Home » ARTIKEL » Membuka toko sendiri » Bab II Hubungan antara Toko dan Perusahaan » II.3 Memahami Harga Beli dari Perusahaan

II.3 Memahami Harga Beli dari Perusahaan

Home > Membuka Toko > Bab 2 > Memahami Harga Beli dari Perusahaan

harga jual dan beli

Sebelum Anda berhubungan langsung dengan suatu perusahaan, Anda harus mengetahui bagaimana perusahaan menjual barangnya dengan harga beli tertentu. Seorang customer saya selalu mengeluh jika membeli pada perusahaan karena lebih mahal bila dibanding dengan membeli dari toko grosir atau toko agen. Begitu pula dengan customer saya yang lain selalu menolak kehadiran salesman yang berkunjung ke tokonya, dengan alasan barang-barang yang dijual oleh salesman perusahaan lebih mahal. Mengapa harga dari perusahaan selalu lebih mahal dibanding harga dari toko agen atau toko grosir?

Perusahaan dalam menentukan harga jual selalu dihubungkan dengan berapa banyak barang yang akan dibeli oleh seorang langganan. Biasanya perusahaan aka menetapkan suatu kategori diskon sesuai dengan pembelian yang dilakukan oleh customer untuk pembelian 10 karton barang akan berbeda bila dengan pembelian 1 kartonbarang saja. Sehingga terdapat perbedaan yang mencolok antara membeli dari perusahaan dengan di toko grosir atau toko agen. Toko grosir dan toko agen akan menjual lebih murah beberapa persen daripada perusahaan, Misalnya untuk pembelian sua” barang A lokarton akan memperoleh diskon 10 persen. sedangkan bila membeli 1 karton hanya mendapat diskon 2 persen Jika Anda seorang pemilik toko pengecer membeli 1 karton pada perusahaan hanya akan mendapat potongan harga2 persen. Bisa jadi Anda akan memperoleh potongan 5 persen untuk membeli barang dalam jumlah yang sama di toko grosir atau toko agen Toko agen dan toko grosir telah mendapat keuntungan 5 persen karena barang yang dibelinya dari perusahaan selalu melampaui jumlah 10 karton dan mendapat diskon 10 persen.

Bagaimana caranya bila Anda menginginkan harga yang sama dari perusahaan dengan jumlah pembelian hanya 1 karton tapi mendapat potongan 10 persen? Seorang customer saya selalu menyiasati masalah ini dengan cara membeli secara berkelompok. Caranya, hubungi saudara Anda yang juga memiliki usaha yang sama, serta rekan-rekan bisnis Anda. Belilah barang dari perusahaan dengan jumlah yang sesuai untuk mendapatkan potongan 10 persen dan kemudian membaginya. Cara seperti ini akan efektif. Tapi apabila Anda tidak memiliki kelompok, terpaksalah Anda akan mendapat potongan 2 persen untuk pembelian yang berjumlah 2 karton. Mengapa perusahaan tidak menyamakan potongan untuk setiap pembelian suatu barang?

Ada berbagai alasan mengapa suatu perusahaan tidak menyamakan soalpotongan harga untuk setiap pembelian. Alasan yang pertama, untuk pembelian yang dilakukan secara eceran melalui salesman, perusahaan menanggung biaya operasional yang tidak sedikit. Sehingga penjualan yang dilakukan oleh seorangsalesman terutama yang menjual secara eceran akan lebih mahaljika disbanding dengan penjualan yang dilakukan pada toko grosir atau toko agen. Kedua, adanya selisih harga tersebut dimaksudkan agar kerja perusahaan untuk mendistribusikan barang tidak terlalu mendetail, sehingga potongan harga yang diberikan pada toko grosir akan lebih besar dibanding dengan toko eceran. Dengan demikian, toko agen dan toko grosir bisa menjual barang ke toko eceran lebih murah. Ketiga, perbedaan harga tersebut untuk kepentingan strategi perusahaan dalam menaikkan penjualan. Bukankah perusahaan memiliki target tertentu untuk setiap tahunnya? Hanya dengan cara ini perusahaan dapat menaikkan omzet penjualan, karena toko dipacu untuk membeli lebih banyak agar mendapatkan diskon tertentu.

451
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment