Home » OTHERS » Jual Rak Besi

Jual Rak Besi

Jual Rak Besi | www.rajarakminimarket.com

Jual Rak Besi | rak minimarket | Raja Rak Minimarket

 

LANGKAH-LANGKAH DALAM MEMBUAT APLIKASI MINIMARKET

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang cara pembuatan aplikasi minimarket mulai dari cara pembuatan CDM dan PDM sampai membuat script java koneksi ke database MySQL. Berikut cara-cara untuk membuat aplikasi minimarket.

A.    MEMBUAT CDM DAN PDM SERTA GENERATE PDM KE MySQL

Apakah anda pernah mendengar tentang CDM atau PDM???? Bagi belum memahami tentang CDM dan PDM saya akan membahasnya secara singkat apa itu CDM dan PDM.

CDM singkatan dari Conseptual Data Model. CDM dipakai untuk menggambarkan secara detail struktur basis data dalam bentuk logik. Struktur ini independen terhadap semua software maupun struktur data storage tertentu yang digunakan dalam aplikasi ini. CDM terdiri dari objek yang tidak diimplementasikan secara langsung kedalam basis data yang sesungguhnya.

Sedangkan PDM singkatan dari Physical data model merupakan model yang menggunakan sejumlah tabel untuk menggambarkan data serta hubungan antara data-data tersebut. Setiap tabel mempunyai sejumlah kolom di mana setiap kolom memiliki nama yang unik.

Tanpa membuat CDM dan PDM aplikasi minimarket ini tidak dapat berjalan karena CDM dan PDM ini menentukan tabel yang databasenya. Berikut gambar CDM dan PDM aplikasi minimarket dan cara mengenerate PDM ke MySQL.

1. CDM

CDM APLIKASI MINIMARKET

2. PDM

PDM APLIKASI MINIMARKET

Setelah selesai membuat CDM dan PDM mari kita generate PDM ke MySQL. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Pilih Menu Database à Generate Database.

3. Generate PDM

 

2. Kemudian akan muncul seperti gambar di bawah ini untuk menentukan letak penyimpanannya. Lalu klik OK.

4. Generate PDM

 

Setelah selesai men-generetenya hasilnya akan tersimpan dengan ekstensi .sql. Kemudian kita akan ke langkah selanjutnya.

B.     MEMBUAT DATABASE APLIKASI MINIMARKET DI XAMPP 1.8.1

 

Setelah anda berhasil men-generate PDM ke MySQL, maka selanjutnya saya akan membuat databasenya di XAMPP. Dalam membuat database ini saya akan membuatnya di XAMPP 1.8.1.

  1. Pertama jalankan XAMPP di komputer anda. Setelah itu akan muncul seperti gambar di bawah ini.

5. halaman utama xampp

 

2. Setelah itu buka web browser anda, lalu ketikkan alamat url : localhost://phpmyadmin/. Dan tampilannya akan sama seperti gambar di bawah ini.

6. memasukkan url localhost

 

3. Setelah anda membuka localhost anda, lalu buatlah nama database baru yang digunakan untuk aplikasi minimarket ini. Pilih Basis Data à lalu isikan nama database nya “mini_market” à Buat.

7. membuat database

 

4. Dalam membuat tabel database ini kita bisa memasukkan minimarket.sql yang sudah dibuat pada pembahasan cara men-generate PDM. Namun anda juga bisa menggunakan code syntax untuk memasukkan satu persatu tabelnya. Berikut code syntax nya untuk membuat masing-masing tabel. Lalu kilk kirim. Dan anda sudah berhasil membuat tabel database.

–          Tabel Barang

8. tabel barang

 

–         Tabel Kategori

9. tabel kategori

 

–          Tabel Pengadaan

 10. tabel pengadaan

 

 

 –          Tabel Penjualan

11. tabel penjualan

 

 

–          Tabel Relasi Pengadaan Barang

12. tabel rel_pengadaan_barang

 

 

–          Tabel Relasi Penjualan Barang

 13. tabel rel_penjualan_barang

 

 

–          Tabel User

14. tabel user

 

 

 C.    MEMBUAT SCRIPT JAVA KONEKSI KE DATABASE

Selajutnya saya akan menjelaskan bagaimana cara koneksi ke database agar form yang akan dibuat nanti akan terhubung dengan database MySQL. Dalam membuat desain form ini saya menggunakan Netbeans 6.8. berikut langkah-langkahnya.

  • Jalankan netbeans anda. Kemudian pilih File à New project.

16. membuat package baru di netbeans

 

 

  • Kemudian pilih Java di Menu Categories dan pilih Java Application di menu Projects à Next untuk melanjutkan langkah selanjutnya.

17. langkah selanjutnya membuat project

 

 

  • Setelah itu akan muncul untuk mengisikan nama project dan menentukan temapat penyimpannya. Setelah selesai mengisi nama projectnya lalu pilih Finish.

18. mengisi nama project

 

  • Setelah itu buat script kunci koneksinya terlebih dahulu di Java Class. Di urlnya harap diisi sesuai nama databasenya yang ada di localhost.

19. script kuncikoneksi

 

  • Setelah itu buat script koneksi di Java Class juga.

20. script koneksi

 

 

  • Selanjutnya masukkan librarynya dengan nama “MySQL JDBC Driver”. Agar koneksi sukses. Klik kanan pada Libraries à Add Library.

21. Add Library

 

Kemudian pilih MySQL JDBC Driver lalu pilih Add library.

22. Add Library2

 

Kemudian jalankan script yang dibuat tadi dan jika berhasil akan muncul output “Koneksi sukses”.

23. koneksi sukses

141
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment