Home » BAB V » V. 1 Toko Grosir di Pusat Perdagangan

V. 1 Toko Grosir di Pusat Perdagangan

Home > Membuka Toko > Bab 5 > Toko Grosir di Pusat Perdagangan

 

toko grosir

Yang dimaksud dengan toko grosir dipusat perdagangan adalah toko besar yang berada di pusat-pusat perdagangan yang menjual barang-barangnya secara partai. Toko grosir biasanya

menjual beraneka produk yang berasal dari berbagai produsen baik yang berada di dalam negeri ataupun dari luar negeri. Misalnya di Surabaya, pusat perdagangan yang banyak memiliki toko grosir dan terkenal adalah di wilayah seputar Kembang Jepun. Di wilayah seperti inilah banyak berdiri toko-toko grosir yang menjual barang-barang dalam jumlah besar dan berharga murah. selain merupakan toko yang besar ada beberapa yang menjadi distributor resmi produk-produk dari suatu produsen. Biasanya toko grosir yang menjadi distributor suatu perusahaan, selain menjual produk beraneka, juga menjual produk spesial dari produsen tertentu yang melimpahkan pendistribusian ke toko grosir tersebut. Dari distributor itulah Anda akan mendapatkan barang murah. Selain itu. Anda akan mendapatkan barang-barang murah, yang merupakan produk impor. yang akhir-akhir ini membanjir. Produk-produk impor yang tidak ternama akan menambah keuntungan toko Anda bila Anda bisa mendapatkan dengan harga murah. Hal ini juga tergantung pada Anda sebagai pemilik toko. Seperti yang dianjurkan tadi bahwa untuk mendapatkan barang murah harus berani berspekulasi. Hanya dengan keberanian untuk berspekulasi, Anda pasti akan membeli barang-barang impor yang beraneka ragam. Bila menurut tafsiran Anda barang-barang itu pasti akan laku, maka belilah barang-barang itu. Sebaliknya, bila menurut tafsiran barang itu tidak laku, maka janganlah Anda mengambil keputusan untuk membeli barang itu. Dan untuk menimbulkan keberanian dalam mengambil keputusan, Anda harus belajar. Belajar dan terus belajarlah agar Anda terbiasa untuk mengambil keputusan membeli produk yang menurut Anda bisa laku.

Untuk mendapatkan barang murah dari toko grosir, Anda juga dituntut agar mau berkeliling. Anda berhak mengunjungi tokotoko grosir itu dan menanyakan barang yang Anda perlukan. Bandingkanlah harga-harga yang telah Anda dapat itu, apakah di toko yang pernah Anda kunjungi tadi lebih murah atau mahal untuk jenis produk tertentu. Jika ternyata lebih murah di tempat yang baru, mulailah untuk menanyakan barang-barang lain yang Anda perlukan dan bandingkan lagi dengan harga yang telah Anda peroleh di tempat sebelumnva. Dan jika ternyata murah

juga, maka pilihan Anda untuk berbelanja di toko grosir itu telah tepat.

Kadang-kadang banyak pemilik toko yang enggan untuk berkeliling mencari produk yang sama di tempat lain. Jika telah berbelanja di suatu tempat tidak mau pindah ketempat lain, sehingga pemilik toko tidak mengetahui adanya perkembangan mengenai produk-produk baru yang bisa menguntungkan bila dijual kembali. Seorang customer saya bila siang hari tokonya telah tutup, akan pergi ke pusat-pusat perdagangan dan mencari barang-barang baru untuk mengisi tokonya. Misalnya saja alat-alat tulis selalu digantinya dengan merek-merek lain. Tujuannya adalah mendidik para konsumennya untuk tidak tergantung pada merek tertentu, tetapi selalu berorientasi pada model-model yang baru. Alat-alat tulis yang selalu berganti model akan menguntungkan sekali. Dan adanya barang baru akan menjadikan toko Anda lebih semarak.

Memburu barang yang baru saja diiklankan harus Anda lakukan segera, karena produk yang baru saja diiklankan biasanya banyak sekali peminatnya. Sementara itu, produsen belum begitu merata mendistribusikannya. Kelangkaan akan barang dapat “mendongkrak” harga barang itu sendiri. Sehingga jika Anda telah mendapatkan barang itu dengan cepat, berarti Anda telah memperoleh peluang mendapatkan harga yang layak sebelumbarangitu jatuh ketangan pihak ke tiga. Catatlah selalu event-event tertentu untuk barang-barang yang selalu laku setelah iklannya ditayangkan di televisi. Misalnya. barang-barang Unilever akan selalu laku setelah produknya diiklankan di televisi. Begitu juga dengan produk-produk yang dihasilkan oleh produsen terkenal lainnya.

Mencari barang murah di toko grosir juga diperlukan strategi dengan caramau mendekati pemilik toko grosir. Jika Anda telah mengenal pemilik toko dengan baik dan telah seperti keluarga, maka persoalan harga akan menjadi nomor satu. Pemilik toko akan memperlakukan Anda sebagai partner usaha untuk selamanya. Tidak jarang Anda akan diberikan barang-barang murah yang mungkin tidak akan pernah Anda peroleh di tempat lain. Seperti pada istilah di atas, pemilik toko-toko grosir yang telah menganggap Anda sebagai “hoping” akan selalu memperhatikan Anda dengan memberikan barang “gangdo”. Tidak jarang setelah Anda menjadi “hoping” pemilik toko, Anda telah menemukan sumber dana yang mungkin tak bisa ditandingi bila dibanding dana yang berasal dari bank. Anda memperoleh kredit dari bank melalui berbagai birokrasi, tapi bila Anda telah menjadi “hoping” pemilik toko grosir, maka Anda telah memiliki sumber dana yang murah dari toko grosir itu. Anda pasti akan diberi kredit berupa barang yaitu dengan membayar barang-barang itu menggunakan giro bilyet satu bulan kemudian, atau membayarnya dengan uang tunai tepat pada satu bulan kemudian pula bila Anda tidak memiliki girobilyet atau cek. Itu semua merupakan cara-cara mendapatkan barang murah dan sumber dana murah.

1556
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment