Home » Bab IV Memahami Cash Flow » IV. 7 Memanfaatkan Giro dan cek

IV. 7 Memanfaatkan Giro dan cek

Home > Membuka Toko > Bab 4 > Memanfaatkan Giro dan cek

 

ppt-bank-umum-kel2-xis1-17-638

Memanfaatkan girobilyetuntuk menahan laju cash out flow banyak dilakukan oleh pemilik toko. Mestinya harus membayar dengan uang tunai pada hari ini, bisa ditunda untuk minggu depan. Dengan demikian, giro bilyet bisa untuk menggantikan uang tunai jika dibutuhkan dalam keadaan mendadak. Mengingat bahwa uang yang didapat dari hasil

berjualan akan selalu naik turun dan tiap hari tidak sama, sedangkan supplier terkadang datang tidak terjadwal bila menagih hutang. Giro bilyet bisa menjadi alternatif untuk mengaturaliran dana keluar. Sayangnya. Anda harus memiliki dana yang cukup memadai di bank jika akan menggunakan giro bilyet. Kelemahannya, jika saldo Anda tidak cukup dan memaksa menggunakan girobilyet, maka giro bilyet yang Anda terbitkan akan kosong. Akibatnya adalah: pertama, Anda akan terkena denda dan bila dana Anda sering tidak cukup. maka bank akan mem-black list rekening giro Anda. Kedua, di mata perusahaan, pemilik-pemilik toko yang sering memberikan giro kosong akan menjadi perhatian dan pertimbangan yang berkaitan dengan pemberian kredit. Salesman akan selalu berhati-hati terhadap toko-toko yang pemiliknya sering menerbitkan giro kosong. Jika mungkin perusahaan tidak akan mengirim barang setiap kali ada permintaan.

Mengapa harus memakai giro bilyet atau cek? Sebelumnya telah disebutkan bahwa pemilik toko lebih senang memakai tabungan untuk mentransfer pembayaran kepada pemasok, sedangkan memakai girobilyetatau cek akan memakan biaya. Masalah ini bisa diseimbangkan. Selama ini saya mengetahui bahwabiayagirobilyetbisa dilimpahkan pada perusahaan, khususnya untuk biaya materai. Walau ada beberapa perusahaan tidak menerima klaim materai, tapi Anda dianjurkan tetap menggunakan alat pembayaran itu untuk keperluan yang sifatnya tiba-tiba.

413
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment