Home » ARTIKEL » IX.2 BERTINDAK JELILAH DENGAN ASET ANDA

IX.2 BERTINDAK JELILAH DENGAN ASET ANDA

Home > Membuka Toko > Bab 9 > Bertindak Jeli Dengan Aset Anda

 

tumblr_mqd13c9hKE1r5fhn3o1_500

Bertindak jeli pada aset yang Anda miliki sangat diperlukan untuk mengantisipasi kerugian yang semakin besar. Suatu saat Anda pasti telanjur membeli aset yang menurut Anda sangat murah dan menguntungkan. Tapi, apakah aset yang dibeli itu akan segera menghasilkan uang seperti yang diharapkan? Misalnya, membeli sebidang tanah yang menurut Anda murah, tetapi baru bisa menjualnya lima tahun kemudian, dengan harga menurut perkiraan akan tinggi. Bertindak jelilah seandainya tanah yang akan dibeli itu ternyata bukan di kawasan strategis atau daerah yang bisa berkembang menjadi suatu Permukiman dengan cepat. Anda pasti akan kecewa karena tidak mustahil menjual tanah tersebut akan sulit setelah membelinya. Alternatif yang bisa digunakan bila Anda in membeli rumah atau tanah “hanya” sekadar investasi tanpa mengharap penghasilan, sebaiknya Anda mendatangi departemen yang akan menjelaskan mengenai rencana pembangunan kota di tempat tinggal Anda.

Memilih rumah tinggal dan tanah dilokasi yang kemungkinan besar akan berkembang dapat membantu Anda mengelola aset agar tidak rugi. Yang terpenting disini sebenarnya adalah membeli aset yang dapat menghasilkan. Untuk itu, bertindaklah jeli dengan aset yang akan Anda beli itu, karena aset itu meskipun tidak menghasilkan dalam jangka pendekakan menghasilkan untuk jangka panjang. Itulah yang akan menjadi sasaran utama, yaitu membeli asetyang sesuai dengan kantong dan keuntungan toko Anda. Dan aset yang Anda belipun tidak sampai menggoyahkan cash flow toko, meskipun aset itu berjenis aset tidur tidak menghasilkan apa-apa.

Begitu pula aset-aset yang bukan berupa tanah atau rumah. Sebaiknya Anda segera menjualnya kembali jika memang aset itu tidak menguntungkan dan di kemudian hari harganya tambah merosot. Misalnya, wartel yang dibangun oleh customer saya tadi. Bila wartel dalam satu tahun masih belum bisa mengembalikan modal awal yang dikeluarkan, sebaiknya sebagai pemilik toko berpikir ulang untuk segera menjual aset itu atau mempertahankan. Kalau perlu membeli aset lain yang lebih banyak menghasilkan uang Atau kalau ternyata kehadiran wartel itu membuat toko banyak dikunjungi orang, tetapi pengembalian modal masih dua atau tiga tahun kemudian, Anda harus berpikir untuk mencari “solusi” memperbaiki atau menunjang aset itu dengan sarana lain supaya wartel yang Anda miliki dapat lebih menghasilkan. Misalnya, mungkin wartel tidak memiliki kipas angin sehingga membuat pelanggan Anda merasa tidak nyaman bertelepon. Sebaiknya, belikanlah kipas angin sebagai penunjang agar wartel memiliki banyak pengunjung.

Bertindak jeli pada aset yang dimiliki adalah upaya kita agar tidak rugi dengan investasi yang telah dikeluarkan. Dengan hanya memberi sarana penunjang aset itu akan meningkatkan penghasilan. Begitu pula bila Anda mempunyai sebuah rumah untuk disewakan atau dikoskan pada orang lain. Tunjanglah aset Anda dengan bebera pasaranya hingga aset itu mampu memberikan penghasilan lebih. Bila selama ini wc dan kamar mandi di rumah yang Anda koskan hanya dua, Anda bisa menambahnya dua lagi supaya kebutuhan wC dan kamar mandi bisa terpenuhi, yang akhirnya memberi keyamanan bagi penyewa.

235
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment