Home » Bab IV Memahami Cash Flow » IV.1 Cash flow

IV.1 Cash flow

Home > Membuka Toko > Bab 4 > Cash flow

cash flow2

Jika Anda mempunyai usaha dengan membuka toko, Anda harus memperhatikan bahwa uang yang Anda miliki akan terus berputar. Setelah hari itu mendapat uang sejumlah sekian dari penjualan, uang yang Anda peroleh akan Anda gunakan kembali untuk membeli sejumlah barang dagangan. Uang yang sebelumnya menumpuk tiba-tiba habis setelah Anda membeli barang-barang di toko agen, salesman, atau tempat-tempat lain. dimana Anda bisa mendapatkan barang jualan itu. Esok harinya, Anda akan membawa lagi uang yang telah Anda kumpulkan dari perusahaan atas pajangan yang telah Anda buat, atau mendapatkan black bonus perusahaan dan memperoleh pembayaran dari konsumen setelah beberapa lama menghutang barang dagangan ke suatu tempat pusat perkulakan. Itulah yang dinamakan cash flow yaitu keluar masuknya dana di toko Anda selama Anda mengoperasikan usaha itu.

cash flow akan benar-benar terjadi bila toko Anda aktif jika toko Anda hanya sekali-kali buka, maka cash flow di toko Anda tidak sehat lagi. Bisa jadi, ada uang masuk tapi tidak keluar lagi, atau tidak ada uang masuk atau tidak ada uang keluar sama sekali. Maka usaha Anda tidak memiliki cash flow karena dalam posisi tidak aktif atau berhenti. Seorang us tomersaya yang memiliki toko di suatu lokasi pasar yang ramai, sepanjang tahun ideal pernah menutup tokonya. Sebanyak 365 ha dalam setahun itu dilalui terus tanpa berhenti kecuali hari besar dan hari Idul Fitri. Uang yang masuk dan keluar dari tokonya terus berlangsung, Menurutnya, semakin cepat semakin baik. Apabila penjualan hari itu meningkat, secepatnya membeli barang sejumlah yang dia dapat dari penjualan itu. Uang yang diterima dari pembeli dan yang dikeluarkan untuk para pemasok secepatnya saja dikeluarkan. Apabila ada seorang konsumen menawar barang yang dijual, jika memperoleh untung meskipun tipis, customer saya melepasnya. Begitu seterusnya, tanpa menunggu lama-lama barang itu dibeli oleh konsumen lain. Berhentinya barang yang disebabkan tidak laku akan mempengarui kecepatan cash flow. Menurut Mas Rochim. uang yang dimilikinya macet karena barang yang dijualnya tidak segera laku. Itulah yang dimaksud cash flow di seputar toko Anda.

Dengan demikian, Anda dapat menyiasati agar cash flow Anda berjalan dengan baik yaitu dengan menjual secepat mungkin dan membeli dengan cara memilih barang-barang yang laku keras di pasaran. Untung yang diperoleh sedikit untuk barang-barang yang laku keras di pasaran dalam volume banyak, akan menguntungkan sekali bagi usaha Anda. Belilah secara tunai dengan potongan tinggi pada toko agen, salesman, dan sumber-sumber lain untuk mendapatkan barang-barang yang laku keras. Begitu seterusnya, jangan sampai membeli barang-barang “tidak laku” dengan uang tunai, karena hal itu dapat mengganggu cash flow Anda Belilah barang-barang kurang laku secara kredit atau cara titipan. Bisa mengatur dan memilih barang-barang yang laku dan barang yang tidaklaku, akan menjadi keunggulan Anda sebagai pemilik toko. Cash flow yang ada di toko Anda tergantung pada cara Anda dalam mengendalikan pembelian terhadap barang-barang yang akan dijual. Belilah barang-barang hanya untuk keperluan toko dan jangan membeli barang-barang yang bukan untuk keperluan toko. Jika Anda terpaksa menggunakan uang toko untuk membeli sesuatu, sebaiknya Anda secepatnya mengembalikan.Jika Andamenggunakan uang toko untuk keperluan membayar berbagai rekening, hitunglah jumlah uang yang telah Anda gunakan tersebut sebagai cash expenses.

444
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment