Home » Bab III Modal dan Sumber Modal » III.1 Modal

III.1 Modal

Home > Membuka Toko > Bab 3 > Modal

modal1

Usaha apapun memerlukan modal. Tapi besarnya modal sangat relatif. tergantung pada jenis usaha yang hendak didirikan. Bila Anda ingin membuka toko, maka besar kecilnya noa tergantung pada lokasi dan besar kecilnya toko yang akan dibangun, serta banyak barang yang akan disediakan. Jika ingin membuka toko di tepi jalan raya tentunya modal yang harus dikeluarkan cukup besar. Selain harga bangunan toko yang tinggi, Anda juga harus menyediakan barang dagangan dengan lengkap. Belum lagi menyediakan etalase serta benda-benda lain sebagai penunjang toko, misalnya papan nama dan mengurus perizinan. Berbeda bila Anda membuka toko di sebuah perkampungan persoalan izin mungkin bisa menyusul kemudian. Anda pun bisa memilih apakah Anda menjual secara eceran atau secara partai. Untuk menjual secara partai,barang yang Anda sediakan juga harus lengkap dan modal juga harus besar. Tetapi bila toko yang Anda kehendaki adalah sebuah toko kecil dan menjual secara eceran, Anda dapat memulai berusaha dengan modal seadanya.

Menyesuaikan barang yang dijual dengan ukuran toko, juga perlu diperhatikan. Jikatoko berukuran kecil tapi memiliki barang yang banyak, akan memberi kesan toko menjual barang dengan lengkap. Sebaliknya, jika ukuran toko yang besar dengan barang seadanya, akan memberi kesan toko tersebut tidak lengkap. Bila modal yang Anda miliki pas-pasan, sebaiknya mulailah membangun toko dengan ukuran kecil saja, karena keterbatasan barang di toko tidak akan mempengaruhi kesan pada konsumen. Omzet yang Anda kehendaki juga mempengaruhi modal yang akan dikeluarkan. Hal ini selaras dengan tersedianya barang di toko, juga mempengaruhi omzet penjualan. Sehingga modal untuk membuka usaha toko sangat relatif, tergantung lokasi dan tempat usaha, serta cara menjualnya.

Lebih enak lagi, jika Anda telah siap dengan tempat usaha itu. Misalnya, garasi kosong dan halaman rumah kosong yang dapat didirikan bangunan di atasnya. Mai yang dikeluarkan sebenarnya banyak diserap pada -tempat” usaha ini. Oleh sebab itu, bila Anda sudah siap dengan tempat usaha modal yang Anda perlukan tidak besar. Barang are dapat dibeli secara bertahap sambil mempelajari permintaan konsumen dari hari ke hari. Etalase bekas juga bisa dipakai, atau membuat sendiri dengan bahan-bahan yang murah. Seperti rak dapat dibuat dari bekas atau kiloan.

seperti yang telah diuraikan sebelumnya. bahwa bila Anda tidak memiliki garasi ing atau halaman yang bisa didirikan sebuah toko. Anda bisa menggunakan sebuah rombong untuk memulai suatu usaha. Meskipun dengan empat yang kecil, Anda bisa mulai belajar sedikit demi sedikit produk-produk apa yang laku untuk ukuran lingkungan disekitar toko. Anda juga dapat mengevaluasi, apakah membuka toko dilingkungan tersebut banyak menarik minat konsumen. Kalau kebetulan dalam perjalanan berdagang ternyata Anda memiliki banyak langganan rencanakanlah mendirikan sebuah toko dengan ukuran 3metrer  kali 3 meter atau 3 meter kali 4 meter. Mulailah menanam modal agak besar untuk melengkapi dagangan Anda.

Kunci sukses  membuka toko yang hubungan dengan modal adalah menginginkan toko “menjual” secara eceran atau secara partai kemudian omzet yang dikehendaki. dan besar kecilnya toko yang Anda Inginkan. Seorang Custumer yang  bernama Bu Umi. pada awal membuka toko pada tahun 1999 hanya bermodal Rp 250.000.00 uang sebesar itu hanya untuk membeli gula, sabun, tah, kopi, dan minyak goreng Unikny tempat yang digunakan untuk berjualan sebuah ruang tamu yang  berukuran 3 meter kali 4 meter.  Dari untung sedikit demi sedikit dan ditambah modal sedikit demi sedikit, pada tahun 2000 nilai barang-barang yangb tersedia ditokonya telah mencapai kurang lebih 200 juta rupiah. ia tidak lagi menggunakan ruang tamu sebagai toko tapi telah membangun disamping rumahnya. Kini tokonya semakin laris karena barang yang disediakan senagat lengkap.

371
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment