Home » Bab III Modal dan Sumber Modal » III.2 Dapat Menyesuaikan dengan Modal

III.2 Dapat Menyesuaikan dengan Modal

 

Home > Membuka Toko > Bab 3 > Dapat Menyesuaikan dengan Modal

3-contoh-usaha-sesuai-modal-yang-ada

Untuk membuka toko, seseorang dapat menyesualkan  modal yang dimiliki dan lokasi yang  akan digunakan sebagai tempat usaha. Jika Membuka toko di lokasi jalan raya perlu modal yang cukup besar. Hal tersebut berkaitan dengan banyakny barang yang disediakan, paling tidak barang harus lengkap sehingga dapat bersaing dan menjadi daya  tarik konsumen. Untuk membuka toko di sebuah perkampungan menggunakan modal tidak besar bukanlah persoalanan. pemilik toko dapat menyediakan barnag  dalam jumlah kecil tiap-tiap jeninya, yang penting komplit. Sementara itu, jika membuka toko di lokasi perumahan, modal juga bervariasi tergantung barang yang hendak disediakan dan ruang toko yang digunakan. Ditinjau dari segi modal, usaha toko dapat dilaksanakan dengan modal kecil, sedang atau besar.n dan itu relatif.

Jika saya uraikan maka seperti ini, Pertama : bila modalnya kecil antara 5 juta sampai dengan 20 juta dan tidak memiliki tempat seperti garasi atau halaman kosong, sebaiknya membeli rombong dan memodifikasinya sehingga rombong tersebut memiliki rak, gantungan-gantungan untuk pajangan, dan tempat kecil untuk menyimpan stok barang. Persediaan barang juga harus diatur dan sebaiknya per jenis sedikit-sedikit saja agar kebutuhan dan keinginan konsumen dalam membeli barang dapat terpenuhi.

Kedua, jika memiliki garasi kosong Anda hanya tinggal membelikan etalase bekas untuk menghemat modal, dan rak-raknya dapat dibuat dari kayu. Sisanya untuk membeli barang dagangan. Barang dagangan dapat diangsur secara bertahap sambil “mengamati” permintaan barang dari konsumen. Karena menurut pengalaman, tiap lokasi berbeda. barang A yang laku disuatu lokasi belum tentu dapat laku di lokasi lain.

Ketiga, jika memiliki halaman kosong toko dapat dibuat berukuran kecil berdinding triplek atau separuh triplek dan separuh dari batu. Bangunan tidak harus permanen mengingat modal yang dimiliki masih kecil. Lain halnya jika toko telah banyak dikunjungi oleh pembeli dan keuntungan cukup, toko dapat dibangun secara permanen. Belilah etalase bekas saja dan raknya sederhana dari

Keempat, jika Anda tidak memiliki garasi, halaman kosong, dan tidak mampu membeli rombong, maka sebagai pilihan terakhir Anda dapat menggunakan “ruang tamu” sebagai tempat untuk berjualan. Ruang tamu diberi meja, kalau modalnya masih cukup dapat membeli etalase bekas yang ukurannya kurang lebih 1 meter Cara mengisi barang juga sama seperti sebelumnya, yaitu membeli barang dengan ragam yang banyak tapi per jenis barang jumlahnya sedikit-sedikit. Persediaan barang yang beranekaragam akan memberikan kemudahan konsumen pada apa yang dikehendaki, sehingga tidak mengecewakan konsumen.

Selanjutnya, dapat saya jelaskan, pertama: modal yang berkisar antara 20 juta sampai dengan 50 juta apabila tidak memiliki garasi dan halaman kosong. Anda dapat mencari rumah ukuran 50 meter persegi, lebar 5 meter dan panjang 10 meter untuk dijadikan toko dengan cara menyewa. Rumah yang digunakan sebagai toko sebaiknya disewa selama 10 tahun sekaligus. Seorang customer saya merelakan rumahnya disewa orang lain dan dia sendiri pindah ke rumah yang disewanya untuk toko. Cara ini bagus sekali. dengan menyewakan rumahnya ia akan memperoleh uang dan uang tersebut digunakan biaya untuk menyewa rumah yang akan digunakan sebagai toko. Menyewa rumah dengan jangka waktu 10 tahun adalah untuk menyiasati agar tiap tahunnya tidak mengejar kenaikan harga sewa. Tapi, apakah ada orang yang mau menyewakan rumahnya sekaligus selama 10 tahun? Untuk mencarinya memang agak sulit jika terburu-buru dan hal ini bisa dialihkan dengan cara menyewa tanah kosong kemudian mendirikan bangunan setengah permanen. Batu bata separuh dan separuhnya kayu papan atau dari kayu papan semuanya. diatur sesuai dengan modalnya. Bila tanah yang disewanya juga untuk tempat tinggal sebaiknya ukuran rumah tersebut melebihi ukuran rumah yang direncanakan untuk toko. Jika mendapat rumah yang hanya bisa disewa selama 2 tahun dan lokasi tersebut sangat berpotensi, maka menyewa 2 tahun bisa diteruskan sambil mencari rumah lain untuk dibeli. Cara mengisi barang sama seperti penjelasan sebelumnya.

Kedua, apabila di rumah kebetulan ada garasi, sebaiknya dipersiapkan untuk membeli etalase. Rak harus dibuat dari kayu yang kuat atau dari besi yang khusus bisa dirangkai untuk rak. Dindinggarasisebaiknyadicatsupayatoko tampak rapi dan bersih. Bagaimana dengan pengisian barang? Barang dapat dibeli secara lengkap, tetapi harus memilih dan mendahulukan produk-produk yang laku dan produk-produk kurang laku hanya disediakan sedikit-sedikit. Agar Anda mengetahui produk-produk yang laku dan kurang laku. Anda dapat meminta pertolongan pada pemilik toko agen. tempat kita membeli barang-barang untuk keperluan toko baru kita. Biasanya dari pemilik toko atau agen, kita akan diberi petunjuk mengenai barang mana yang laku dan barang mana yang tidak laku.

Ketiga, andai kata di rumah hanya memiliki halaman kosong dan modal yang dimiliki diatas 50juta, sebaiknya membangun toko dihalaman tersebut secara permanen dan etalasenya bisa dibeli baru dan rak-raknya juga dicari yang bagus. Barang yang akan disediakan untuk toko harus bemacam-macam pula dan perjenis jumlahnya tidak banyak, tiga biji saja cukup, kecuali untuk barang yang laku dapat membeli banyak. Sebagai pemilik toko Anda dapat belajar sambil bekerja dalam hal menyediakan barang yang akan dijual.

Lain lagi bila modal di atas 50 juta. Anda dapat menyewa rumah ditepi jalan raya untuk dijadikan toko. Menyewastan pasarjugabaik. Kelemahan, membuka toko dipasar persaingan antar pedagang sangat ketat. Sebagai pemilik toko pemula, sebaiknya berpikir terlebih dahulu sebelum membuka toko untuk kebutuhan sehari-hari di pasar. Di samping modal harus besar, harus pandai pula memikat pembeli. Pemilik toko distan pasar merupakan pemain-pemain lama yang telah memiliki pelanggan setia.

Andai kata toko Anda memiliki banyak pengunjung setiap hari, Anda tidak perlu mempekerjakan banyak orang cukup hanya dua orang untuk toko yang besarnya sedang sedang saja. Sedangkan untuk toko yang lumayan besar, pegawai tokonya tidak sampai berpuluh-puluh orang.

Jika toko baru telah siap, maka Anda dapat segera membukanya. Atau pada saat Anda sedang melengkapi toko, Anda sudah dapat membukanya. Toko yangbelum siap memang menjadi kendala, tetapi jika toko Anda telah memiliki barang sebanyak 75 persen, toko dapat dibuka. Saya memiliki pengalaman mengenai toko yang baru dibuka. Meskipun stoknya hanya 75 persen, ternyata pembeli telah berdatangan untuk berbelanja. Stok yang 25 persen dapat digenapi sambil berjalan dengan cara mendengar dan mencatat semua permintaan konsumen.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa membuka toko dapat menjadi daya tarik, karena hal-hal berikut:

  1. Modal yang dibutuhkan bisa kecil, sedang. maupun besar dan tergantungpadabarang yang akan disediakan, lokasi toko, dan ukuran ruangan toko.
  2. Anggota keluarga dapat mengelola usaha toko tersebut, baik ayah, ibu, dan anakanak, maupun pembantu rumah tangga
  3. Usaha toko tidak memerlukan karyawan dalam jumlah banyak karena dapat dikerjakan oleh anggota keluarga tanpa memandang latar belakang pendidikan masing-masing. Istimewanya, membuka toko dapat segera dilakukan meskipun barang yang disediakan baru 75 persen saja
276
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment