Home » BAB VI BAGAIMANA CARA MEMPERBANYAK LANGGANAN » VI.5 BERSEDIA MENGIRIM

VI.5 BERSEDIA MENGIRIM

 

Home > Membuka Toko > Bab 6 > Bersedia mengirim

DELIVER

 

Banyak sekali toko yang menjadi customer saya tidak melakukan pengiriman apabila ada konsumen yang membeli dalam jumlah banyak. Mereka lebih suka membiarkan konsumen membawa sendiri barang belanjaannya. Saya memiliki seorang customer lain yang menjual secara partai, selalu bersedia jika langganannya meminta untuk mengirim barang belanjaannya. Pengiriman yang dilakukan oleh pemilik toko merupakan salah satu upaya untuk menambah jumlah langganan. Melakukan pengiriman bisa menjadi alternatif sebagai bentuk “keunggulan” dalam bersaing. Bila Anda memiliki sebuah toko yang bersedia mengirim barang dalam jumlah tertentu, maka bisa dipastikan toko Anda akan memiliki sejumlah pelanggan yang memesan barang lewat telepon.

Trend memesan barang melalui telepon telah berkembang pesat akhir-akhir ini, sehingga Anda harus memulai merancang toko Anda dengan melengkapi seorang pegawai yang bertugas melakukan pengiriman. Melayani pengiriman dengan sejumlah pembelian tertentu akan mendongkrak omzet penjualan toko Anda. Tidak dimungkiri, cara ini telah dilakukan berbagai usaha di luar usaha membuka toko kebutuhan sehari-hari.

Saya pernah mengunjungi seorang teman yang menjadi pasien di salah satu rumah sakit, yang tidak memiliki keluarga di Surabaya. Dia masuk rumah sakit dan menjalani rawat tinggal selama berminggu-minggu. Dokter memberikan resep tetapi tak seorang pun yang bisa membelikan karena pasien tersebut tidak memiliki keluarga. Seorang suster yang merawatnya, membantunya dengan menelepon orang apotek untuk memesan obat sesuai dengan resep. Obat itu kemudian dikirimkan dan hebatnya meskipun dalam jumlah sedikit tetap dilayani. Itulah salah satu cara untuk memperbanyak langganan dengan cara mengirim barang yang dipesan.

Untuk Anda yang memiliki usaha toko, pengiriman yang Anda lakukan tentu saja selain dapat menaikkan omzet penjualan, dapat menarik konsumen-konsumen baru untuk membeli di toko Anda. Beritahulah konsumen-konsumen baru Anda bahwa toko Anda akan mengirim barang-barang yang telah dibeli dalam jumlah tertentu sampai kerumah. Sempatkanlah membuat spanduk di depan toko, yang artinya “Anda akan mengirim belanjaan mereka sampai dirumah”. Spanduk yang Anda buat di depan toko akan menarik sekali bagi konsumen atau calon konsumen.

Memang mengirim barang belanjaan konsumen ke rumah masing-masing akan membutuhkan tenaga bila Anda sendirian. Tapi, alangkah baiknya Anda melakukan dengan seorang pegawai jika ingin omzet Anda naik melampaui target yang telah ditentukan. Membayar seorang pegawai sekaligus sebagai pengirim barang, memang menambah cash expenses Anda, tapi bila diimbangi dengan kenaikan omzet penjualan maka cash expenses yang keluar akan menjadi seimbang atau mungkin lebih menguntungkan.

245
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment