Home » Seputar Dunia Bisnis » 5 (lima) Cara Mensukseskan Produk Baru Anda di Pasaran

5 (lima) Cara Mensukseskan Produk Baru Anda di Pasaran

5(lima) cara mensukseskan produk baru Anda di Pasaran

www.rajarakminimarket.com | Artikel membuka usaha atau toko

Membuka sebuah usaha dan menawarkan produk baru yang anda miliki tentu bukanlah sebuah tantangan yang mudah. Selain kualitas produk itu sendiri, masih ada banyak faktor lain yang bisa menentukan sukses atau tidaknya produk anda di pasaran. Salah satu hal terpetning ialah dikenalnya keberadaan serta fungsi produk anda dipasaran.

Banyak produk berkualitas yang harus gulung tikar dengan cepat bahkan ketika masih dalam masa promosi akibat kurang dikenalnya produk mereka di pasaran. Membangun permintaan pasar tidaklah mudah. Anda harus membuat produk anda dikenal banyak orang, membuat orang tertarik karena produk anda bisa menyelesaikan masalah dan mampu memenuhi kebutuhan mereka.

Bagaimanakah strategi yang tepat untuk membangun permintaan pasar akan produk baru anda? Simak beberapa tips berikut ini.
1. Mencari Customer. Tentukan Target Market

Walaupun produk anda masih dalam masa rencana persiapan dan belum siap digunakan, namun ada baiknya anda sudah memulai langkah untuk mencari customer. Cara ini bisa anda gunakan untuk menguji permintaan pasar (anda bisa mempelajari metodologi lean startup). Jika anda kesusahan untuk meyakinkan orang bahwa mereka membutuhkan produk anda, itu berarti produk tersebut tidak begitu berharga, tetapi jika mereka tidak sabar lagi untuk menunggu produk anda siap, berarti produk anda cukup berharga di mata mereka.

Pertama-tama, anda harus bisa menebak siapa saja customer yang akan menyukai produk anda. Anda bisa menguji hipotesis itu dengan bertanya ke berbagai jenis customer, termasuk mereka yang menjadi target pasar anda, dan gunakan feedback mereka untuk mempertajam fokus produk anda.

Di tahap akhir pencarian customer ini, anda seharusnya sudah memiliki ratusan customer yang bersedia menunggu peluncuran produk tersebut dan anda sangat memahami secara detil target customer anda ini.

 

2.Mengikuti Kemanapun Customer Pergi

Setelah anda mengetahui siapa saja customer anda, sekarang waktunya mencari tahu dimana mereka berkumpul. Anda bisa mengontak mereka secara satu per satu, tapi ini akan membuang banyak waktu anda. Sebaiknya, anda harus memahami dimana dan kapan customer anda ini berada di tempat yang sama agar anda bisa menghampiri mereka semua. Cara termudah untuk mencari tahu dimana mereka berkumpul adalah dengan menjadi salah satu bagian dari mereka.
3.Membuat Customer Menjadi ‘Marketer’ Anda

Setelah telah mempersempit target customer awal dan tahu bagaimana mendekati mereka, anda masih memiliki waktu sebelum produk anda meluncur untuk memastikan bahwa anda bisa meningkatkan peluang untuk mendapatkan customer. Channel marketing yang paling kuat untuk produk anda adalah word of mouth dari customer yang menyukai apa yang anda lakukan. Anda tidak bisa berada di omongan potensial customer, tapi anda bisa berada di omongan dari customer yang telah merasakan manfaat dari produk anda. Customer yang menyebarkan hal ini dari mulut ke mulut adalah marketer anda dan anda harus membantu mereka bagaimanapun caranya.
4. Menerapkan Tolak Ukur Dan Analisa Yang Jitu

Di saat anda masih belum meluncurkan produk, tetapi anda telah mengetahui siapa customer anda nantinya, bagaimana cara mendekati mereka dan bagaimana membantu mereka menyebarkan informasi tentang produk anda. Di sisa waktu yang anda punya, pastikan bahwa anda telah menentukan analytic yang tepat untuk membantu anda mengukur customer anda ketika anda meluncurkan produk. Apapun yang anda lakukan sebelum peluncuran adalah hipotesis dan anda harus bisa memverifikasikan atau membatalkan hipotesis ini secepat mungkin. Bahkan setelah anda meluncurkan produk, anda jangan pernah berasumsi bahwa customer anda adalah entitas yang statis bahwa keesokan harinya mereka adalah orang yang sama dengan hari ini. Mereka akan berubah seiring waktu, sama seperti anda, dan anda harus mengukur dan menyesuaikan ketika hal ini terjadi.
5. Luncurkan! Lauching Produk Anda

Setelah anda melakukan semua penelitian dan pengukuran dengan cara yang tepat, kini saatnya untuk melucurkan produk anda tersebut dan lihat seberapa berhasilkah efek dari seluruh rangkain persiapan yang anda telah lakukan sebelumnya.

Dengan persiapan yang matang, dan juga kerja keras yang anda terapkan dalam membangun permintaan pasar. Akan membuat produk anda dikenal masyarakat luas dan bersiaplah untuk menikmati buah kesuksesan hasil jerih payah usaha anda. Semoga Bermanfaat dan Semoga Sukses.

(Sumber : www.detik.com)

482
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment