Home » Cash in Flow dan Cash Out Flow » IV MEMAHAMI CASH FLOW CASH IN FLOW, DAN CASH OUT FLOW

IV MEMAHAMI CASH FLOW CASH IN FLOW, DAN CASH OUT FLOW

Home > Membuka Toko > Bab 4 >

Stacks of coins with the word CASH FLOW isolated on white background

Stacks of coins with the word CASH FLOW isolated on white background

Berrusaha dibidang apapun, Anda wajib memahami persoalan ini. Tak ada satu pun usaha akan berhasil dengan baik jika melupakan masalah-masalah sekitar cash flow, cash inflow, cash outflow, dancash expenses. Memangistilah ini bisa berlainan di tiap-tiap bidang usaha. tapi pengertian secara umum akan sama. Untuk usaha membuka toko, pengertiannya akan menjadi sederhana sekali. Seorang seperti Mas Rochim akan mengartikan istilah-istilah itu secara sederhana saja sesuai dengan versi orang biasa yang bukan berlatar belakang dari dunia sekolah. Cash flow mungkin hanya diartikan sebagai simpangsiurnya uang yang berhubungan dengan usaha toko itu. Adapula yang mengatakan cash flow adalah aliran keluar masuknya uang di suatu bidang usaha. Jika usaha Anda adalah membuka toko, maka berarti keluar masuknya uang yang berada di kotak kas toko Anda. Sedangkan cash in flow merupakan aliran masuknya uangketoko Anda dan cash out flow adalah aliran keluarnya uang dari toko Anda. Bagaimana dengan cash expenses? Hati-hatilah dengan istilah ini karena cash expenses akan menjadi momok yang menakutkan bagi perkembangan toko Anda jika tidak sesuai lagi dengan cash inflow di toko. Cash expenses itu sendiri berarti biaya-biaya yang dikeluarkan dari kas toko tanpa mengharap kembali,karena biaya-biaya itu “harus” dikeluarkan dan besarnya naik turun dari waktu ke waktu tergantung kegiatan usaha toko.

Banyak sekali buku-buku manajemen keuangan yang membahas masalah ini yang kemudian diaplikasikan pada berbagai bidang usaha. Mengapa persoalan ini sangat penting dan saya perlu membahasnya kali ini? Karena menurut saya, sangatlah penting bagi siapa pun yang memiliki usaha untuk mengetahui

nya, karena bersangkut-paut dengan kelang

sungan hidup usaha Anda. Usaha Anda akan berjalan dengan baik dan bertahan lama jika Anda memahami betul persoalan ini. Cash flow cash inflow, cash out flow, dancash expenses yang akan kita pahami akan berkaitan erat dengan laba dari toko yang Anda kelola.

Memang pada usaha toko kebanyakan pemilik hanya melihat pada barang laku kemudian dapat uang dari uang yang didapat dibelikan barang lagi untuk dijual. Terkadang uang dari hasil berjualan dibelikan sesuatu yang tidak berhubungan dengan toko. Misalnya membeli barang-barang elektronik kebutuhan rumah tangga, seperti Tv, kulikas. radio, VCD, atau yang lain. Uang hasil berjualan bisa jadi setiap bulannya akan digunakan untuk membayar sekolah anak-anak, membayar rekening listrik, air atau telepon, atau keperluan-keperluan lain. Setelah sekian lama hal-hal itu dilakukan, tidak disadari akhirnya persediaan yang ada ditoko menjadi berkurang. Dahulunya mampu untuk membeli barang sejumlah 1 juta, tiba-tiba nanya mampu untuk membeli barang hanya 200 ribu.

Keadaan seperti inilah yang terkadangmembuat pemilik toko frustrasi dan merasakan bahwa usahanya tidak mengalami kemajuan. Padahal kalau diteliti, di dalam usahanya telah terjadi gangguan pada aliran masuk dan keluarnya uang. Dana yang seharusnya untuk membeli barang-barang kebutuhan toko, tiba-tiba berwujud barang-barang elektronik. Membeli barang-barang elektronik berarti terjadi aliran keluar pada toko Anda, yang kemudian tidak kembali lagi, karena uang itu telah berwujud menjadi barang-barang elektronik.Oleh sebab itu, pahamilah cash flow toko Anda sebagai aliran keluar masuknya uang tanpa terganggu oleh kepentingan Anda untuk membeli barang-barang yang tidak akan menjadi uang, dan menggantikan posisi uang Anda yang keluar tadi, bila Anda telah menggunakan untuk kepentingan lain.

Seorang customer saya, tidak pernah mengganggu aliran dana masuk dan keluar tokonya. Sepanjang tahun bekerja, uang hasil berjualan tidak akan digunakan untuk membeli apa-apa kecuali membeli barang-barang yang akan dijual di tokonya. Walaupun menggunakan uang hasil berjualan untuk membayar sekolah anaknya, pastiuangitu akan dikemba

likan di akhir bulan saat suaminya memper. oleh gaji dari kantornya. Barang dagangan yang dahulunya hanya memenuhi separuh gudang di akhir tahun telah memenuhi gudangnya. Untuk itu, pahamilah cash flow toko Anda disamping cash inflow cash outflow, dan cash expenses.

  1. Cash Flow

  2. Cash In Flow

  3. Cash Out Flow

  4. Cash Expenses .

  5. Menghitung Keuntungan dengan Mudah

  6. Memanfaatkan Giro dan Cek

 

399
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment