Home » Bab IV Memahami Cash Flow » IV. 5 Menghitung Keuntungan dengan Mudah

IV. 5 Menghitung Keuntungan dengan Mudah

 

Home > Membuka Toko > Bab 4 > Menghitung Keuntungan dengan Mudah

 

Menghitung-deposito_compressed

Dalam menjalankan usaha toko. Anda harus memperhatikan cash inflow dan cash outflow karena masalah ini sangat penting bagi masa depan perkembangan toko itu sendiri. Jika menginginkan laba yang besar, artinya Anda harus memperbesar aliran dana masuk.

Aliran dana masuk yang besar memungkinkan toko akan memiliki saldo yang cukup. Dengan saldo yang cukup ini bila sewaktu-waktu Anda memperoleh barang murah dalam jumlah besar, Anda telah siap.

Anda menyadari bahwa usaha toko adalah usaha yang pasif. Aliran dana masuk yang diperoleh, banyak yang berasal dari konsumen yang datangketoko Anda, tanpa melalui proses menawarkan barang-barang yang ada di toko. Mereka datang sendiri dan berminat pada barang-barang yang Anda miliki. Dan untuk mengumpulkan dana sebesar-besarnya, toko harus menyediakan barang yang lengkap dan dituntut pemilik toko secara agresif mau menawarkan barang-barang komplementer.

Anda sebagai pemilik toko dianjurkan untuk menyeimbangkan antara aliran dana yang masuk dan yang keluar. Artinya. Anda harus menyeimbangkan keuntungan yang diperoleh dengan biaya-biaya tetap hingga pada titik impas. Tetapi pada setiap usaha, tidak ada yang menghendaki keadaan impas selalu terjadi. Tapi harapannya adalah akan mendapat untung, yaitu posisi keuntungan akan lebih besar dibanding biaya-biaya yang dikeluarkan. Keuntungan yang melampaui kebutuhan alirandanamasuk dan keluarakan menjadi uang berhenti. Uang berhenti ini dianjurkan untuk ditransfer kebank jika bunga bank pada saat itu sedang tinggi. Tapi bila bunga bank tidak menarik sebaiknya digunakan untuk membeli barang yang cepat laku sebagai stok.

Mengatur aliran dana masuk dan keluar membutuhkan strategi dan ketelitian Anda sebagai pemilik toko agar memperoleh keuntungan. Anda sebaiknya tidak boleh merasa bahwa usaha yang telah Anda jalankan telah mengalami perkembangan yang cepat bila cash flow Anda baik. Ada seorang customer yang dengan teliti menjaga agar aliran dana masuk dan aliran dana keluar selalu seimbang dan memperoleh keuntungan. Mas Jonet menggunakan perhitungan yang amat sederhana. Cara menghitung penghasilan atau perkembangan tokonya demikian: Tiap kali Mas Jonet membeli pada agen, pada salesman. atau pemasok lain. Mas Jonet selalu menjumlah selisih harga beli dan harga jual selama seminggu, kemudian sebulan, dan setahun. Keuntungan yang diperoleh satu bulan akan dikurangi dengan biaya-biaya yang ada satu bulan. Dengan cara ini. Mas Jonet mengetahui keuntungan yang diperolehnya dalam sebulan hingga setahun. setelah mengetahui keuntungan yang diperoleh dalam setahun, barulah Mas Jonet membeli barangbarang inventaris yang diinginkan, seperti sepeda motor, kalkulator. timbangan, atau sebuah toko untuk mengantisipasi masa kontrak tokonya yang habis. Dan Mas Jonet tidak akan membeli barang inventaris yang bernilai besar secara tunai, melainkan secara kredit. Membeli barang inventaris secara kredit atau dengan cara mengangsur tidak akan mengganggu cash flow toko jika biaya untuk mengangsur tidak melebihi perkiraan laba yang diperoleh tiap bulan.

310
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment