ARTIKEL BISNIS

Cara Membaca Jenis-Jenis Label Price (Harga) di Alfamart dan Indomaret Yang Benar

Adalah sebuah kewajiban bagi mereka para karyawan mengetahui bagaimana cara membaca label price (harga) di alfamart maupun indomaret beserta dengan jenis-jenisnya. Ini adalah hal sederhana yang wajib karyawan ketahui, kenapa demikian ? karena terkadang ada beberapa dari konsumen menanyakan maksud yang terkandung di label price tersebut.

Yang tidak paham pasti gelagapan sambil garuk-garuk kepala gak jelas percaya deh, beda halnya jika kita mengetahui cara membaca label price atau harga di alfamart maupun indomaret, apa saja yang konsumen tanyakan kita akan menjelaskannya dengan tenang dan jelas tanpa grogi. Dan percaya atau tidak kadang konsumen yang nanya kepada karyawan toko adalah orang kantor yang menyamar jadi konsumen, bisa itu maneger atau bagian divisi lainnya yang tujuan mereka mengetes pengetahuan tentang toko.

Belajar dari pengalaman, saya ingin sedikit berbagi pengetahuan yang saya rasa bakal bermanfaat dimasa mendatang apalagi bagi karyawan baru yang masih polos. Jika anda mampir ke artikel ini karena ingin mengetahui jenis-jenis label price dan cara membacanya baik itu alfamart atau indomaret saya ucapkan selamat karena anda datang ke blog yang tepat.

Manfaat label price adalah untuk menginformasikan harga suatu barang pada konsumen baik itu harga reguler atau promo.

Sebelum kita ke pembahasan inti, perlu diketahui bahwa secara garis besar label price/harga dibagi ke dalam dua bagian yaitu harga normal/reguler dan harga promo/diskon yang lebih jelasnya akan kita kupas tuntas dibawah.

Cara membaca label price di alfamart

 

 

 

 

 

Kita mulai dengan label price alfamart terlebih dahulu, yang ini adalah jenis price atau harga normal bisa juga disebut harga reguler. Sekilas jika kita lihat ada banyak angka dan huruf yang bagi orang awam sulit untuk memahaminya. Saya akan bahas satu per satu berdasarkan angka agar lebih mudah dimengerti.

1. Harga normal, harga normal adalah harga yang sudah ditentukan oleh pihak management tanpa adanya promosi atau apapun itulah harga normal.

2. Nama item/barang lengkap dengan jenis dan ukurannya (yang diatas hanyalah contoh)

3. PLU/barcode, yang enam digit adalah plu dan yang sebelahnya adalah barcode. Manfaat keduanya adalah apabila scaner rusak maka bisa input manual diantara salah satu kode plu atau barcode tersebut.

4. Nomor rak

5. Tanggal cetak label price

6. Tag, tag sendiri ada macam-macamnya seperti tag-N tag-R dan tag-F

7. Periode retur

Pasti bingung yah apa sih maksudnya RH-1, jadi begini label price dengan kode H atau rh-1 adalah dimana karyawan toko harus menarik barang tersebut 1 hari sebelum masa expired. H yang dimaksud disitu adalah hari. Setiap barang memiliki masa atau periode retur berbeda, disini karyawan toko harus lebih rajin monitoring untuk meminimalisir barang expired.

 

 

 

 

 

 

 

Yang kedua ini adalah jenis label price promosi, dimana saja ada barang dengan label price seperti ini berarti sedang ada diskon. Di label price promosi ini ternyata lebih banyak lagi komponen istilah yang hanya dimengerti oleh karyawan toko. Ok langsung saja ke cara membaca label price alfamart yang sedang promosi.

1. Harga normal/reguler

2. Masa atau periode promosi

3. Harga promosi/harga yang sedang berlangsung

4. Nama barang beserta jenis dan ukurannya

5. Plu dan barcode

6. Nomor rak

7. Tanggal cetak label price, tanggal ini juga bisa menjadi tanda dimulainya masa promosi (jika karyawan toko tepat waktu mencetak label harganya)

8. Jenis tag

9. Periode retur. RH-60 berarti dua bulan sebelum barang tersebut expired harus sudah ditarik dari rak display dan segera lakukan retur.

Setelah membaca ini pasti sudah ada gambaran bagaimana cara membaca lebel price alfamart dengan benar. Mudah bukan, sebenarnya tidak sulit yang bikin sulit itu karena ketidak tahuan kita akan hal tersebut.

Cara membaca label price di indomaret

 

 

 

 

 

 

Ok sekarang kita beralih ke label price indomaret atau anak toko menyebutnya price tag. Jika dilihat label harga indo dengan label price alfa tidak begitu jauh berbeda, namun ada sedikit arti atau maksud berbeda yang harus saya jelaskan agar mudah dimengerti. Gambar diatas adalah contoh price tag harga normal atau tidak sedang promosi. Dibawah akan saya tuliskan cara membaca label harga indomaret

1. Nama barang

2. IFD04DU02397 adalah nama divisi/klasifikasi barang
12 adalah nomor rak
2 adalah baris/selfing rak

3. Kode PLU

4. Periode retur, RT = RETUR (E-3B) = expired -3 bulan. Yang maksudnya adalah Tarik barang 3 bulan sebelum memasuki masa expired dan segera lakukan retur. Manfaatnya ialah untuk memudahkan karyawan toko melakukan retur sesuai dengan ketentuan management.

5. harga normal/harga yang sedang berlangsung

6. Tanggal cetak price tag

 Cara-Membaca-Jenis-Jenis-Label-Price-Harga-di-Alfamart-dan-Indomaret-Yang-Benar

 

 

 

 

 

 

Diatas adalah contoh label price indomaret yang sedang promosi, tidak jauh berbeda degan label price alfa hanya ada sedikit perbedaan. Begini cara membaca label harga atau price tag indomaret yang sedang promosi.

1. Nama item/barang

2. Sama seperti diatas COND03DU02361 adalah kode divisi barang
18 adalah nomor rak
6 adalah baris/selfing rak

3. Plu barang, berbeda dengan alfa yang hanya enam digit plu.

4. Periode retur, sama seperti diatas RT.(E-16) maksudnya tarik barang dari rak display 16 hari sebelum masa expired barang.

5. Harga promosi yang sedang berlangsung

6. Harga normal. Kenapa harganya dicoret karena tidak berlaku pada saat itu, yang berlaku adalah harga promosi yang ukuran harganya lebih besar.

7. Tanggal cetak price tag

8. Tanggal dimulainya awal periode promosi dan berakhirnya masa promosi. Berbeda dengan alfamart yang hanya mencantumkan akhir periode promosinya.

 

Sumber : Kanglana.com