Home » BELAJAR DARI SUKSES ETNIS TIONGHOA » VII.1 LOKASI TOKO

VII.1 LOKASI TOKO

 

Home > Membuka Toko > Bab 7 > Lokasi Toko

 

 

Menurutnya, lokasi toko sangat penting bila Anda ingin membuka toko. Anda Lokasiharus mencari lokasi di mana terdapat jumlah penduduk yang padat, karena di sanalah rezeki akan banyak Anda dapat. Memang, bila dipikir secara rasional lokasi yang berpenduduk padat memberi peluang akan banyaknya konsumen yang datang ke toko Anda. Apalagi toko yang Anda buka adalah toko untuk kebutuhan sehari-hari, maka toko Anda akan ramai dikunjungi pembeli dari para penduduk di sekitar toko itu.

Andai kata Anda tidak memiliki rumah atau tempat untuk membuka toko di sekitar lokasi yang berpenduduk padat, sewalah rumah yang berukuran kecil kira-kira 3 meter kali 4 meter, itu pun tidak akan mengurangi arti usaha Anda. Jika Anda tahu, di pusat-pusat perdagangan yang ramai, bila seseorang memiliki modal yang cukup besar, tokonya pun hanya berukuran kecil 3 meter kali 3 meter, sebagai tempat usaha yang omzetnya dalam setahun bisa bermiliar-miliar. Dengan cara menyewa pun usaha Anda tetap memiliki arti karena Anda telah mengambil keputusan awal berinvestasi untuk jangka panjang, dan merencanakan untuk membeli rumah sebagai toko di lokasi yang sama. Menurut Pak Acong, menyewa pun kalau bisa sekaligus selama 10 tahun. Mengapa harus demikian? Jika Anda berpedoman pada time value of money bahwa nilai mata uang pada tahun pertama akan menjadi kecil dibanding dengan uang sewa pada tahun ke-10. Misalnya, pada awal Anda menyewa sebesar Rp 1.000.000,00 pada sepuluh tahun mendatang bisa jadi sewa meningkat, mungkin bisa sampai Rp 5.000.000,00 per tahun. Dengan menyewa sekaligus selama 10 tahun berarti Anda telah menghemat banyak uang. Dan Anda harus meyakini bahwa lokasi yang telah Anda pilih memiliki prospek yang bagus untuk sepuluh tahun mendatang, sehingga harapan Anda untuk membeli rumah di sekitar lokasi bisa terealisasi.

Seperti telah diutarakan sebelumnya bahwa lokasi di dekat perkampungan yang padat memungkinkan Anda memperoleh konsumen dalam jumlah banyak. Apalagi jika Anda menjual barang-barang untuk kebutuhan sehari-hari. Konsumen tidak akan membeli di toko lain jika di dekat rumahnya telah ada toko yang menjual barang-barang kebutuhan mereka. Kalau kebetulan harga yang diberikan oleh pemilik toko sangat murah, makatakayal lagi konsumen akan berdatangan. Sebaiknya, Anda mengacu pada ilmu getok tular yaitu mempromosikan harga murah di toko Anda dari mulut ke mulut yang dilakukan oleh konsumen Anda yang setia. Dengan demikian, Anda telah memetik keuntungan yang banyak dan berpeluang untuk memperoleh banyak langganan.

Lokasi lainnya yaitu di tepi jalan raya yang letaknya strategis; artinya bisa dilihat orang dengan mudah, dan di daerah itu merupakan daerah yang dipenuhi oleh toko-tokolain, yang tidak berjualan barang kebutuhan sehari-hari melainkan barang-barang lain. Di samping itu, di belakang serta muka toko merupakan tempat tinggal penduduk yang padat. Lebih banyak calon-calon konsumen yang berada di sekitar toko, maka peluang untuk mendapatkan langganan yang banyak akan terpenuhi.

Lokasi toko Anda bisa di pasar yaitu dengan menyewa atau membeli stan yang telah disediakan oleh pemerintah kota atau perorangan. Membeli atau menyewa stan pasar pun Anda harus memilihnya. Sebaiknya bila dapat, belilah stan yang berada dibagian depan pasar, karena stan yang berada dibagian muka akan selalu menarik pengunjung pasar itu. Bila mendapat stan di muka maka pilihlah bagian pojok yang sering dilewati oleh pengunjung pasar. Stan yang berada di dekat pintu masuk akan mudah bagi konsumen untuk mencarinya. Biasanya konsumen Anda akan memberitahukan pada orang lain di mana toko Anda berada. Lebih baiknya, agar toko Anda mudah dikenali oleh konsumen baru adalah dengan cara menuliskan nama dipapan nama bagian atas toko Anda.

Untuk memperoleh papan nama Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang mengeluarkan iklan dengan menggunakan papan nama. Karena toko Anda berada di stan paling pojok dan mudah dilihat, peluang untuk memperoleh papan nama dari perusahaan biasanya mudah didapat. Jika Anda tak berminat memberi papan nama, biasanya perusahaan akan menawari sendiri papan nama itu. Pajak iklan pun akan ditanggung oleh perusahaan yang memasang papan nama yang bergambar produk itu.

270
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment