Home » ARTIKEL » III.3.2 Sumber Modal dari Perusahaan

III.3.2 Sumber Modal dari Perusahaan

Home > Membuka Toko > Bab 3 > Sumber Modal > Dari Perusahaan

modal-perusahaan

Sumber modal yang diperoleh dari suatu perusahaan bisa direalisasikan bila toko Anda telah beroperasi beberapa waktu. Mengapa perusahaan memberikan kredit pada tokoyang sudah berjalan beberapa waktu? Menurut pengalaman, suatu perusahaan akan memperlakukan toko untuk membeli secara tunai sebagai syarat, terutama bagi customer baru. Setelah itu tergantung dengan wakil dari perusahan itu, dalam hal ini salesman. Toko tidak juga akan segera mendapatkan suatu kredit, berupa barang-barang, bila perusahaan belum mengetahui apakah toko itu merupakan toko yang bonafide atau tidak. Oleh sebab itu. tunjukkanlah “kepercayaan” seperti yang akan diulas pada bab berikut, bila Anda ingin mendapatkansuplier sebanyak mungkin. Perusahaan akan memiliki kebijaksanaan dalam pemberian kredit setelah toko telah bertransaksi berulang-ulang. Perusahaan juga akan mengevaluasi dan menentukan batas-batas kredit yang akan diberikan.

Ada perusahaan tertentu yang secara berani memberikan kredit pada toko-toko tanpa melihat bonafiditas suatu toko, yaitu dengan memberikan sejumlah kredit tertentu. Asumsinya, bila terjadi wanprestatie (ingkar janji) pemilik toko, atau bangkrut tokonya, perusahaan tidak terlalu berat menanggung bebannya. Barang-barang yang dikreditkan dengan cara ini adalah kapas kecantikan, tisu, pembalut wanita, dan lain produk yang harganya murah.

Produk baru terkadang dijual hanya dengan cara kosinyasi oleh perusahaan. Bila Anda sebagai pemilik toko mau memanfaatkan momen seperti ini maka sumber dana baru akan masuk. Toko akan memiliki barang yang bermacam-macam dengan hadirnya barang baru. Tapi sayangnya pemilik toko pada umumnya “malas” untuk menerima barang-barang baru karena alasan barang tidak laku. Kesempatan ini bagus sekali untuk menggali sumber dana yang berasal dari perusahaan. yaitu dengan cara menawarkan secara aktif produk-produk baru dari perusahaan pemberi kredit, secara tunai. Uang tunai yang dihasilkan dari penjualan itu digunakan untuk membeli barang-barang laku seperti rokok. gula, beras, tepung terigu, atau barang-barang lain yang fast moving. Cash flow toko akhirnya menjadi lancar. Perlu diingat dalam dunia usaha, kecepatan aliran dana dapat mempengaruhi rugi laba suatu usaha.

315
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment