Home » BAB VI BAGAIMANA CARA MEMPERBANYAK LANGGANAN » VI.3 BARANG YANG DIJUAL LENGKAP

VI.3 BARANG YANG DIJUAL LENGKAP

Home > Membuka Toko > Bab 6 > Barang yang dijual lengkap

 

Toko yang memiliki barang lengkap akan mempunyai kesempatan besar untuk meraih konsumen lebih banyak. Seorang konsumen akan jera membeli pada toko Anda jika tiaplengkap kali ia mencari suatu barang tidak pernah tersedia di toko Anda. Berbeda jika di toko Anda terdapat barang dagangan lengkap. konsumen langsung mendapatkannya dan bila perlu akan membeli kebutuhan lain yang dianggapnya perlu. Disinilah keunggulan yang harus diusahakan oleh sebuah toko yang menjual kebutuhan sehari-hari. Namanya toko kebutuhan sehari-hari, maka barang-barang yang ada tentunya harus memenuhi berbagai kebutuhan yang diperlukan sehari-hari. Seorang customer saya menjual segala macam barang mulai dari jarum pentul sampai barang yang berharga mahal, seperti susu untuk kebutuhan anak-anak dan orang dewasa. Memang untuk memenuhi segala macam barang kebutuhan sehari-hari, modal yang dibutuhkan besar sekali.Tapi menurut anjuran, sebaiknya menyediakan barang kebutuhan sehari-hari itu sebanyak mungkin macamnya. dan peritem produk jumlahnya hanya sedikit, misalnya 3 biji saja.

Anjuran ini sangat penting karena semakin lengkap produk yang disediakan oleh toko, maka peluang mendapatkan konsumen akan lebih banyak lagi. Pembeli tidak akan membatalkan transaksinya jika barang yang disediakan sangat lengkap. Akan tetapi, bagaimana dengan pemilik toko yang hanya memiliki modal terbatas? Padahal agar toko memiliki langganan yang banyak, salah satu syaratnya adalah mempunyai barang yang lengkap,

Sebenarnya modal terbatas tidak boleh menjadi masalah dan penghalang dalam usaha ini. Memiliki usaha dengan membuka toko memerlukan ketekunan dan kesabaran. Dan untuk menyedikan produk-produk secara lengkap diperlukan modal yang cukup besar. Seorang customer saya bernama Bu Masihkah, mengawali usahanya dengan modal hanya Rp 250.000,00 di ruang tamu rumahnya yang berukuran sangat sempit, 3 meterkali 4 meter. Agar pembeli tidak kecewa, ibu ini menyediakan produk-produk yang betul-betul diminati oleh konsumen sekitar rumahnya. Caranya tiap jenis produk hanya disediakan 2 biji. Bagaimana jika ada yang membeli melebihi dari persediaan yang ada. Bu Musihkah akan menjanjikan barangnya dikirim keesokan harinya dengan “alasan” barang itu masih kosong. Adanya konsumen yang membeli lebih ini akan menjadi pelajaran berharga bagi Bu Musihkah, bahwa barang yang dijual adalah baranglaku. Dia tidak akan membeli dengan jumlah yang sama seperti sebelumnya, tetapi akan membelinya.6 biji dan sisanya yang telah terbeli itu untuk stok mendatang. Begitu seterusnya, Bu Musihkah melakukannya hingga modal yang dia kumpulkan kini telah mencapai kurang lebih 50 juta.

Pengalaman di atas bisa menjadi alternatif bagi siapa saja yang mengawali membuka toko dengan cara menyediakan barang secara bertahap. Cara lain untuk menambah jenis produk yang dijual yaitu dengan berhubungan langsung dengan salesman dari berbagai perusahaan. Meski membutuhkan waktu, tapi cara ini baik sekali bagi seorang pemula yang berusaha membuka toko, dan hanya bermodal kecil. Jangan sia-siakan momen seperti itu jika ada salesman datang belilah sedikit produk yang menurut Anda bisa laku dan bernegosiasilah jika bisa mendapatkan kredit untuk sejumlah produk.

Barang-barang yang didapatkan secara kredit dapat dijual secara maksimal hingga habis. Usahakanlah agar barang-barang tersebut bisa dijual secepatnya, karena uang tunai yang diperoleh bisa dibuat keperluan lain. Tanyalah pada salesman, kapan dia berkunjung lagi ke tempat Anda. Sehingga Anda bisa mengatur keuangan yang diperoleh dari hasil penjualan tunai untuk dibayarkan pada salesman jika datang. Seorang customer saya memberikan resep untuk mendapatkan barang dengan cepat dan menjualnya dengan cepat pula dan kemudian membayarnya. Katanya. “Sambil menunggu salesman datang. jangan lupa tanyakan kepada salesman tersebut kapan datang berkunjung lagi dan menagih. Dengan demikian, uang dapat digunakan membeli produk-produk fast moving dengan lengkap, begitu seterusnya…”

Dan yang paling berat bagi Anda jika memulai usaha hanya dengan modal kecil adalah harus menambah modal. Agar barang Anda di toko menjadi lengkap salah satu jalan yang mudah dan cepat adalah dengan menambah modal usaha. Bisa dengan cara menambahnya secara bertahap atau langsung dalam jumlah besar. Seperti yang pernah dilakukan Bu Umi, untuk melengkapi barang yang secara bertahap. Beberapa tahun membuka toko, keuntungan yang diperoleh tak pernah digunakan untuk berbagai keperluan. Untuk membayar rekening listrik, PDAM, telepon, dan membayar uang sekolah anak-anaknya masih mengandalkan uang gaji yang diterima oleh suaminya tatkala masih bekerja. Keuntungan dari usahanya terus ditambahkan sebagai modal usaha. Selain itu, jika mendapat arisan uang yang diperolehnya juga langsung dibelikan barang-barang untuk kebutuhan toko. Jadi, menambah barang di toko bisa dimulai dengan cara mengangsur.

Sementara itu, jika Anda telah memperoleh sumber dana sebaiknya langsung digunakan untuk membeli barang-barang kebutuhan toko. Sumber dana itu bisa dari bank, pegadaian, dan dari perusahaan atau agen. Untuk sumber dana dari perusahaan dan dari agen bisa Anda peroleh setelah toko Anda beroperasi. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda bisa menarik hati pemilik toko agen dan jangan selalu “menolak” salesman yang datang. Karena kedatangan salesman akan mengundang salesman-salesman lain datang ke toko Anda, untuk memberikan barang sebagai pelengkap toko Anda.

635
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment