Home » BELAJAR DARI SUKSES ETNIS TIONGHOA » VII.12 PANDAI MEMANFAATKAN SUMBER DANA

VII.12 PANDAI MEMANFAATKAN SUMBER DANA

Home > Membuka Toko > Bab 7 > Pandai Memanfaatkan Sumber Dana

 

 

SUMBERDANA

Anda yang memiliki usaha dengan membuka toko harus pandai dalam memanfaatkan sumber dana. Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa sumber dana bisa Anda peroleh , dari perusahaan sebagai pemasok, dari toko-toko agen maupun grosir, dari tabungan pribadi Anda atau dari arisan yang diadakan oleh kelompok Anda seperti arisan piow. Untuk mengelola sumber dana tersebut dibutuhkan ketelitian yang amat sangat. Jika tidak, Anda akan terjerat dalam hutang yang tidak berkesudahan atau sumber dana yang Anda peroleh menjadi bumerang. Bila Anda memperoleh sumber dana yang berasal dari bank maka Anda harus memperhatikan betul sumberdana itu, dengan cara mengatur aliran dana masuk dan keluar. Anda harus memperhatikan kewajiban bulanan seperti membayar cicilan dan bunga dari pinjaman itu. Kelalaian yang Anda buat dengan kewajiban yang harus Anda laksanakan, justru akan memperparah keuangan toko Anda. Karena pinjaman di bank bila terlambat akan dikenakan denda yang lumayan banyak, apalagi bila Anda menunggak. Sebaiknya Anda hitung betul andai kata Anda meminjam dari suatu bank. Sumber dana lain berasal dari suatu perusahaan.

Sumber dana yang berasal dari perusahaan akan Anda peroleh setelah toko beroperasi. Bila toko Anda telah cukup lama beroperasi, sumber dana dari perusahaan sangat mudah didapat walau nilainya tidak besar tetapi lumayan untuk memperbesar toko Anda. Risiko yang Anda hadapi bila Andalalâi: dengan kewajiban yang harus dibayar adalah. tidak dikirimkannya barang pesanan Anda, – serta tidak dikujunginya toko Anda atau supplier memutuskan sama sekali hubungan dengan Anda sebagai pemilik toko. Memang ada beberapa perusahaan yang akan memberi keringanan pembayaran, misalnya dengan Cara. mencicil tagihan. Tapi, ada beberapa perusahaan yang mengharuskan membayar tagihan tepat pada saat jatuh tempo. Membayar tepat jatuh waktu itu biasanya diberlakukan untuk barang-barang yang mudah laku. Anda sebagai pengelola toko harus pandai-pandai memanfaatkan saat-saat seperti ini.

Pak Acong biasanya membeli barang dalam jumlah banyak untuk barang yang diperolehnya dengan cara kredit, dan membeli sedikit untuk barang yang laku tersebut serta sisanya dipakai mencari barang murah dari toko agen atau toko grosir. Bila mendapatkan barang murah, dia akan membelinya dalam jumlah banyak dan membayarnya dengan tunai. Barang-barang yang kurang laku yang diperoleh secarakredit dari perusahaan andai kata benar-benar tidak laku akan dibarter atau dijual dengan harga pokok untuk mendapatkan uang tunai. Dan uang tunai tersebut digunakan untuk membeli barang-barang cepat laku atau barang-barang murah yang biasanya disebut dengan barang gangdo.

Pada saat toko masih kecil, pihak bank mungkin sulit untuk memberikan kredit. Sumber dana bisa digali dari tabungan pribadi. Dengan menggunakan cara seperti yang dilakukan Pak Acong, yaitu memintakredit dari perusahaan dan menjualnya dengan harga pokok atau barter. Setelah mendapat uang tunai ditambah dengan uang tabungan Anda, kemudian carilah barang-barang murah sebanyak mungkin dan menjualnya dengan harga normal. Uang tabungan dan keuntungan yang diperoleh ditambahkan lagi untuk mencari barang murah, begitu seterusnya sehingga Anda bisa memperbesar modal yang Anda miliki.Dengan demikian uang tabungan Anda bisa membantu memperbesar modal.

Beberapa tahun yang lalu masih segar di ingatan kita, bahwa kurs mata uang rupiah terhadap dolar Amerika menembus kisaran antara Rp 10.000,00 sampai dengan Rp 20.000,00. Pergeseran mata uang tersebut juga mempengaruhi bunga bank di negeri kita hingga melampaui batas kewajaran. Keadaan ini membuat pengusaha-pengusaha “kelimpungan” karena tidak tahan lagi dengan bunga bank yang begitu tinggi. Pak Acong menyiasati keadaan ini dengan cara mengadakan arisan piow. Arisan ini dilakukan dengan cara lelang siapa yang membutuhkan uang pada saat diundi dan memberikan diskon yang terbanyak akan mendapatkan uang arisan itu terlebih dahulu. Biasanya diskon yang diberikan tidak akan melebihi bunga bank yang berlaku pada saat itu. Sehingga memberikan manfaat bagi pemilik toko untuk mengikutinya karenarisiko yang ditanggung pun tidaklah sebesar bila harus menggali sumber dana dari bank

431
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment