerjakan semuanya sendiri. Apa yang menjadi motivasinya sehingga dia harus bekerja keras.

Ketika saya tanyakan kenapa dia harus bekerja keras seperti itu, menurut sebenarnya bukanlah kekayaan semata, tapi dia ingin membantu orang lain. Obsesinya akan mendirikan pabrik yang akan menampung banyak tenaga kerja. Selain itu, dia sadar bahwa berwiraswasta adalah salah satu jalan untuk menaikkan taraf hidupnya. Dan menurutnya, kesuksesan berwiraswasta hanya bisa diraih dengan cara bekerja keras. Bukan dengan cara berkolusi, korupsi, atau

nepotisme.

455
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment