Home » BAB VI BAGAIMANA CARA MEMPERBANYAK LANGGANAN » VI. BAGAIMANA CARA MEMPERBANYAK LANGGANAN

VI. BAGAIMANA CARA MEMPERBANYAK LANGGANAN

Home > Membuka Toko > Bab 6 >

 

BAGAIMANA CARA MEMPERBANYAK LANGGANAN

pelangganMemperbanyak langganan adalah suatu pekerjaan yang harus dilaksanakan. Memperbanyak langganan tidak bisa berhasil seketika itu, tapi secara bertahap. Konsumen akan mengenal toko Anda melalui informasi dari mulut ke mulut bila tidak beriklan. Oleh sebab itu, memperbanyak langganan harus dimulai dahulu dengan membangun citra toko Anda sendiri. Kalau toko Anda memiliki citra yang baik, maka konsumen pun akan datang silih berganti. Kriteria sebagai toko yang baik tentu saja dari cara bagaimana Anda melayani konsumen, harga-harga yang Anda berikan pada barang dagangan Anda, serta kesediaan Anda untuk melakukan sesuatu di luarketentuan yang biasa, seperti menukar barang bila barang itu betul tidak cocok karena kesalahan di pihak Anda, atau Anda tidak menjumlah harga dengan benar. Citra toko Anda yang baik akan membawa keberuntungan bagi perkembangan toko Anda. Misalnya, toko Siola yang semula selalu mengutamakan pelayanan untuk kepentingan konsumen. sampai sekarang nama “Siola” tetap digunakan meskipun toko itu telah tutup dan diambil alih oleh Ramayana. Demikian pula dengan toko Anda jika memiliki citra yang baik, nama toko Anda akan harum selamanya.

Toko yang bercitra baik akan menjadi jalan menuju keberhasilan Anda. Pemilik tidak akan repot lagi untuk mencari pembeli, karena pembeli Anda telah mengetahui toko Anda terkenal dengan memiliki barang yang lengkap. tokonya bersih dan rapi, produk-produk yang dijual selalu baru, dan pelayanannya sangat memuaskan. Bisa dipastikan Anda telah memiliki konsumen yang akan datang silih berganti sehingga aliran dana masuk ke toko Anda semakin besar yang menyebabkan laba Anda bertambah. Memperbanyak langganan adalah salah

satu cara untuk memperbesar cash in flow sebuah toko. Sebuah toko yang ramai dengan pembeli akan memperbesar omzet penjualan. Dengan besarnya omzet penjualan maka aliran dana yang ada di toko akan berjalan dengan lancar, sehingga semakin banyak keuntungan yang akan diterima oleh pemilik toko.Semakin banyak langganan yang membeli berarti Anda semakin memperoleh kesempatan untuk mengembangkan item produk yang Anda jual. Sebuah toko yang memiliki barang yang lengkap, memiliki peluang untuk meraih konsumen lebih banyak lagi. Seorang customer saya selalu mengambil keuntungan beberapa persen saja terhadap barang-barang yang dijualnya, agar toko yang didirikan memiliki langganan tetap banyak Barang-barang dengan harga pada suatu toko akan menjadi daya tarik bagi konsumen. Karena pada dasarnya konsumen selalu mencari barang dengan murah dan bermutu baik. Walaupun tidak dimungkiri ada konsumen yang selalu mencari barang dengan harga mahal dan bermutu baik pada jenis barang tertentu. Untuk jenis barang kebutuhan sehari-hari kebanyakan konsumen mencari yang murah. Menurut seorang customer saya, konsumen akan membeli di tempat lain bila harga lebih mahal walau selisihnya hanya Rp 50,00. Dengan mengamati perilaku konsumen yang seperti ini maka sebaiknya bila Anda membuka toko untuk pertama kali, atau baru saja buka, sebaiknya Anda memperhatikan hal ini. Setelah itu, pada saat langganan Anda telah banyak. Anda bisa mengambil keuntungan secara normal dengan menaikkan harga secara bertahap.

Sekarang yang menjadi masalah yaitu bagaimana Anda dapat memperbanyak langganan. Banyak sekali toko yang telah menjual barangnya dengan harga murah, tetapi pembeli yang ada tidak pernah menjadi langganan tetap. Kalau dianalisis apa yang menyebabkan hal itu terjadi, maka berbagai sebab bisa menjadipenghalang yang terkadang tidak pernah disadari oleh pemilik toko, misalnya: toko tidak bersih dan tidak rapi, meskipun barang yang dijual murah, tetapi toko tidak menyediakan barang dengan lengkap. Bisa jadi toko Anda sepi karena pelayanan yang Anda berikan tidak baik dan lokasi toko yang tidak strategis. Masalah mah seperti inilah yang membuat banyak sekali pemilik toko yang gagal mengelola tokonya dengan baik.

  1. Pelayanan yang Baik

  2. Membersihkan dan Merapikan Toko

  3. Barang yang Dijual Lengkap

  4. Produk yang Dijual Selalu Baik

  5. Bersedia Mengirim

318
-
Hubungi Kami : Raja Rak Minimarket

Leave a Comment