Home » Blog » Hubungan antara Toko dan Perusahaan

Hubungan antara Toko dan Perusahaan

Hubungan antara Toko dan Perusahaan

Perusahaan sebelum menetapkan ketentuan kuantitas toko atau customer yang harus dikunjungi tentunya telah mengadakan survei di lapangan seberapa banyak customer di suatu area, misalnya area Surabaya. Sehingga dapat menentukan per hari berapa banyak toko yang harus dikunjungi. Seperti yang diutarakan oleh para salesman yang pernah saya temui, rata-rata mereka harus mengunjungi 30 toko per hari. Artinya, jika mereka bekerja secara penuh dalam satu bulan yang rata-rata 25 hari, maka persatu salesman harus mengunjungi 750 toko per bulan. Jika dalam perusahaan terdapat sampai 10 orang salesman, perusahaan telah memiliki pelanggan sebanyak 7500 toko. Berarti, itu yang menjadi customer tetap yang masuk dalam daftar customer perusahaan. Toko-toko yang berada di luar daftar customer tetap biasanya oleh perusahaan dianggap sebagai idle outlet atau toko-toko yang sedang menganggur, dengan catatan tidak memperoleh pasokan produk-produk yang dihasilkan suatu perusahaan, dan oleh perusahaan akan dijadikan sebagai calon-calon pelanggan produktif yang harus di-cover oleh salesman. Memperhatikan perhitungan di atas, toko yang ada di kota Surabaya, misalnya, ternyata cukup banyak. Toko yang jumlahnya banyak dan adanya harapan pemiliktoko untuk mendapatkan pasokan barang dari perusahaan, menjadi pesona bagi perusahaan maupun orang-orang yangingin membuka toko sebagai penghasilan utama. Pihak perusahaan menginginkan pertumbuhan toko yang pesat untuk penyebaran produk-produknya dan orang-orang yang terPHK, pensiunan, atau orang yang menjadikan toko sebagai penghasilan utama; mengharapkan perusahaan-perusahaan memberikan “kredit” melalui parasalesmannya. Perusahaan menginginkan produk-produknya dijual atau dipajang dengan merata di tiap penjuru tempat untuk mengimbangiiklan yang ditayangkan di televisi. Sebagai kompensasi, pemilik toko mengharapkan bantuan kepada perusahaan untuk segera mengirim barangnya jika produk itu telah menjadi produk yang laku di pasaran. Dari adanya kepentingan yang saling membutuhkan akhirnya timbul hubungan yang harmonis antara pihak perusahaan dan pemilik toko. Bentuk kerja sama itu bisa jadi melalui program-program yang dilaksanakan oleh perusahaan dan disambut dengan antusias, karena kompensasi yang diberikan oleh perusahaan cukup lumayan untuk pemasukan bagi toko.

Perusahaan saat ini telah mempraktekkan cara pendistribusian secara singkat dari perusahaan langsung ke toko grosir dan toko retail. Cara ini dilakukan untuk mengantisipasi banyaknya pesaing yang telah tidak menggunakan saluran distribusi yang layak, seperti dari perusahaan ke distributor, ke agen, ke toko grosir, dan toko retail. Tapi langsung memperpendek saluran distribusi dengan tujuan mempercepat tersedianya produk ditoko-toko paling bawah atau retailer, sehingga produk-produk perusahaan segera dibeli oleh konsumen. Perusahaan mengejar target penjualan dengan menggunakan iklan, sedangkan biaya iklan sangat besar. Bila produk tidak cepat sampai ke toko retail dan konsumen tidak mendapatkan setelah mengetahui dari iklan, berapa banyak kerugian yang harus ditanggung oleh perusahaan. Contoh jelas yang pernah saya temui, yaitu ketika peluncuran pertama Rexona Cofidence. istri saya mencari barang tersebut di toko. Tentunya ia tertarik setelah mengetahui iklan di televisi, tapi barang tersebut tidak pernah didapat sampai berminggu-minggu. Setelah saya tanyakan kepada bagian pemasaran ternyata produk itu baru diluncurkan di wilayah Jabotabek. Hebatnya iklan melalui televisi dapat ditonton pemirsa di seluruh tanah air. Berapa kerugian yang harus ditanggung oleh perusahaan karena kehilangan kesempatan untuk menjual produk tersebut di luar Jabotabek. Mempercepat pendistribusian disini amat penting dan toko sangat berperan untuk membantu memajang atau menyediakan produk-produk yang dimaksud. Keberadaan toko akhirnya menjadi penting bagi perusahaan. Dengan demikian, akan terjadi hubungan yang saling menguntungkan.

dan keuntungan – keuntungan lain nya akan kami paparkan jelas dihalaman selanjutnya. dari pembahasan kedua nanti kita bersama akan mengetahui hubungan antara Toko dan Perusahaan serta keuntungan – keuntungan nya.

389
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment