Home » BELAJAR DARI SUKSES ETNIS TIONGHOA » VII.10 MEMILIKI KELOMPOK

VII.10 MEMILIKI KELOMPOK

Home > Membuka Toko > Bab 7 > Memiliki Kelompok

 

cartoon-kids-in-a-row

Menurut Pak Acong, dalam berusaha tidak pernah merasa bersaing dengan pemilik toko lain. Sebaliknya, saling bahu-membahu untuk memperbesar masing-masing usahanya. Pemilik toko yang besar akan membantu pemilik toko yang kecil. Sedangkan sesama pemilik toko besar akan saling bekerja sama untuk mendapatkan barang murah. Mereka bersaing untuk tidak saling menghancurkan tetapi bersaing untuk “mempertahankan” langganan masing-masing. Dalam prinsip berdagang, pembeli adalah raja. Oleh sebab itu, bagaimana memberikan yang terbaik untuk pelanggan masing-masing agar mereka menjadi konsumen yang setia. Mempertahankan langganan, berarti Anda sebagai pemilik toko telah melakukan langkah-langkah survive dari guncangan-guncangan persaingan antar pemilik toko. Memiliki kelompok bermanfaat sekali bagi Anda untuk : memperoleh harga terbaru, membeli produk secara bersama-sama dalam skala besar, dan bersama-sama bisa mengadakan arisan piow.

Sejak krisis melanda negeri kita, banyak sekali perubahan yang terjadi di dunia bisnis. Pengelola usaha tidaklagi hanya membeli dan menjualnya tapi sekarang mereka harus mendeteksi segala perubahan yang terjadi setiap saat, salah satunya mengenai perubahan harga barang yang selalu terjadi secara terus menerus. Memperoleh informasi terbaru mengenai harga maupun kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh perusahaan sangat penting. Kegiatan mengelola toko tidak terlepas dari informasi penting mengenai harga itu. Selalu memantau perubahan harga bisa menyelamatkan Anda dari risiko kerugian yang besar jika barang-barang yang dijual telah naik tapi ternyata Anda tidak mengetahuinya. Sebagai contoh, pada hari ini stok sabun merek A Anda berjumlah 10 karton dan pada saat itu Anda tidak mengetahui jika harga telah naik, kemudian datanglah seorang konsumen membeli barang itu semuanya. Tentu saja Anda sebagai pemilik toko akan menderita kerugian, karena untuk mendapatkan barang yang sama dari perusahaan, Anda harus mengeluarkan uang lebih besar daripada uang hasil penjualan tadi. Andaikata Anda memiliki kelompok berdagang maka salah satu dari anggota kelompok yang mengetahui adanya perubahan harga, tentu akan menelepon dan memberitahukan perihal kenaikan itu. Dan sebagai tindakannya, Anda tak akan menjual semua barang yang Anda miliki sebelum Anda mengecek kebenarannya dari perusahaan tempat barang dagangan itu Anda peroleh. Anda akan menjualnya sebagian, mungkin hanya 5 karton dan sisanya sebagai stok. Jika Anda akan mendapat ekstra harga lama tentu saja Anda tidak akan menderita kerugian, sebaliknyajika tidak, Anda jelas akan merugi jika menjual semuanya.

Saya berkali-kali menyaksikan pemilik toko merasa kecewa dengan lambatnya informasi mengenai kenaikan barang yang diperolehnya. Sementara itu, barang yang ada di tokonya dijual tanpa tersisa. Sebenarnya, informasi kenaikan harga yang diperoleh dengan cepat dari anggota kelompok bisa digunakan untuk menaikkan cash inflow toko. Informasi yang berasal dari anggota kelompok bisa digunakan sebagai cara untuk mendapatkan keuntungan. Jika terjadi kenaikan harga, Anda telah siap membeli barang dengan jumlah yang banyak dan menjualnya dengan harga baru di kemudian hari. Memiliki kelompok berdagang sangat baik bagi Anda yang saat ini akan atau telah memiliki toko. Membeli produk dalam skala besar secara bersama-sama dapat meringankan beban keuangan dan tempat penyimpanan barang masing-masing anggota kelompok. Karena membeli dalam jumlah banyak di samping diperlukan uang tunai yang besar juga diperlukan tempat penyimpanan. Biasanya uang tunai yang dimiliki oleh pemilik toko tidak dialokasikan pada satu jenis barang tertentu tetapi pada berbagai macam barang. Membeli barang dalam jumlah besar akan mendapat potongan harga yang lebih banyak dari pada harus membeli dengan jumlah sedikit untuk perseorangan. Terkadang ada suatu perusahaan yang hanya mau berhubungan dengan salah satu toko sedangkan toko-toko yang lain menjadi tanggung jawab pemilik toko yang telah ditunjuk oleh perusahaan. Perusahaan yang memperlakukan salah satu toko secara istimewa begini akan merugikan toko-toko lain, jika Anda tidak mau bersinergi untuk membentuk kelompok.

Memiliki kelompok berdagang untuk menggali sumber dana sangat diperlukan. Dalam bab III telah saya uraikan mengenai sumber dana yang berasal dari arisan piow. Bukalah kembali penjelasan saya tentang hal ini agar Anda bisa lebih memahaminya. Pada hakikatnya, memiliki kelompok selain bisa bersinergi juga memperoleh manfaat yang berguna. Manfaatnya Anda bisa mengetahui tentang informasi harga, barter barang yang tidak laku dengan yang laku, atau pinjam-meminjam barang jika stok yang dimiliki habis ketika ada konsumen yang mencarinya, dan memperoleh barang murah dengan membeli secara berkelompok, serta banyak lagi yang bisa dipetik manfaatnya jika Anda memiliki kelompok dalam usaha.

405
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment