Home » ARTIKEL » I.8 Menambah penghasilan di Rumah

I.8 Menambah penghasilan di Rumah

Home > Membuka Toko > Bab 1Menambah penghasilan di Rumah

Bagaimana cara Menambah Penghasilan di Rumah

Tambah Penghasilan

Seorang pemilik toko yang tidak begitu besar yang pada awalnya menggunakan rombong, mengisahkan pada saya bahwa penghasilan dari membuka toko cukup lumayan. Penghasilannya bisa untuk membayar rekening listrik, rekening PDAM, rekening telepon, dan membayar kuliah putraputrinya, serta untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari. Bisa dibayangkan, usaha toko yang semula menggunakan rombong sebagai tempat usaha meningkat menjadi toko berukuran 3 meter kali 4 meter dan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti makan, bayar rekening listrik, PDAM, bayar uang kuliah, dan kebutuhan lain. Ada kisah menarik pula selain cerita dari customer saya di atas. Seorang ibu bernama Bu H.Asti, bisa menunaikan ibadah haji dari hasil membuka toko yang dijalaninya selama enam tahun. Bu H. Asti bukanlah satu-satunya orang yang saya ketahui bisa menunaikan ibadah haji dari usahanya membuka toko, tetapi banyak orang lain yang hanya dengan mengelola toko bisa menunaikan haji. Selain bisa memperoleh hasil yang luar biasa tersebut, toko yang dikelola secara sederhana dapat memberikan penghasilan tambahan di rumah, yang berasal dari perusahaan-perusahaan yang sedang mengadakan program promosi. Program-program promosi itu dapat berupa hadiah pajangan, hadiah penjualan yang terbanyak, maupun peuberian black bonus untuk akhir tahuin.

Dengan demikian, membuka toko dapat dilakukan di rumah. Yaitu, dengan manfaatkan garasi yang tak terpakai atau halaman kosong yang dibangun sebagai toko untuk berjualan, misalnya seluas 3 meter kali 4meter atau lebih. Seorang pelanggan saya bernama Pak Ario membeli rombong untuk mulai usahanya. Rombong yang dibelinya adalah bekas untuk berjualan rokok berukuran 2 meter kali 1 meter. Dia memodifikasinya dengan memberi gantungan dari kawat untuk memajang aneka sampo sachet, teh sachet, hand & body lotion sachet dan lain-lain -kemasan dalam bentuk sachet. Pajangan produk biasanya memang diminta oleh perusahaan, misalnya perusahaan Unilever, P C, dan PT. Wing Surya dengan memberikan imbalan yang cukup lumayan. Imbalan berkisar antara Rp 25.000,00 sampai dengan 1.150.000,00 dalam tempo 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan, bahkan 9 bulan, tergantung perjanjian dari masing-masing perusahaan. Bagian dalam lombong dibuat rak sedemikian rupa sehingga dapat menampung aneka barang seperti sabun, rokok, minuman suplemen, dan permen.

Sedangkan rak bagian bawah digunakan untuk menyimpan barang-barang sebagai stok. Baik sekali bagi pemula untuk membuka toko dengan menggunakan rombong, karena modal yang digunakan tidak terlalu besar dan dengan cara learning by doing pemilik toko pemula dapat mencatat permintaan barang-barang dari konsumen. Setelah barang-barang yang dijual lengkap dan toko sudah banyak dikenal orang, pemilik toko dapat bersiap-siap untuk menyediakan tempat yang agak lumayan. misalnya berukuran 3 meter kali 4 meter. Andai kata memiliki garasi yang tak terpakai sebaiknya digunakan secara maksimal, karena garasi kosong sudah siap untuk diisi dengan etalase beserta barang yang akan dijual. Anda bisa memakai etalase dengan membelinya di tempat penjualan barang-barang bekas. Etalase bisa dicat sehingga nampak baru dan sedap dipandang mata. Seorang customer saya bernama Pak Ali yang saat ini masih berstatus pegawai negeri, mengatakan bahwa membuka toko secara sambilan bagi seorang pegawai adalah sangat baik. Toko bisa dikelola oleh istri dan dibantu anak-anak atau pembantu. Selama ini karena ia masih berstatus pegawai, toko diserahkan pada istrinya. Sepulang dari kantor, Pak Ali nampir ke agen untuk membeli barang-barang ng habis di tokonya. Anak-anaknya diberi luas untuk menjaga toko sepulang sekolah. di hari Minggu dan Sabtu, istrinya mengambil alih tugasnya untuk membeli barang-barang yang habis ke agen terdekat. Sementara itu, Pak Ali menggantikan tugas ng istri menjaga toko.

Pengelolaan toko memang dapat dilakukan lah istri, anak, atau pembantu rumah tangga, jika suami masih aktif bekerja di kantor. Oleh sebab itu, membuka toko sangatlah gampang karena anggota keluarga dapat secara bergantian untuk mengelolanya dan itu pun memerlukan keterampilan khusus. Hanya dua kemampuan, yaitu “hafal” harga dan mengetahui” jenis barang. Sebaiknya tiap anggota keluarga dapat mengambil bagian untuk mengelolanya. Misalnya, anak-anak cara bergantian melayani pembeli, ibu dan ayah dapat melakukan pengadaan barang serta memberi harga pada tiap barang. Atau sebaliknya, anak-anak yang melakukan pengadaan barang dengan membelinya diagen, ayah dan ibu atau pembantu bertugas menjualnya.

Ada lagi yang unik, karena Pak Mariman tidak memiliki keterampilan khusus dan pengetahuan untuk bekal bekerja di kantor, terpaksa harus menekuni usahanya dengan cara membuka toko. Semula tokonya hanyalah sebuah kios. Karena tidak ada pekerjaan lain, dia menggantungkan hidupnya pada usaha membuka toko. Modal pertamanya hanya Rp 250.000,00 dan barang yang dibelinya pada agen per jenis berjumlah rata-rata hanya tiga biji. Karena kesungguhannya, akhirnya dia berhasil membangun toko yang berukuran 3 meter kali 4 meter. Sekarang barang-barang dagangannya selain diperoleh dari agen juga diperolehnya dari berbagai perusahaan. Ternyata membuka toko memberi peluang pada orang yang tak memiliki keterampilan apapun.

Membuka toko dapat pula dilakukan setelah pensiun. Seorang pegawai pasti akan merasa tertekan jika menganggur setelah pensiun. Biasanya orang akan jatuh sakit setelah pensiun. Menurut penelitian, orang pensiun yang tidak melakukan aktivitas apapun akan mengalami stres. Seorang teman saya yang ayahnya baru saja pensiun, ketika telah menjalani masa pensiun kurang lebih enam bulan, ialangsungjatuh sakit. Kata dokter yang memeriksanya, ayahnya mengalami stres. Ayah teman saya telah merasakan perubahanperubahan yang mendadak. Biasanya ia sibuk bekerja, memiliki tanggung jawab, memiliki uang, memiliki relasi yang banyak dan dihormati oleh orang-orang sekitar lingkungan pekerjaannya. Tetapi, tiba-tiba hal-hal di atas idak pernah dilakukan bahkan dirasakannya Perubahan yang mendadak tanpa ត្ yang baik membuat orang tertekan sehingga Ada istilah MPP atau masa persiapan pensiun. Mengapa selama MPP tersebut orang tidak mau mempersiapkan diri untuk mengganti aktivias-aktivitas selama bekerja dengan pekerjaan lain, misalnya dengan membuka toko. Membuka toko akan menjadi alternatif karena dengan membuka toko seseorang akan menjadi sibuk. Ia bisa setiap hari berkomunikasi dengan Tang lain ketika terjadi transaksi jual-beli. Berbeda dengan tidak melakukan apa-apa dan berbeda pula jika tidak pernah bertemu dengan orang lain.

Pada saat krisismelanda Indonesia dimulai pada tahun 1997, banyak sekali perusahaanperusahaan melakukan efisiensi dan bahkan menutup usahanya. Sebagai konsekuensinya banyak karyawan harus di-PHK. Korban PHK terjadi di mana-mana sehingga menambah angka pengangguran. Seorangteman saya yang istrinya bekerja di bank BHS, harus kembali menjadi ibu rumah tangga. Tapi apa yang dilakukan setelah terkena PHK? Dari hasil pesangon, dia langsung menyulap garasi rumahnya untuk dijadikan sebuah toko. Dia tidak menunggu lagi untuk mendapatkan pekerjaaan baru. Toko yang dibukanya langsung dapat dioperasikan walau barang yang dijualnya tidak 100 persen tersedia. Sedangkan seorangtemannya yang sama-sama ter-PHK, tidak kunjung mendapat pekerjaan. Sementara itu, pesangon yang diperolehnya ludes tidak menjadi apa-apa. Membuka toko memang gampang dilaksanakan. Apalagi jika ada tempat, modal, dan kemauan untuk memulainya. Sebab meskipun ada modal dan tempat jika tak memiliki keberanian dan kemauan, semuanya hanyalah seperti mimpi di siang bolong. Menunggu? Sampai kapan harus menunggu? Kerjakan apa saja yang bias Anda kerjakan terlebih dahulu. Membuka toko adalah pekerjaan gampang, tidak butuh keterampilan khusus, hanya hafal harga dan jenis barang. Jika telah hafal harga dan jenis barang, niscaya Anda akan mudah mengelolanya.

Membuka toko dapat juga sebagai pekerjaan utama. Warga etnis Tionghoa memiliki kebiasaan, jika salah satu anaknya tidak mau bersekolah tinggi, biasanya orang tuanya akan memberi modal pada anaknya untuk

membuka usaha. Misalnya, dengan membuka toko. Toko yang dimilikinya kelak akan menjadi sumber penghidupan yang utama hingga rumah tangga nanti. Membuka toko sebagai sumber penghasilan utama bisa menjadi pilihan siapa saja. Tak jarang hanya dengan membuka toko, pemiliknya dapat menghidupi seluruh keluarganya .

Membuka toko di rumah dapat segera Dipetik manfaatnya sebab usaha ini amat mudah dan bersentuhan langsung dengan para tetangga. Dengan berdirinya toko, tetangga tetangga Anda akan segera memperoleh kebutuhan sehari-hari mereka dengan mudah. Biasanya toko yang didirikan diperkampungan akan segera mendapat perhatian dari para tetangganya. Sedangkan toko yang didirikan di pinggir jalan raya akan mendapat perhatian dari orang-orang yang sedang lewat maupun orang-orang yang tak jauh dari toko itu berada Dengan berdirinya toko, berarti Anda telah mendapatkan penghasilan, baik sebagai penghasilan tambahan maupun sebagai penghasilan utama.

800
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment