Home » ARTIKEL » Pedoman Praktis membuka toko Sendiri

Pedoman Praktis membuka toko Sendiri

Home > Membuka Toko

Kata Pengantar

 

Mengelola toko kebutuhan sehari-hari selain dilakukan secara sambilan, ada. pula yang dilakukan sebagai usaha untuk memperoleh sumber penghasilan utama. Caranya sangat sederhana, yaitu berprinsip pada barang laku dan mendapat untung. Toko bisa dikelola oleh semua anggota keluarga tanpa memandang keterampilan khusus yang dimilikinya. Pekerjaan membuka toko sangat gampang, karena tidak membutuhkan keahlian khusus. Pada prinsipnya, untuk dapat mengelola toko, pengelola cukup hanya “hafal” pada harga beli dan harga jual serta jenis barang yang dijual.

Usaha membuka toko sebenarnya dapat menjadi suatu sumber penghasilan yang tak tertandingi jika dikelola dengan baik dan terencana. Buku ini akan membantu memberikan pelajaran bagi mereka yang berminat membuka usaha toko agar bisa terencana dengan baik. Di sampingitu, penting pula bagi mereka yang baru mulai atau yang sudah lama membuka toko untuk melakukan evaluasi ulang, apakah usahanya telah sukses berkembang sesuai yang diharapkan.

Buku ini akan menjadi pedoman praktis yang dapat memberikan “solusi” bagi Anda bagaimana membuka toko sebagai salah satu alternatif untuk menciptakan pekerjaan yang mudah dan sederhana. Serta memberi tambahan informasi bagi para manajer penjualan dan para salesman, untuk “mengedukasi” pentingnya mengelola toko dengan benar, yang berkaitan dengan kelangsungan hidup berbagai perusahaan yang ada.

Pada kesempatan ini penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap relasi yang telah memberikan banyak informasi mengenai kunci sukses sebagai pengelola toko, sehingga buku ini dapat terselesaikan. Relasi-relasi yang penulis maksud adalah para customer yang tersebar di seluruh kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Beberapa di antaranya adalah Koh Hok San, Budi. Mas Rochim, Alm. Hj. Asti, Mbak Umi. Bu Musikah, Bu wara, Mas Jonet, Koh Son8 Gun, Koh Afuk, Budi (Ayoung), Hendra, Koh Ayen, Cik Lily, pemilik toko Happy, pemilik toko Makmur, pemilik toko Abadi, Koh Acong (nama samaran), dan semua pihak yang ឍya tidak mungkin penulis sebutkan satu persatu.

Ucapan terima kasih disampaikan juga kepada istri penulis, Yetti Indah, yang meskipun dalam kondisi sakit mau menemani penulis mencari penerbit, hingga buku ini diterbitkan. Juga pada putra penulis, Christian dan Kelvin, yang memberi semangat dalam menyelesaikan tulisan ini. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada penerbit, yang telah sudi memberikan kesempatan kepada penulis untuk menuliskan buku yang menurut penulis sangat sederhana tapi bermanfaat bagi orang banyak. Serta kepada para staf redaksi, penulis ucapkan terimakasih, karena telah membantu mengedit tulisan ini sehingga menjadi bacaan yang enak untuk dibaca. –

Akhirnya, segala saran. tanggapan, dan kritik atas buku ini akan diterima dengan tangan dan hati terbuka, karena akan merupakan bahan yang amat berharga bagi sempurnanya isi buku ini.

Surabaya, Januari 2002 Penulis

Frans M Royan

Baca selengkapnya : Buku Membuka Toko Alternatif Usaha Mandiri

203
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment