Home » Seputar Dunia Bisnis » Margin Rendah, Rahasia Sukses Jeff Bezos Membangun Amazon

Margin Rendah, Rahasia Sukses Jeff Bezos Membangun Amazon

Bezos2

Dua kata: margin rendah. Itulah rahasia kesuksesan dari Amazon. Ketika kita mengatakan itu, kedengarannya itu gila. Tapi, Jeff Bezos melihatnya sebagai keuntungan yang kompetitif. Amazon sudah menghabiskan satu dekade dan setengahnya demi membuat margin rendah menjadi suatu hal yang menguntungkan. Menurut Bezos, ketika Anda tidak terobsesi atau hanya fokus dengan margin yang tinggi, akan ada disiplin yang melekat tentang bagaimana Anda beroperasi. Namun Bezos pun tidak mengatakan bahwa margin tinggi hanya untuk mereka yang pemalas. Tapi, Anda bisa menyebutnya sebagai poin penting dari sebuah kebanggaan. Semua orang bisa bertahan di margin yang tinggi. Namun, butuh orang yang sejatinya bersungguh-sungguh untuk bertahan dan berkembang di margin rendah. Dan, Jeff Bezos adalah orangnya.

Bezos cukup jelas dan tegas menjelaskan mengenai dikotomi margin tinggi dan margin rendah. Dalam wawancara dengan Wired, ia mengatakan; “Ada dua cara untuk membangun perusahaan yang sukses. Pertama adalah berkerja sangat-sangat-sangat keras agar bisa meyakinkan konsumen untuk membayar margin yang tinggi. Kedua, adalah dengan berkerja sangat-sangat-sangat keras untuk menawarkan margin rendah pada para konsumen.” Dan, ia adalah orang yang memilih opsi yang kedua itu. Mengapa? Karena ia percaya, dengan menawarkan kemungkinan harga terendah, akan membuatnya bisa menarik basis konsumen yang besar. Berikut ini adalah skema margin dua banding dua dari Jeff Bezos:

lowmargin

low margin

Jeff sudah memilih posisi di atas kiri dari skema matriks – margin rendah dengan volume tinggi. Ia sudah membuktikan jika ada bisnis besar yang bisa berkembang di sana. Ini jelas lebih baik dibanding margin rendah dengan volume yang juga rendah; itu salah satu jalan menuju kehancuran. Ia menggambarkan keadaan dunia teknologi sekarang berfokus pada margin tinggi, dengan volume bisnis yang rendah hingga membuat perusahaan bertarung habis-habisan untuk memenangkan perhatian konsumen, dan menjual perangkat lunak bermargin tinggi atau perangkat keras pada jumlah konsumen yang relatif kecil. Padahal menurutnya, kemampuannya untuk menunjukkan profitabilitas margin rendah, membuatnya bisa mengumpulkan basis konsumen terbesar. Kemampuan untuk mengeksekusi margin rendah telah menjadikan Bezos mampu memperbesar kombinasi produknya dan menarik konsumen yang bahkan lebih besar basisnya.

Jadi, apa yang diperlukan untuk bertahan di pilihan margin rendah? Jawabannya adalah efisiensi. Efisiensi yang luar biasa. Bezos bahkan sudah terobsesi dengan efisiensi sejak hari pertama. Dan, efisiensi tersebut tersebar hingga ke seluruh titik peruusahaannya. Bezos telah membangun sistem distribusi yang membuat Amazon bisa memberikan apapun di manapun (setidaknya di mana saja di Amerika) pada setiap waktu yang dimungkinkan untuk menghasilkan uang, walau sekecil apapun itu. Efisiensi itu telah memungkinkan Amazon untuk menawarkan Amazon Prime, yang menyediakan pelayanan gratis selama dua hari sembari tetap menghasilkan uang (baiklah, di sini kita ketahui jika Amazon Prime tidak benar-benar gratis, tapi ia telah mendekati konsumen hingga meningkatkan volume pesanan). Amazon juga benar-benar fokus dalam penurunan biaya terhadap pelayanan konsumen. Tapi itu tidak serta-merta berarti Amazon mengabaikan kebutuhan konsumen. Mereka hanya ingin bekerja keras untuk memuaskan konsumen dengan cara yang berbeda; yakni meminimalkan campur-tangan tenaga manusia sebisa mungkin. Sebagai gantinya, Amazon menawarkan pelayanan melalui online – di mana saat ini, Amazon menempati urutan pertama paling tinggi pelayanan dan promosi via internet.
jeff-bezos

Obsesi Bezos dengan efisiensi, mungkin bisa dilihat dengan jelas dalam Amazon Web Services (AWS). AWS adalah perpanjangan dari infrastruktur teknis Amazon itu sendiri (pengembangannya sendiri dibiayai dan dibawahi naungan Amazon). Bezos selalu bertekad untuk membuat AWS menyediakan buku-buku dengan cara yang sama – volume tinggi, margin rendah. Selain itu, Bezos tidak bersedia menggunakan ‘produk apa adanya’ untuk mendapatkan harga terendah. Harga yang rendah dengan kualitas tinggi telah membuat AWS menjadi tulang punggung mayoritas website besar di dunia saat ini, seperti Foursquare dan New York Times.

Jeff menegaskan bahwa; “hal terhebat yang bisa Anda lakukan adalah membuat kesalahan” dan, sebagai hasilnya, “Amazon mampu fokus pada cacat-cacat kecil dan memusnahkan mereka hingga ke akar-akar. Itu akan mengurangi biaya, karena segalanya akan bekerja”. Sepertinya Bezos benar, semuanya bekerja dengan baik. AWS kini telah menjadi bisnis yang besar, secara bersamaan juga meningkatkan efisiensi infrastruktur Amazon itu sendiri – ini seperti menyelam sambil minum air, kemenangan ganda.

Margin rendah tak selamanya sesuai dengan strategi yang dipilih setiap orang. Ini adalah bisnis yang keras, dan tak kenal ampun. Tapi, Jeff Bezos adalah tipe orang yang benar-benar mengenali model bisnis yang dipilihnya dan mampu menjalankannya dengan strategi yang sempurna. Dengan mengurangi biaya dan meningkatkan kualitas melalui obsesinya terhadap efisiensi, Amazon akhirnya bisa berdiri dengan memberikan pelayanan terbaik dengan harga yang minimal. Keadaan ini jelas sulit disaingi oleh banyak orang. Dan, tentunya itulah yang Jeff suka.

Tentu saja jika Jeff juga bertindak selayaknya konsultan bagi dirinya sendiri, Jeff harus jujur dan menunjukkan, memang, kuadran atas kiri pada skema di atas akan selalu menjadi hasil yang paling diinginkan. Matriks dalam skema tersebut adalah tak terkecuali. Kemampuan untuk memberikan volume dan margin tinggi seperti hadiah dari surga. Selalu ada alasan mengapa Apple menjadi perusahaan paling berharga di dunia dan memiliki $97 miliar dollar di bank. Mereka telah berhaisl memecahkan kode untuk meraih volume dan margin tinggi. Seperti juga Google (yang memiliki $44 miliar di bank) dan Microsoft (yang mempunyai $50 miliar di bank). Tapi, ketahuilah, ketika menyinggung tentang volume tinggi dengan margin rendah, Amazon adalah satu-satunya yang paling baik yang pernah ada.

(Sumber : www.startupbisnis.com)

415
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment