Home » BELAJAR DARI SUKSES ETNIS TIONGHOA » VII.4 PELAYANAN

VII.4 PELAYANAN

Home > Membuka Toko > Bab 7 > Pelayanan

 

Bukan hanya usaha besar yang mengharuskan untuk selalu meningkatkan pelayanan, tapi usaha toko pun membutuhkan pelayanan yang baik jika ingin tokonya berlangsung lama dan berhasil. Menurut Pak Acong, pserviceelayanan merupakan bagian penting dalam usaha membuka toko, karena tanpa pelayanan yang baik pembeli tidak akan menjadi konsumen yang setia. Kunci keberhasilan Anda membuka toko agar mendapat langganan yang banyak adalah dengan memberikan pelayanan yang baik.

Seorang customer saya bernama Hok San, memiliki toko yang berada di stan pasar. Di pasar, pemilik toko bersaing ketat untuk mendapatkan langganan. Namun, meskipun terdapat persaingan yang ketat, toko milik customer saya tersebut selalu ramai dengan pembeli. Mengapa? Karena dia melayani konsumen-konsumennya dengan riang gembira. Sehingga konsumen merasa senang karena pemilik toko selalu melayani dengan gembira dan terkadang bersenda gurau.

Bila bersenda gurau, Pak Hok San bisa menyesuaikan dari kalangan apa konsumennya itu. Andai kata konsumennya ada yang mengeluh atau bercerita masalah keluarga, dia pun bersimpati dan mendengar dengan sungguh-sungguh sambil melayani mereka. Konsumen-konsumen yang membeli ditempat itu dianggapnya sebagai keluarga dan tidak memandang dari suku apa. Karena pemiliknya memiliki sikap seperti itu terkadang masalah harga tidak menjadi pertimbangan.

Pelayanan berarti juga mau berkorban untuk kepentingan jangka panjang. Saya melihat Pak Hok San juga memperhatikan masalah yang terjadi dengan konsumen yang berhubungan dengan bisnisnya. Misalnya, bila ada langganan yang mengembalikan barang karena keliru harga, atau keliru barang, atau jumlahnya yang diberikan kurang, dengan sabar dia mengecek ulang dan menggantinya jika benar-benar keliru ada di pihaknya.

Biasanya Pak Hok San akan memberikan bingkisan atau hadiah-hadiah untuk langganannya, baik yang merayakan hari Idul Fitri, maupun yang merayakan hari Natal sebagai tanda terima kasih karena selama ini dapat bekerja sama. Cara ini memang bisa mengundang simpati langganan Anda. Konsumen Anda pun merasa diperhatikan sehingga terdorong untuk “loyal” sebagai pelanggan yang setia.

316
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment