Home » ARTIKEL » IX BELILAH ASET YANG SESUAI

IX BELILAH ASET YANG SESUAI

Home > Membuka Toko > Bab 9 

 

DIAGRAMASET

Belilah Aset yang Sesuai

Beberapa orang mengatakan bahwa semua yang menjadi miliknya adalah aset. Rumah, tanah, mobil,sepeda motor, dan semua benda yang bernilai tinggi dikatakan sebagai aset. Dalam uraian ini saya tidak mengartikan aset itu seperti yang dipandang beberapa orang. Aset menurut pengertian “beberapa” pemilik toko adalah apa yang kita miliki seperti rumah atau tanah, sebagai suatu benda yang dapat menguntungkan. Dalam pengertian, benda-benda itu akan memberikan penghasilan walau kita tidak bekerja. Misalnya, rumah yang Anda miliki berada di lokasi strategis, seperti di dekat pasar, di tepi jalan raya yang ramai, di lokasi dekat dengan kampus. Rumah tersebut akan memberikan penghasilan pada Anda karena dapat dijadikan sebuah ruko yang kemudian disewakan pada orang yang membutuhkan. Rumah itu bisa juga dijadikan sebagai rumah kos yang akan menghasilkan uang meskipun pemiliknya tidak bekerja. Begitu pula dengan tanah yang baru saja Anda beli. Tanah Anda pun dikatakan sebagai aset jika kemudian diolah dan menghasilkan uang. Sebaliknya, bila tanah Anda “hanya dibeli” tetapi tanpa digarap, dan Anda hanya mengharapkan tanah itu akan mengalami kenaikan harga di kemudian hari, maka tanah tersebut bukanlah aset yang produktif karena tidak menghasilkan uang dalam jangka pendek.

Aset menurut seorang customer lain. adalah benda yang bernilai tinggi yang bisa memberikan penghasilan untuk pemiliknya. dan untuk masa kedepannya nilai jual benda relatif tinggi. Mobil yang Anda miliki juga akan menjadi aset, bila Anda menyewakan mobil tersebut untuk menghasilkan uang, dan kemudian menjualnya dengan harga yang menguntungkan. Atau Anda membeli seperangkat komputer untuk melengkapi “artel, itu pun sebuah aset karena akan memberi penghasilan untuk Anda, walau dengan harga komputer tersebut akan menyusut” ketika menjualnya. Kalau bisa saya rumuskan pengertian aset di sini adalah benda yang bernilai tinggi yang akan memberikan penghasilan pada kita tanpa kita harus bekerja Penghasilan yang kita terima pun Penghasilan rutin, bukan dari nilai bendayan kita jual dikemudian hari. yang

Lebih baik lagi bila Anda membeli aset yang dapat menambah ashin flow toko. Cash in flow yang didapat dari aset akan memperbesar toko. Pak Acong setelah melewati dua tahun usahanya memikirkan hal ini Mengapa dia berpikir begitu? cash in flow harus beribu-ribu kali lipat melewati cashout flow. Aset yang Anda beli yang tidak menghasil apa-apa akan sangat merugikan bagi usaha toko, bila Pembeliannya memakai uang keuntungan usaha tersebut.

Seorang customer pada tahu membuka toko, keadaan tokonya ST. oleh Pengunjung. Dana yang mengalir . tokonya masih minim, dia berpikir bagaimana agar tokonya bisa memiliki Pengunjung yang banyak. Yang pertama dipikirkan adalah membangun wartel yang bertujuan untuk memancing agar banyak pengunjung datang ke tempatnya. Aset yang dibelinya adalah seperangkat peralatan wartel, yang diperkirakan dalam setahun modal akan kembali. Investasi dengan mendirikan wartel di muka toko atau di samping toko itu merupakan aset yang akan memberi penghasilan. Sejak didirikan wartel, toko tersebut mulai ramai dikunjungi oleh konsumen. Selain itu, wartel yang didirikan akan menjadi sumber dana potensial bagi perkembangaan toko. Orang-orang yang bertelepon tentunya akan membayar tunai. sedangkan pemilik toko akan membayar rekening tagihan pada akhir bulan. Dengan demikian, sebelum membayar tagihan itu terdapat idle money atau uang menganggur, yang bisa dimanfaatkan oleh pemilik toko sebagai sumber dana.

Berbeda dengan customer yang lain. Dia membeli aset sebuah rumah kecil bersebelahan dengan tokonya, kemudian membukanya sebagai usaha persewaan VCD bersama seorang saudaranya dengan cara bagi hasil. Persewaan VCD bagus sekali untuk mendampingi toko yang Anda miliki. Dari hasil persewaan kaset VCD ini akan mengalir dana masuk yang lumayan untuk memperbesar toko.

Menurut saya, sebaiknya Anda jangan membeli aset yang tidak memberikan penghasilan tambahan pada keuangan Anda. Membeli rumah yang tidak dimanfaatkan akan menambah kewajiban, seperti harus membayar rekening listrik, telepon, air. pajak bumi dan bangunan, dan biaya-biaya untuk renovasi kalau rumah butuh perbaikan. Kalau Anda jeli menghitungnya, berapa kerugian yang akan diderita dengan membeli aset yang tidur itu. Begitu pula bila membeli sebuah mobil tanpa digunakan, Anda tetap akan memiliki kewajiban untuk membayar pajak kendaraan maupun bunga dibank bila membelinya secara kredit.

Membeli aset yang sesuai di sini dimaksudkan agar aset yang dibeli itu dapat memperbesar toko Anda. Aset yang Anda beli itu sebaiknya tidak menimbulkan suatu kewajiban yang harus dibayar, melainkan selalu memberi penghasilan secara terus menerus. Aset itu tidak pula mengganggu aliran dana di usaha toko milik Anda, tetapi menambahnya serta mendukungnya.

  1. Belilah Aset Setelah Toko Untung

  2. Bertindak Jelilah dengan Aset Anda

  3. Aset yang Menghasilkan Uang

  4. Selalu Perlukah Membeli Aset ?

  5. Mengendalikan Kewajiban yang Harus Dibayar

523
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment