Home » BELAJAR DARI SUKSES ETNIS TIONGHOA » VII.11 MENCARI BARANG MURAH

VII.11 MENCARI BARANG MURAH

Home > Membuka Toko > Bab 7 > Mencari Barang Murah

 

barang murah

Berkembangnya toko yang Anda kelola tergantung pula pada kepandaian Anda dalam mencari barang murah. Bila mendapat barang murah, Anda juga bisa menjualnya dengan murah sehingga Anda mendapatkan keunggulan dalam bersaing. Sedangkan untuk mendapatkan barang murah Anda membutuhkan kegigihan, kesabaran, dan tentu saja uang tunai yang memadai. Kegigihan untuk mendapatkan barang murah sangat penting karena Anda akan membutuhkan waktu dan keinginan terus menerus untuk mencarinya. Kalau Anda tidak memiliki waktu dan keinginan untuk mencarinya, maka barang yang Anda inginkan tidak akan pernah Anda dapatkan. Pak Acong menutup tokonya di siang hari. Di saat tutup tersebut dia menyempatkan dirinya datang ke tempat-tempat di mana barang-barang murah itu bisa diperoleh. Sehari, dua hari, dan seterusnya dia tak bosan-bosan bertanya dan mencarinya. Barang-barang murah yang dicarinya tidak dibatasi pada barang-barang yang cepat laku dijual atau hanya sebagai pelengkap yang menurutnya dapat dijual kembali.

Kesabaran Anda juga diperlukan bila ingin mendapatkan barang-barang murah tersebut. Misalnya, hari ini Anda mendapatkannya, tapi besok belum tentu Anda memperolehnya, atau beberapa minggu Anda tidak memperolehnya. Anda harus sabar dan terus-menerus harus bertanya pada orang-orang yang berasal dari perusahaan, seperti salesman atau pemilik toko grosir atau agen yang menjadi tumpuan harapan Anda. Untuk memperolehnya, Anda bisa mendatangi tempat-tempat yang Anda anggap disitulah biasanya Anda mendapatkan barang murah, seperti di MAKRO, INDOGROSIR, atau tempat-tempat lain. Jika di Surabaya, seperti di wilayah Kembang Jepun dan sekitarnya, sebagaimana telah saya sebutkan dalam bab sebelumnya.

Uang tunai yang memadai juga dapat membantu memudahkan Anda untuk mendapatkan barang murah tersebut. Biasanya barang murahakan cepat habis, jika Anda tidak segera membelinya. Di sinilah Anda baru merasakan peran uang tunai dalam memperoleh barang-barang itu. Jika kebetulan barang murah itu adalah produk fast moving. Anda harus segera membelinya. Jika tidak, Anda akan kehilangan kesempatan untuk memilikinya. Janganlah takut bila Anda telah membeli barang murah dalam jumlah banyak. Barang murah tersebut akan menjadi stok berharga sehingga Anda akan memperoleh manfaat berupa keuntungan yang lumayan jika Anda menjualnya. Bila ada potongan harga khusus pada suatu barang dengan pembelian dalam skala besar, Pak Acong segera memberitahukan rekan-rekannya untuk segera menyetujui pengambilan barang yang dimaksud. Demikianlah cara memperoleh barang murah yang dilakukan secara kelompok. Cara ini efektif efektif sekali di samping usaha yang Anda lakukan sendiri. Mendapatkan barang murah juga dapat dilakukan secara barter. Pak Acong memiliki cara seperti ini, dia akan membeli barang-barang cepat laku sebanyak-banyaknya dan kemudian menukarnya dengan barang yang kurang laku tapi mendapat harga yang murah. Lalu menukarnya lagi barang-barang yang murah dan kurang laku itu dengan barang yang laku di tempat lain di mana pemilik toko bisa menjual barang yangkuranglaku tersebut. Dari rentetan barter tersebut biasanya Pak Acong telah mendapatkan keuntungan sebelum menjualnya langsung kepada konsumen.

652
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment