Home » KEMANA MENCARI BARANG MURAH? » V KEMANA MENCARI BARANG MURAH ?

V KEMANA MENCARI BARANG MURAH ?

Home > Membuka Toko > Bab 5 >

 

barang murah

Sebagai kunci agar toko Anda bisa bersaing dengan toko-toko lain. Anda dituntut agar pandai mencari peluang untuk mendapatkan barang murah. Barang murah yang Anda dapat tentunya akan bisa dijual murah pula dengan mengambil keuntungan sesuai yang Anda kehendaki. Mengapa mencari barang murah, menurut pengalaman yang telah disampaikan oleh banyak customer bahwa toko yang menjual dengan barangbarang murah akan mendapat simpati para konsumennya. Terutama pada awal Anda membuka sebuah toko, Anda harus menanamkan image”murah” pada toko Anda. Hal ini sangat menentukan langkah perkembangan toko selanjutnya. Jika tidak, konsumen yang datang akan menganggap bahwa semua barang yang Anda jual pasti berharga mahal.

Toko yang menjual barang-barang berharga murah akan selalu didatangi konsumen. Konsumen tidak akan menanyakan lengkap atau tidaknya barang, atau besar kecilnya toko, tapi murah atau tidaknya toko itu menjual suatu barang. Jika seseorang telah merekomendasikan bahwa barang-barang yang dijual itu murah, maka konsumen tersebut tidak sangsi lagi untuk membeli di toko Anda. Bila orang tersebut mengatakan bahwa toko Anda menjual barang-barang dengan mahal, tentunya konsumen tersebut tidak akan datang ke toko Anda tetapi akan mencari toko lain yang barangnya berharga murah. Begitu pula dengan Anda dan saya, bila membeli sesuatu pasti akan mencari informasi di mana toko yang menjual barang dengan murah. Kecuali bila Anda membutuhkan barang itu dalam keadaan mendesak. Jika tidak, tetap saja Anda akan berbelanja di toko-toko yang menjual barang dengan murah.

Memberikan image murah pada toko tidak saja perlu dilakukan oleh pemilik toko yang bermodal tidak besar karena membuat image murah ini sangat penting dan menentukan, tentunya Anda dituntut kreatif untuk mencari barang murah itu, seorang customer saya, pada siang hari menutup tokonya, padahal supaya toko berkembang tentunya harus menambah jam buka. Tapi customer saya berbeda, pada saat tokonya ditutup dia pergi ke pusat-pusat perdagangan yang menjual barang murah. Apabila tidak mendapatkan barang yang diinginkan, dia pun akan mencarinya sampai ke pusat perdagangan kota lain. Dia menghubungi salah satu pemilik agen yang menjual barang-barang murah tersebut. memintaalamatserta menelponnya suatu hari jika telah membutuhkan barang tersebut. Tapi sayangnya, cara ini hanya untuk pembelian dalam jumlah besar.

Begitu pula jika Anda membeli pada pemasok. Pilihlah pemasok yang termurah dalam menjual barangnya, walau dianjurkan tetap berhubungan dengan pemasok lain. Sekarang ini banyak sekali distributor obat-obat bebas yang memegang lisensi distribusi barang-barang yang berasal dari pabrik yang sama. Tiap distributor akan memberikan diskon yang berbeda dengan yang lainnya, untuk itu Anda harus bisa menyeleksi distributor mana yang menjual barang tertentu paling murah. Belilah barang yang paling murah tersebut pada salah satu distributor dan belilah barang lain pada distributor lainnya dengan harga yang murah pula. Dengan demikian, Anda memiliki hubungan yang banyak dengan distributor, dengan cara membeli barang yang murah-murah saja.

Bila Anda berhubungan dengan seorang salesman dan kebetulan hanya dia yang memiliki barang itu, maka mintalah diskon yang tertinggi agar barang yang Anda peroleh itu bisa dijual dengan murah. Ini dapat terjadi jika ada salesman yang datang ketempat Anda. Tapi jika tidak, sebaiknya Anda mencarinya keluar. Mencari barang-barang untuk keperluan toko memang membutuhkan kesabaran, ketelitian, kegigihan, dan harus berani berspekulasi. Misalnya, Anda tidak pernah menjual barang tertentu di toko Anda dan mendapati barang baru, maka Anda dituntut untuk berani berspekulasi. Dengan mempertimbangkan bentuk barang dagangan serta harga yang dimilikinya, Anda bisa menafsirkan apakah barang itu akan laku atau tidak jika dijual di toko Anda.

Berani berspekulasi membeli barang memang berkaitan dengan cash flow Anda. Jika barang yang Anda beli ternyata tidak laku, maka ada sedikit gangguan terhadap cash flow Anda. Sebaliknya, bila ternyata barang itu laku maka cash flow Anda tidak akan terganggu sama sekali. Risiko dalam membeli barang tidaklah begitu besar bila dibanding risiko akibat kalah dalam berjudi. Membeli barang yang kemudian tidak laku dijual, risikonya paling hanya barang habis masa kadaluwarsanya, kemasan produk memudar atau rusak karena digigit tikus. Sedangkan bila Anda rugi akibat berjudi maka uang Anda akan habis tanpa bekas.

Anda juga membutuhkan ketelitian untuk menyeleksi barang-barang yang Anda beli secara mendetail terutama masa kadaluwarsa produk. Mengenai hargajuga perlu Andateliti apakah cocok dengan barang yang sudah diterima, baik ukuran maupun jenisnya. Apakah jumlah uang yang Anda bayarkan telah sesuai dengan jumlah produk yang Anda terima? Mengenai harga. apakah Anda telah dengan benar memberikan label harga jual yang sesuai dan masuk akau denganhargabeli dengan menambahnya beberapa persen yang Anda inginkan? Ketelitian amat diperlukan untuk mencegah kesalahan kesalahan yang Anda perbuat. Biasanya banyak pemilik toko yang kurang peduli dengan harga barang yang telah dibelinya. Tak jarang mereka salah dalam memberi harga jual sehingga tujuan untuk mendapatkan harga murah malah mengalami kerugian karena menjual di bawah harga beli. Atau menjual barang dengan harga yang over price sehingga konsumen jera membeli ditoko Anda

Kesabaran juga penting bagi Anda karena untuk mendapatkan barang murah, Anda ha datang ke tempat-tempat tertentu seperti toko agen, dan biasanya toko agen sangat ramai dengan pembeli. Customer  saya memiliki cara untuk menyiasati agar waktu yang dimiliki tidak dibuang percuma hanya dengan menunggu. Menunggu memang membosankan apalagi menunggu di tempat yang kurang nyaman. Toko agen tidak menyediakan tempat pembeli dibiarkan berdiri berlama-lama. Itulah kelemahan bagi seorang pengusaha toko agen yang tidak mau memperhatikan masalah pelayanan bagi pelanggannya. Customer saya biasanya memberikan catatan barang-barang yang akan dibelinya, kemudian meninggalkannya. Kemudian ia menjemput anaknya pulang sekolah dahulu, atau ke kantor pos, bayar listrik, air, atau mencari barang ditempat lain. Setelah menyelesaikan keperluan-keperluannya, ia kembali ke toko agen yang telah menerima catatan barang yang akan dibelinya. Sesampainya di toko agen tersebut, barang-barang yang diinginkan telah siap dan tinggal mengangkutnya. Itulah cara dia untuk menyiasati agar tidak berlama-lama menunggu.

Kegigihan harus pula dimiliki oleh seorang pemilik toko. Apabila Anda gampang menyerah, tentu barang yang Anda inginkan tidak sampai ke tangan Anda. Barang-barang murah bisanya berada di tempat-tempat yang tidak bisa Anda duga. Mungkin minggu ini Anda mendapatkan di toko yang biasa Anda tuju, esok mungkin Anda mendapatkan barang murah yang lain di toko lain pula. Dengan demikian, banyaklah berkomunikasi dengan pemilik toko agen dan tanyakan selalu bila ada barang yang berharga murah. Istilahnya. carilah barang “gangdo”. Barang beristilah ini menurut etnis Tionghoa adalah barang murah yang umumnya di bawah standar harga pemasok. Barang-barang “gangdo” inilah yang akan membuat Anda bersemangat karena akan memberikan keuntungan lebih besar dibanding jika Anda membeli dengan harga normal.

Sekarang akan timbul pertanyaan, kemana sebenarnya harus mencari barang murah selain kepada toko agen. Menurut seorang customer yang saya hubungi, barang murah itu bisa diperoleh dari agen-agen yang berada di pusat-pusat perdagangan, dari berbagai supplier yang datangketokokita, serta toko-toko hipermarket seperti Makro dan Indogrosir.

  1. Toko Grosir di Pusat Perdagangan

  2. Barang Murah dari Toko Agen

  3. Barang Murah dari Salesman Free Lance

  4. Dari Hipermarket : Makro, Indogrosir, dan lain-lain

  5. Membeli pada Supplier/Perusahaan

1361
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment