skip to Main Content

Cara Memilih Rak Gudang yang Sesuai Dengan Gudang Rumah/Kantor Anda

Cara Memilih Rak Gudang yang Sesuai Dengan Gudang Rumah/Kantor Anda

Apa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih rak gudang untuk rumah atau kantor Anda? Simak beberapa tips berikut.

Apakah Anda memiliki ruangan yang berfungsi sebagai gudang di rumah atau kantor? Gudang merupakan sebuah tempat untuk menyimpan barang-barang tertentu yang umumnya tidak terlalu sering digunakan. Meskipun demikian, barang-barang ini masih sangat berharga bagi pemiliknya sehingga tetap dijaga dengan baik.

Supaya barang-barang yang disimpan di gudang tertata lebih rapi, perlu ada perlengkapan berupa rak gudang. Dengan kehadiran rak, Anda akan lebih mudah menemukan barang-barang yang tersimpan sesuai jenisnya. Rak juga membantu Anda menjaga kualitas barang. Lalu, bagaimana cara memilih rak gudang yang baik?

  • Memilih rak gudang berdasarkan materialnya

Ada beberapa jenis rak gudang berdasarkan perbedaan materialnya. Ada rak gudang yang terbuat dari bahan kayu, plastik, atau besi. Masing-masing material ini tentu memiliki keunggulan. Salah satu jenis rak berbahan kayu yang diproduksi oleh Raja Rak Indonesia adalah Rak Gudang Shelving Kayu. Rak ini menggunakan kayu sebagai bahan alas dan besi sebagai tiang.

Anda juga dapat memilih rak berbahan plastik untuk keperluan gudang. Namun, perlu diketahui bahwa maksimal beban yang dapat ditampung oleh rak ini hanya sekitar 30 kg. Rak plastik cocok untuk menyimpan barang-barang berbobot ringan. Pilihan lainnya adalah rak dari material besi yang dapat menahan beban lebih berat. 

  • Memilih rak gudang berdasarkan kemampuan menahan beban

Apa sajakah barang yang Anda simpan di gudang? Jika barang-barang ini memiliki berat di bawah 250 kg, Anda bisa memilih jenis rak dengan tipe light duty. Brand Raja Rak Minimarket dan Raja Rak Gudang menawarkan Rak Gudang Light Duty Tipe RR-36. Dengan bahan besi yang berkualitas, barang-barang akan tersimpan dengan aman di rak ini.

Selain light duty, ada pula rak jenis medium duty dan heavy duty. Rak heavy duty bahkan dapat menahan beban di atas 2 ton per shelving. Jadi, Anda perlu memastikan bobot benda yang ada di gudang untuk menentukan jenis rak yang sesuai.

  • Memilih rak gudang berdasarkan bujet yang tersedia

Saat ini, ada beragam pilihan rak gudang yang tersedia. Anda bisa menentukan pilihan berdasarkan harganya. Bagi yang ingin menekan bujet, ada pilihan yang sangat menarik, yaitu Rak Gudang Bekas Direkondisi. Meskipun berstatus bekas, rak gudang ini tidak berbeda terlalu jauh dengan rak gudang baru.

Rak ini disebut rekondisi karena telah diperbaharui sehingga kualitasnya hampir sama seperti rak baru. Meskipun demikian, harganya lebih murah dibandingkan rak gudang baru. Untuk rak gudang berukuran 100 cm x 30 cm x 150 cm bersusun 4, harga per unit hanya Rp600.000.

  • Memilih rak berdasarkan modelnya

Ada rak gudang dengan model biasa, tetapi ada pula Rak Pallet Besi yang terbuat dari besi dan plastik atau kayu. Pallet adalah sebuah bagian pada rak yang menahan beban sehingga tidak menyentuh rak secara langsung. Keberadaan pallet ini akan memudahkan proses pemindahan barang dengan menggunakan forklift. Jenis rak ini cocok untuk gudang dengan jumlah barang yang banyak.

Memiliki gudang di rumah maupun kantor sangat penting. Namun, perlu diperhatikan kerapiannya supaya barang-barang yang disimpan tetap baik dan tidak rusak. Dengan menggunakan rak yang tepat, Anda akan lebih mudah untuk menjaga barang. Sesuaikan jenis rak gudang dengan kebutuhan, bujet, maupun beban yang akan ditampung. Nah, selamat memilih!

Back To Top