Home » Bab IV Memahami Cash Flow » IV.4 Cash Expenses

IV.4 Cash Expenses

Home > Membuka Toko > Bab 4 > Cash Expenses

expenses

Seperti yang telah diutarakan, cash expenses merupakan biaya-biaya yang dikeluarkan oleh toko yang berhubungan dengan biaya operasional toko. Dana yang dikeluarkan pada cash expenses tidak akan kembali, melainkan lenyap begitu saja. Biaya

biaya tetap yang Anda keluarkan tiap bulan merupakan cash expenses. Biaya-biaya tetap itu bisa berupa gaji karyawan toko Anda dan rekening-rekening seperti listrik, PDAM, dan telepon yang setiap bulannya atau per tahunnya harus Anda bayar. Berbeda dengan cash outflow yang digunakan untuk membeli barang-barang, uang pasti akan kembali jika barang yang terbeli tadi laku. Cash expenses yang besar akan mengurangi laba yang Anda terima. Sebaiknya, Anda menekannya sedemikian rupa supaya cash expenses di akan melebihi laba hasil penjualan.

Saya memiliki seorang customer yang sangat memperhatikan cash expenses. Setiap mengeluarkan uang selalu diperhatikan, apakah uang tersebutakan segera kembali jika dipakainya, ataukah tidak. Untuk menghemat cash expenses dia memiliki cara. Rumah yang dimilikinya, menurut saya, sangat sederhana. cat rumah itu tidak pernah digantinya hingga beberapa tahun. Begitu pula dengan rencana renovasi bahkan mungkin tak pernah terealisasi. Perabot rumah yang dimiliki juga sangat sederhana dan tidak ada rencana ара pun untuk mengganti. Telepon di rumahnya baru saja dipasang, padahal saya telah berkenalan dengannya hampir sepuluh tahun. Kemudian yang membuat saya mengelus dada. dia tidak mau membeli sepeda motor atau mobil walaupun sebenarnya mampu untuk membelinya. Dan dia mempunyai alasan. bahwa membeli benda-benda itu hanya merupakan cash expenses. Dia menghitung, jika memiliki sepeda motor atau mobil, maka tiap tahun harus membayar pajak, belum lagi dengan biaya perawatan. Menurutnya, semua itu hanyalah sebuah cash expenses. Bagaimana solusinya jika memerlukan benda-benda itu? Untuk pulang pergi ke tokonya, customer saya itu cukup dengan naik kendaraan umum. Menurutnya, naik kendaraan umum akan lebih hemat daripada harus memelihara sepeda motor. Nah, bagaimana jika ingin bepergian ke luar kota bersama keluarga dan membutuhkan mobil? Dia cukup menyewanya.

Memang jika kita mau teliti, cash expenses kadang-kadang berada jauh diluarpikiran kita. Sebagai pengelola toko mungkin tidak menyadari bahwa membeli sesuatu akan menambah cash expenses. Hitunglah kemungkinan pengeluaran yang akan Anda lakukan jika membeli sesuatu.Jika pengeluaran yang akan terjadi lebih sedikit dari biaya-biaya yang Anda keluarkan bila tidak memiliki benda itu, sebaiknya Anda harus memiliki benda-benda itu. Menghitung kemungkinan timbulnya cash expenses pada setiap tindakan, akan bermanfaat pada kelangsungan usaha Anda. Seseorang yang pertama kali membuka toko sebaiknya memperhatikan betul persoalan ini.

Pada etnis Tionghoa biasanya sebelum usahanya mengalami kemajuan yang pesat, mereka harus berhemat dan menekan pengeluaran sedemikian rupa. Banyak sekali yang dilakukan, seperti yang pernah dikisahkan pada saya, bahwa jika membuka toko baru sepanjang tahun tokonya tidak pernah ditutup kecuali pada hari-hari yang mengharuskan setiap toko tutup. Pemilik toko tidak akan bepergian kemanapun karena dapat menghabiskan biaya banyak kecuali bila terdesak. Untuk biaya kehidupan sehari-hari mereka juga memperhitungkan sedemikian rupa. Seperti berpakaian, bertempat tinggal, berperilaku dalam kehidupan sehari-hari akan memilih yang paling sederhana

Posisi cash expenses dalam kegiatan usaha Anda sangatlah penting di samping cash in flow. Cash inflow yang tinggi dari penjualan diikuti cash expenses yang rendah, akan meningkatkan laba Anda. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan betul masalah ini, jika bisa Anda harus menekannya serendah mungkin. Pangkaslah biaya-biaya yang id.: perlu, seperti biaya membayar kartu kredit yang tidak aktif biaya pulsa handphone Anda yang tidak aktif, serta biaya pajak kendaraan Anda yang jarang digunakan. Artinya, Anda harus melenyapkan semua benda-benda yang tidak begitu perlu bagi Anda. Rasanya memang perlu berkorban pada awal Anda berusaha. Jika tidak, usaha Anda akan biasa-biasa saja atau berhenti total karena bangkrut.

225
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment