Home » BAB VI BAGAIMANA CARA MEMPERBANYAK LANGGANAN » VI.1 PELAYANAN YANG BAIK

VI.1 PELAYANAN YANG BAIK

Home > Membuka Toko > Bab 6 > Pelayanan yang baik

 

COSTUMERSERVICE

Pelayanan merupakan bagian terpenting dari usaha apa pun. Suatu usaha tanpa memiliki pelayanan yang baik, maka usaha yang Anda jalankan bisa dipastikan akan berumur pendek. Untuk memiliki usaha agar berumur Panjang tentunya Anda harus memiliki langganan yang jumlahnya banyak yaitu dengan memberikan pelayanan vi baik. Memang pelayanan yang baik. tidak akan membawa dampak secara langsung karena pelayanan itu tidak memiliki bentuk, tetapi hanya bisa dirasakan oleh konsumen secara berulang-ulang. Biasanya perusahaan-perusahaan yang hanya menjual “jasa” selalu mementingkan pelayanan sebagai wujud dari produk yang dijualnya. Misalnya perhotelan akan selalu mengutamakan pelayanan atau service kepada para tamunya selain sarana hotel yang dimiliki. Asuransi dan tours-travel Juga menjual pelayanan, begitu pula dengan usaha-usaha yang tidak memiliki produk, menjual pelayanan sebagai produk utamanya. Karena dengan adanya pelayanan yang baik, usaha yang Anda dirikan memiliki nilai lebih.

Tidak berbeda dengan usaha toko milik Anda, pelayanan juga menjadi bagian penting dalam upaya memperbanyak langganan. Siapa saja jika membeli sesuatu pada sebuah toko, tentunya akan merasa senang bila dilayani dengan baik. Saya dengan istri saya selalu pergi ke sebuah toko, yang menurut saya toko itu relatif jauh dari tempat tinggal saya. Saya juga sering mengatakan kepada istri saya. sebaiknya membeli barang-barang untuk kebutuhan sehari-hari di toko dekat rumah saja. Tapi istri saya mengatakan bahwa toko di dekat rumah tidak memberi pelayanan yang baik jika kami datang. Berbeda dengan toko yang selalu kami kunjungi tiap kali berbelanja. Dalam pengamatan saya. toko kecil itu pemiliknya selalu ramah. Karena toko itu diberi pintu di depannya maka setiap kali ada pengunjung datang, pegawainya selalu membukakan pintu dan mempersilakan masuk. Begitu pula dengan kasirnya selalutersenyum, menghitung dengan benar belanjaan setiap orang, dan selalu mengucapkan terima kasih bila pengunjung telah meninggalkan tokoitu. Kesan inilah yang akan mengundang siapa saja untuk datang ke toko yang selalu memberi pelayanan yang baik.

Pelayanan dalam usaha merupakan faktor penentu bagi perkembangan toko Anda selanjutnya. Hubungan yang harmonis antara pembeli dan pemili toko harus berjalan dengan baik. Para konsumen harus tetap dilayani dengan baik, tidak memandang apakah konsumen yang hanya lewat atau konsumen tetap. Jika Anda telah memberikan image yang baik tentang pelayanan, maka akan membantu untuk memperbanyak langganan. Orang lebih senan membeli di toko Anda dengan harga . mungkin lebih mahal tetapi memiliki pelayanan yang baik. daripada membeli ketoko yang menjual dengan harga murah tapi tidak memberi pelayanan dengan baik.

Pelayanan yang baik bisa berupa melayani” dengan hati riang; menjumlah barang-barang dengan harga yang sesuai, jujur, menipu memberikan barang yang baru dan dalam kondisi baik pada konsumen: dan memberikan kembalian dengan tepat. dan tidak menipu sangat diperlukan dalam usaha membuka toko, karena dengan memberikan keterangan akan barang dengan jujur, konsumen akan merasa dibantu untuk mengatasi kesulitannya mencari-cari barang tertentu. Konsumen merasa lega karena dibantu untuk mendapatkan barang komplementer jika barang yang dicarinya habis. Anda juga dituntut bersabar melayani konsumen yang sedang mencari-cari barang yang dikehendakinya, tanpa harus membentak-bentak sehingga konsumen tidak ragu-ragu terhadap barang yang dicarinya. Sebaiknya Anda mengarahkan, memberi saran. dan membantu pembeli untuk mengambil keputusan. Konsumen yang bingung pada suatu pilihan barang akan sulit untuk mengambil keputusan. Untuk itu, Anda harus dapat membantunya untuk mengambil keputusan. Bagaimana jika yang melayani anak-anak, pembantu, atau anggota keluarga yang belum mengerti akan pelayanan? Pada anggota keluarga sebaiknya diberitahukan bahwa pelayanan sangatlah penting untuk perkembangan toko Anda Sebagai pelajaran yang baik, Anda harus memberikan contoh pada anggota keluarga dengan tingkah laku atau cara-cara melayani konsumen dengan baik.

Melayani sepenuh hati akan memberi energi pada Anda akan usaha yang Anda jalani. Semua pekerjaan yang dijalankan dengan sepenuh hati dan tanpa harus mengeluh akan bermanfaat pada diri Anda sendiri. Anda akan termotivasi untuk selalu “antusias” melawani konsumen. Begitu Anda melihat ada calon konsumen datang, Anda akan dengan senang hati melayaninya. Begitu pula pada pihak konsumen akan merasa gembira dan senang melihat Anda yang bersemangat. Situasi dan kondisi yang menyenangkan akan mempermudah konsumen untuk mendapatkan barang yang dicari. Pemilik toko pun dapat dengan leluasa menawarkan produk baru jika barang yang dikehendaki konsumen tersebut tidak ada.

Situasi dan kondisi yang baik yang terjadi pada suatu saat akan dapat mempercepat seseorang mengambil keputusan. Seperti pengalaman saya jika datang ke suatu toko, saya akan segera menyapa pada pemilik toko dengan riang, walau pemilik toko yang saya datangi mungkin sedang “sedih”jika tokonya sepi. Saya menyampaikan segala informasi dengan positif dan menyenangkan. Setelah pemilik toko merasa senang dengan komunikasi yang terjadi, barulah saya mengajak dia untuk segera mengambil keputusan atas sejumlah barang pada saya. Transaksi yang terjadi di luar dugaan, karena pemilik toko akan memesan barang melebihi kuota yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Anehnya, customer saya akan selalu membeli produk-produk yang saya tawarkan meskipun barang yang dia miliki masih banyak di gudang. Tapi karena saya datang dengan sepenuh hati, maka customer saya membelinya juga. Pekerjaan yang Anda lakukan dengan sepenuh hati itu akan memberikan energi dan memancar pada orang yang berada di hadapan Anda. Jika Anda seorang pemilik toko maka konsumenlah yang sering berhadapan dengan Anda, dan saat ini menanti untuk dilayani dengan sepenuh hati dan ramah.

Sabar dan jujur merupakan ciri khas yang dimiliki oleh pemilik toko yang berhasil. Dahulu di depan rumah saya ada seorang tetangga yang membuka toko dan sangat laris. Menurut saya, barangkali hanya dialah satu-satunya di tempat itu yang memiliki toko barang-barang yang paling lengkap Tidak lama kemudian ada toko baru di berjualan tidak jauh dari toko itu. Toko yang baru dibuka kecil dan jauh dibanding dengan tok yang ada di depan rumah saya. Ibu saya sering membeli pada toko di depan rumah Sy tapi selalu mengeluh karena pemiliknya tidak sabar jika melayani, serta sering menaikkan harga walau sebelumnya telah mengatakan dengan harga tertentu. Karena selalu diperlakukan seperti itu, akhirnya ibu saya membeli ketoko kecil itu yang pemiliknya ramah, sabar, dan jujur, serta melayani ibu dengan sepenuh hati. Walau menyadari barang-barang yang dimilikinya tidaklah selengkap toko di depan rumah, pemiliki toko kecil itu dengan sepenuh hati berjanji akan mencarikan kebutuhan ibu saya, untuk keesokan harinya. Begitulah, ibu terus berbelanja di toko kecil itu. Setelah kami pindah rumah dan sekarang bertemu dengan salah seorang tetangga, saya sempat menanyakan apakah toko di depan rumah saya masih ada. Tetangga saya mengatakan bahwa toko di depan rumah saya telah tutup, dan sekarang hanya toko kecil itu yang masih berjualan. Menurutnya, kini telah menjadi toko yang sangat besar, tidak saja melayani pembeli secara eceran tapi juga melayani pembeli-pembeli secara partai.

Pelayanan yang baik akan meningkatkan omzet penjualan toko melalui langganan-langganan Anda. Cash in flow Anda akan meningkat sehingga Anda bisa membeli lagi barang-barang yang telah habis di toko dan menambah sedikit longgar cash expenses yang perlu. Tentu saja, keuntungan yang Anda dapat akan berlipat jika langganan Anda semakin banyak.

360
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment