Home » ARTIKEL » III.3.5 Sumber Modal dari Tabungan Pribadi

III.3.5 Sumber Modal dari Tabungan Pribadi

 

Home > Membuka Toko > Bab 3 > Sumber Modal > Dari Tabungan

modal-dari-tabungan

Tabungan pribadi bisa menjadi modal untuk usaha membuka toko. Kadangkala, selama kita bekerja menjadi pegawai, sulit untuk menyisihkan sedikit dari penghasilan kita. Karenanya, tak banyak orang-orang terPHK tidak memiliki persiapan berupa tabungan. Dan itu masih mending bila masih memperoleh pesangon dari perusahan, sebaliknya bagi yang di-PHK tanpa pesangon, betapa menderitanya orang seperti ini. Untuk itu sebagai jawabannya, sebaiknya Anda bisa menyisihkan penghasilan yang sepuluh persen saja dari penghasilan, selama masih aktif bekerja.

Ada suatu cerita yang saya kutip secara bebas dari buku yang berjudul nichman in the Babilon, bahwa untuk menjadi kaya seseorang itu dalam hidupnya harus menyisihkan penghasilannya yang sepuluh persen untuk membayar dirinya sendiri. Penghasilan yang sepuluh persen itu sebagai garansi untuk hari tua, pensiun, atau tidak dapat bekerja secara mendadak. Dan orang-orang modern lebih memilih asuransi sebagai protek sidiri.semua itu berawal dari konsep menabung.

Tabungan Anda yang lumayan, bisa untuk mengawali usaha Anda dengan membuka toko. sebaliknya, bila Anda adalah pemilik toko yang telah berusaha sekian lama, tabungan pribadi Anda dapat membantu untuk memperbesar toko Anda. Modal sekali-kali harus disuntikkan, terutama jika ada barang murah yang memiliki peluang untuk dijual kembali dengan cepat.

Seorang customer saya melakukan caracara seperti ini untuk menyiasati kebutuhan akan uang untuk membeli barang murah. Customer saya itu membuka rekening di bank tertentu yang pengambilannya bisa dilakukan dengan menggunakan mesin ATM. Pada saat tak ada barang murah yang dibeli, uang miliknya yang berasal dari penghasilan toko ditabungnya. Ketika ada barang murah datang. dia mengambilnya ke bank dan mengembalikannya jika uang tersebut telah kembali. Kalau bisa saya rumuskan, pertama, uang tabungan itu bisa berguna sekali untuk membeli kebutuhan akan barang murah yang tidak dapat diprediksi kapan datangnya Kedua, uang Anda yang telah Anda endapkan berupa tabungan untuk beberapa saat akan memperoleh bunga. Dengan demikian, tabungan yang Anda miliki sebenarnya mempunyai manfaat ganda. Memperoleh untung dari barang-barang murah yang Anda beli dan mendapat bunga dari bank bila tidak terjadi transaksi jual beli.

Itulah keuntungannya bila Anda memiliki sebuah tabungan. Sumber modal bisa Anda gali dengan mudah dan sesuka hati ketika Anda perlukan. Berbeda dengan sumber modal yang berasal dari bank, toko agen/grosir, atau sumber dana yang berasal dari arisan piow. Anda tidak bisa menggunakan sesuka hati karena Anda terikat untuk membayar bunga pinjaman bank. Membayar pinjaman pada perusahaan pemasok, dan membayar pada pemimpin kelompok arisan piow.

231
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment