Home » ARTIKEL » Membuka toko sendiri » Bab II Hubungan antara Toko dan Perusahaan » II.1 Keuntungan Membuka Toko

II.1 Keuntungan Membuka Toko

 

Home > Membuka Toko > Bab 2 >  Keuntungan Membuka Toko

keuntungan

Jika dihubungkan dengan kepentingan perusahaan dalam memasarkan produk-produknya, membuka toko banyak memiliki keuntungan.

Pertama, perusahaan akan memberikan kredit kepada toko-toko tertentu yang dianggap layak dalam memasarkan produk-produknya. TOP (time of payment) yang diberikan akan bervariasi dan biasanya untuk produk-produk sejenis atau komplementer rata-rata berlaku sama Misalnya, sabun merek B-29 akan sama daga pembayaran sabun So-Klin, Korek api merek Pelangi akan sama dengan korek api cap Pikul rokok Gudang Garam akan sama dengan aka: merek Sampoerna, dan sebagainya. Kredit atau bon umumnya diberikan oleh perusahaan-perusahaan yang produk-produknya tidak cepat laku atau slow moving. Sedangkan produk-produk yang cepat laku atau fast moving akan ditetapkan pembayaran secara tunai atau COD atau (cash on delivery). Dan untuk

produk-produk yang baru diperkenalkan pada konsumen biasanya didistribusikan ke tokotoko secara konsinyasi atau titipan. Cara-cara perusahaan memberikan TOP ini dapat dikelola dengan baik oleh pemilik toko agar usaha yang di jalankan dapat berjalan dengan lancar dan memperoleh keuntungan yang maksimal. Pengelola toko dapat mengatur keuangan, yaitu dengan mengutamakan penyediaan uang tunai untuk membeli produk-produk yang laku, dan menggantungkan pembayaran secara kredit untuk produk-produk yang kurang laku.

Oleh sebab itu, pengelola toko harus dapat menggolongkan produk-produk itu menjadi:

  1. produk-produk mana yang cepat laku dengan pembayaran tunai: \
  2. produk-produk mana yang hanya sedang-sedang saja dengan pembayaran secara kredit atau tunai.
  3. Produk-produk mana yang tidak laku atau jarang laku dengan pembayaran secara kredit atau konsinyasi.

Kedua, karena adanya hubungan dengan perusahaan melalui salesman-nya, maka pemilik toko dapat menyediakan aneka produk.

Sehingga, “menolak” kunjungan salesman ke toko Anda tidak dianjurkan, karena penolakan terhadap salesman berarti Anda telah kehilangan peluang untuk mendapatkan aneka barang, serta mendapatkan kesempatan untuk memperoleh kredit dari perusahaan. Adanya salesman yang datang, berarti toko yang Anda kelola memiliki daya tarik. Salesman biasanya mempertimbangkan apakah toko Anda layak untuk dikunjungi dan mendapatkan kredit dari perusahaan atau tidak, sehingga hubungan baik yang dilakukan secara person to person dapat meningkatkan citra toko milik Anda, baik dilihat dari segi pelayanan, pembayaran, dan hubungan pemilik toko dengan konsumen. Hubungan yang selaras antara salesman perusahaan dengan pemilik toko akan menjadi informasi yang baik bagi para salesman yang lain. Toko yang mempunyai citra yang baik akan didatangi oleh parasalesman, seperti gula tercecer yang akan segera didatangi oleh semut.

Ketiga, perusahaan memiliki berbagai program yang strategis dalam satu tahun. Program itu akan berubah-ubah sesuai dengan situasi dan kondisi pasar. Tujuan dari program yaitu untuk mengantisipasi turunnya omzet penjualan atau sebaliknya untuk memacu target tahunan keseluruhan perusahaan. Perusahaan dalam melaksanakan programprogramnya tentu tidak sendirian Tokolah yang akan menjadipartnersetia. Program yang dilaksanakan dan telah terbukti adalah pajangan aneka produk yang oleh perusahaan disebut dengan display contest. Pada program ini toko akan mendapatkan sejumlah pembayaran tertentu yang berkisar antara Rp 25.000.00 sampai dengan Rp 250.000.00 dan masing-masing perusahaan akan bervariai Jangka waktu pajangan produk pada setiap perusahaan juga berbeda. Selain mendapatkan sejumlah uang sebagai imbalan dari perusahaan, kadangkala akan mengundi display-display yang diikuti oleh pemilik toko untuk mendapatkan hadiah sebagai pemenang. Menurut pemilik toko.imbalan yang diberikan oleh perusahaan itu cukup lumayan untuk menambah income toko.

Keempat, jika toko berhubungan dengan perusahaan maka ia dapat memperoleh informasi mengenai produk dengan cepat. sebagian produk yang perlu dijelaskan sediki pada konsumen. Berhubungan langsung dengan perusahaan akan bermanfaat untuk mendapatkan informasi harga yang terbaru maupun produk terbaru yang baru saja diiklankan di televisi. Kelima, bila Anda sebagai pemilik toko dapat berhubungan langsung dengan Perusahaan baik melalui salesman atau wakil-wakilnya, Anda dengan mudah dapat menukarkan produk-produk yang telah habis masa berlakunya. barang rusak. barang yang salah kirim, maupun mengembalikan barang yang tidak laku sama sekali. Sebelum melakukan transaksi. sebaiknya Anda melakukan perjanjian untuk melaksanakan hal-hal seperti diatas tidak semua produk bisa ditukar, karena masing-masing perusahaan akan memberi peraturan yang berlainan. Dengan cara bernegosiasi Anda akan mendapat segala keuntungan atas fasilitas-fasilitas diatas. untuk produk-produk yang laku dengan cepat -sanya perusahaan jarang memberikan -ilitas untuk menukar barang yang rusak kecuali dengan perjanjian tertentu.

Keenam, pemilik toko akan mendapatkan -pe(contoh produk dari perusahaan untuk produk-produk baru yang sedang launching (baru pertama diluncurkan). Di akhir tahun Anda akan memperoleh kalender dari perusahaan, dan hadiah atau bonus jika toko Anda telah menjual melampaui target yang ditetapkan oleh perusahaan. Tidak semua perusahaan akan memberikan hadiah, tergantung besar kecilnya perusahaan dan keuntungan yang di dapatnya. Pada umumnya perusahaan yang memiliki omzet besar seperti rokok Gudang Garam akan memberikan bonus di akhir tahun untuk toko-toko yang dikategorikan beromzet banyak.

Uraian di atas memaparkan banyaknya keuntungan jika Anda membuka toko. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa semuanya itu bisa Anda peroleh bila perusahaan mau berhubungan dengan Anda melalui para salesman-nya.

485
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment