Home » BAB VI BAGAIMANA CARA MEMPERBANYAK LANGGANAN » VI.2 MEMBERSIHKAN dan MERAPIKAN ΤΟΚΟ

VI.2 MEMBERSIHKAN dan MERAPIKAN ΤΟΚΟ

Home > Membuka Toko > Bab 6 > membersihkan dan merapikan toko

 

membersihkan toko minimarket mandiri

Toko yang bersih dan rapi akan menjadi pesona tersendiri bagi seorang konsumen. Saya memiliki seorang customer yang tokonya terletak di kota yang miskin penduduknya, namun banyak sekali konsumen yang datang ketoko tersebut. Setelah saya mengamati dan membandingkannya dengan toko-toko lain di sekitar toko itu, termasuk yang ada di kota besar, ternyata toko milik customer saya adalah toko yang amat bersih dan rapi. Sebelum toko buka, kaca-kaca etalasenya dibersihkan dahulu sampai mengkilat. Barang-barang yang datang segera dilabeli dan diatur dengan rapi di rak masing-masing. Di dekat pintu masuk disediakan tong sampah. Gudang untuk barang-barang persediaan terletak di belakang toko, dan di dalam toko tidak ada barang-0barang yang berserakan. Jika ada kotoran-kotoran yang tercecer, pemilik toko segera memerintah karyawannya segera membersihkan.

Toko yang bersih dan rapi tentu sangat menyenangkan konsumen. Produk-produk yang disusun dengan baik di etalase, di rak-rak toko, dan gudang sesuai golongan dan jenisnya; akan membuat etalase, rak, dan gudang tersebut tidak berantakan karena barang yang diperlukan akan mudah didapatkan. Susunan barang yang rapi di toko akan aman dari sentuhan binatang seperti kecoa dan tikus. Tikus inilah musuh yang paling berbahaya bagi toko Anda. Barang-barang Anda akan rusak oleh gigitan tikus-tikus jika tidak disusun dengan rapi. Sehingga menyebabkan kerugian besar jika barang yang Anda beli itu adalah barang-barang yang tidak dapat dikembalikan pada pemasok,

Sebaiknya Anda menyusun barang-barang itu sesuai dengan golongannya, misalnya jenis makanan dengan makanan, sedangkan yang bukan makanan Anda susun dengan yang bukan makanan. Jika Anda mengaturnya secara campur aduk juga akan merugikan Anda sendiri. Misalnya, makanan yang Anda jual itu Anda campur dengan sabun, maka makanan itu pasti akan beraroma sabun. Makanan seperti ini tidak akan laku dijual dan jika Anda memaksa, maka konsumen akan jera untuk membelinya pada Anda.

Memang, keteraturan susunan barang-barang Anda di toko juga dapat memberikan manfaat agar konsumen dengan mudah mendapatkan barang yang dikehendaki. Kebersihan toko di samping sangat menarik bagi pembeli, juga mengurangi kerugian akibat dirusak oleh binatang. Pembeli akan senang dengan barang-barang yang dibelinya karena nampak baru dan bersih. Pemandangan toko yang serba teratur juga dapat meningkatkan konsentrasi konsumen untuk mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan di luar rencana semula. Jadi, pembeli tidak khusus membeli barang tertentu saja, tetapi akan membeli barang lain. Dengan melihat barang yang diatur rapi akan teringat pada barang yang memang dibutuhkan tapi lupa mencatatnya.

717
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment